Jumat, 30 Juli 2010

Psikologi Kehidupan Belajar Makna Kehidupan dari Perjalanan menuju Trenggalek
Sisi lain dari perjalanan ini. Inspirasi muncul untuk menuliskan bukan tentang bagaimana perjalanan ini, bukan tentang apa saja yang kami capai dan bukan tentang estimasi biaya perjalanan maupun tips trik perjalanan, melainkan tentang apa yang ada dalam benak kepala ini selama perjalanan…mengambil hikmah dari apa yang terjadi.
1. Tentukan Tujuan Hidupmu dengan jelas lalu jalankan.
Mengutip sebuah perkataan : “Goal……………”. Tujuan yang jelas tentunya menjadi kunci dari keberhasilan. Sama seperti dengan perjalanan kami kali ini, meski diantara 6 personil tak ada yang tahu jalan yang akan kami tempuh, tapi dengan jelas dari awal perjalanan kami menentukan tujuan utama kami yaitu : Pantai Pelang Trenggalek. Then, kami jalan dengan tanpa banyak pertimbangan, pengalaman akan kami dapat dengan sendiri disini. Tanpa ragu, Karena keraguan akan menghalangi jalan kami sendiri. Tanpa rasa takut, karena ketakutan membuat langkah kami terhenti. Mengutip perkataan sodara sa sendiri,”Ini lebih baik, dari pada Berjalan tapi tanpa Tujuan, kita punya Tujuan tapi tak tau jalan..hahaha….”. it’s right, memang lebih baik lagi jika kita memiliki Tujuan yang Jelas dan menentukan Jalan mana yang kan kita pilih untuk mencapai tujuan itu, tapi terkadang tak semua dapat kita lihat dari titik start, kita mungkin hanya sekedar punya gambaran, pandangan dari jauh bagaimana jalan yang akan kita ambil, tapi kenyataannya kita akan tau jalan kita sendiri jika kita sudah berjalan. So, Tentukan Tujuan Hidupmu sekarang!
2. Miliki Tujuan Utamamu dan tentukan Tujuan yang lain. Capaian tak hanya satu melainkan seribu.
Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan. Mungkin tujuan kita jelas,tapi akan selalu ada variable dalam setiap perhitungan matematika. Jika Kebahagiaan = Kesuksesan = Tujuan x Usaha x Variabel yang tak diketahui, maka kita harus menemukan Persamaan lain untuk menghindari variable yang tak diketahui ini sebagai faktor penghalang dari apa yang ingin kita capai, untung untung jika variable tak diketahui ini adalah faktor yng menguntungkan atau mempercepat kesuksesan, tapi untung juga dapat menjadi buntung. Sehingga menentukan tujuan lain selain tujuan utama adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Punya tujuan lain juga bisa menjadi pewarna dalam hidup, banyak capaian yang didapat pasti akan lebih menggembirakan. Fokus memang diperlukan, tapi rencana cadangan juga gak boleh diabaikan begitu saja. Menganalogikan kembali dengan perjalanan kami, selain Pantai Pelang sebagai target utama perjalanan, kami memiliki beberapa daftar pantai tambahan lainnya, diantara Pantai Anakan, Pantai Taman, pantai Temperan, dan pantai Ngambur yang pastinya menjanjikan keindahan yang berbeda. Selain untuk menambah jumlah koleksi pantai jamahan kami, toh kami dapat pengalaman yang baru dari masing masing pantai tersebut, meski sayang, diantara sekian pantai, hanya satu yang bisa kami kunjungi. That’s Okay… lebih baik udah berusaha tapi gagal daripada gak ada usaha sama sekali…..
Pelangi tak indah oleh karena satu warna, melainkan oleh variasi merah,jingga,kuning, hijau, biru, nila, ungu yang menyatu membentuk lengkung indah dilangit kelabu.
3. Apapun yang terjadi di jalanmu, Tersenyumlah dan Tertawalah, ingat dengan apa yang kau Tuju dan Kau Cari.
Mungkin sudah dengan sangat jelas kami sebutkan bahwa yang kami tuju adalah Trenggalek dengan tepatnya Pantai Pelang sebagai target utama. Tapi dengan jalan yang kami tempuh?tak ada yang sepenuhnya tau. Ada dua pilihan jalan yang kami tuju waktu itu, melalui Pacitan yang jalannya mulus halus tapi panjang, atau melalui Purwantoro yang jalannya tak ada yang tau namun dekat. Kami memutuskan untuk memilih kedua jalan tersebut,melalui Purwantoro untuk jalan berangkat dan melalui Pacitan untuk jalan pulang. Dan tak ada yang menyangka jalan yang kami pilih adalah seperti ini. Jalan kasar berbatu, dengan jurang curam di kiri jalan, begitu menantang. Siapa yang duga, tak ada yang menyangka. Mungkin bagi beberapa orang akan menyesali dengan jalan yang kami tempuh, menyesali, kemudian menggerutu, ngomel-ngomel karena mereka tidak mendapatkan kenyamanan seperti yang diharapkan. Tapi apa untungnya dengan semua itu?tak ada gunanya. Mengeluh, menggerutu,ngomel, hanya menghabiskan tenaga saja. Yang terjadi pada kami saat menemukan jalan ini dan jurang ini adalah Tertawa. Benar adanya kami Tertawa, menertawakan kebodohan yang kami lakukan sendiri, toh tak ada guna marah atau menyalahkan salah seorang diantara kami. Kami yang Jalan, maka kami sendiri yang harus menanggung Resiko yang terjadi. Dan kami tertawa kembali, tak ada guna nya menyesali apa yang telah terjadi. Toh diantara jurang jurang ini kami melihat indahnya pemandangan bebukitan dari atas, pemandangan yang mungkin tak kami jumpai ditempat lain.
4. Terbiasa dengan Jalan yang mulus membuatmu tak terlatih. Jalan berliku dan penuh tantangan membuatmu semakin mahir dalam berjalan, membuatmu belajar dengan berbagai strategi yang mungkin tak dikuasai sebelumnya.
Saya menyukai para petualang karena mereka menyukai tantangan, berani mengambil resiko yang ada untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Mereka hebat karena mereka berani. Sebesar apapun resiko itu mereka ambil, ada kepuasan tersendiri untuk mendapat sesuatu dengan usaha sendiri dengan pengorbanan yang mungkin sangat besar. Mengutip kata seorang petualang,”sebesar apapun resiko yang kamu ambil, sebesar apapun pengorbanan yang kamu lakukan, semuanya jadi gak penting lagi karena kamu dapet ini (pemandangan yang dilihatnya didepan mata)”. Semuanya menjadi tak sia-sia, begitulah.
5. Jika Tujuan yang kau dapat tak sesuai dengan yang kau pikirkan selama ini, tetaplah tersenyum…
Terkadang tak semua yang kita rencanakan berhasil diwujudkan. Ada masa dimana kita perlu merasakan apa itu rasanya kegagalan. Perjalanan ini boleh dibilang memang tak sukses atau bahkan gagal, but that’s okay, no matter. Segagal-gagalnya perjalanan ini pun saya tetap akan bilang sukses karena kami berhasil sampe di Trenggalek, berhasil mencapai Target Utama jalan kami….sehingga saya berfikir ulang tentang arti Kesuksesan dan Kegagalan itu sendiri. Kesuksesan dan Kegagalan menjadi sangat Relatif jika dipandang dari sudut pandang tiap orang, standar kesuksesan dan kegagalan yang berbeda beda pada tiap orang membuat Kesuksesan dan Kegagalan menjadi kata yang Ambigu. So, Inilah standar definisi kesuksesan dan kegagalan saya, sukses atau gagalkah saya, it’s okay, selama kita berusaha semampu kita untuk mencapai tujuan kita, hasil akhir bisalah dipertimbangkan lagi….^^
Just take it easy, be fleksible, and enjoy this life…….
Mengutip apa yang dinyanyikan Bondan Prakosa & Fade 2 Black,
Ketika mimpimu yang begitu indah tak pernah terwujud, ya sudahlah
Saat kau berlari mengejar anganmu dan tak pernah sampai , ya sudahlah
Apapun yang terjadi, ku kan slalu ada untukmu
Janganlah kau bersedih coz everything gonna be okay
Bagaimana kita bisa merasakan rasanya manis kehidupan jika belum pernah kita cicipin pahitnya kenyataan?????
(kamis-jumat 29-30 Juli 2010 11.50)

Tidak ada komentar: