Kamis, 12 Maret 2020

survey PAUD TK di Jogja


Looking for my kid school.
Jadi, ceritanya gw iseng aja si. Cuma pengen tau, gambaran sekolah TK di jogja buat anak gw. Yang namanya emak2, pasti pengennya nyari yang paling best diantara yang paling best, tapi yang namanya ada harga ada rupa, tetap gak bisa dipungkiri, so I decide to look the most money-quality balance school that appropriate for us.
Jadi, di siang yag bolong, mulailah gw nyari nyari tk. Ada 4 tk yang gw datengin, 1. TK Budi Mulia 1 Condongcatur, 2, TK Taruna Al Quran, 3. TK Salman Al Farizi, and last, TK Budi Mulia Montessori Condongcatur.

Gw pernah ngobrol sama emak-emak annisa ( kos S1 gw kala itu yg skrg udh pada jadi emak2 best), kalo nyari sekolah, disesuaikan dengan apa yang mo dicari, agama kah? Tahfidnya kah? Lingkungannya kah?? Lokasinya kah??  Konsiderasinya banyak.. gw sendiri,juga bingung yang gw cari apaan. Jadi, ya diliad2 dl deh.

1.         TK Budi Mulia 1 Condongcatur
Jadi, ini TK nya deket sama rumah gw di jakal. Kira2, jakal km 5 ke arah timur. TK nya sederhana, kayak TK pada umumnya, tempatnya asri, banyak pohon, halamannya luas (tanah luas beberapa ada cone blok nya), dengan beberapa prosotan dan mainan buat bergelantungan. Lokasinya di daerah perumahan. Jadi, jauh dari hiruk pikuk jalan raya. Secara akses, mudah dari rumah gw. Kantor sekolahnya sederhana, dengan buaanyak banget piala2 berjejer (hm, menarik). Gw disambut sama seorang guru (sekaligus sebagai administrator), sangat welcome, murah senyum, dan ramah banget. Berasa banget ibu guru tk nya. Gw langsung disodorin leaflet tentang sekolah, dan gw dijelasin dengan panjang lebar. Summary nya gini :
·         Jenis sekolah : half day (jam 07.30 – 10.30)
·         Akreditasi    : A
·         Kurikulum   : K13 + kurikulum agama islam
·         Guru:Murid : 1:15
·         Materi belajar: iqra, juz amma sd ad dhuha, mengenal huruf
·         Kegiatan luar: 1x
·         Ekskul          : drumband

Secara duit :
·         Uang masuk : Rp. 400.000
·         Uang kegiatan tahunan : Rp. 2.700.000
·         SPP/ bulan : Rp. 200.000


2.        TK Taruna Al Quran Blimbingsari
Ini adalah tempat kedua yang gw datengin. Lokasinya di lempongsari, pas diseberang selatan dikit dari yogya Montessori school.  Kesannya, kayak bangunan yg belum jadi. Secara penampakan luar, kayaknya emg masih pembangunan. Gw ke ruang administrasi, gw disambut dg seorang guru, well, meski dengan senyuman, Nampak agak kurang welcome. Dan secara penampilan, koq gk kayak ibuguru yg rapih gitu, pake jilbab gede baju yg lebih Nampak kayak mo ke pasar (maaf, ini pendapat subjektif aje), truz pas lagi gobrol gitu, ada anak kecil berdiri di kursi ruang tamu, eh, ngigetinnya itu lho nggak ngenakin,( juag pendapat pribadi). Truz gw lanjutin tanya2,  abis gw nanya nanya, emang fokusnya ke hafidz, slese TK target hapal juz 30.  Lain-lainnya, standar kayaknya. Gw gak jadi sreg lebih karena penjelasan gurunya yg gak welcome gitu. Dan pas abis slese, waktu ngasih formulir pendaftaran udh diminta bayar 75rb buat bayar formulirnya. Hmmm, baiklah.  Kayaknya gk kesini deh)

·         Jenis sekolah : half day (jam 07.30 – 10.30 )  & fullday ( halfday + daycare s.d 15.30)
·         Akreditasi    : A
·         Kurikulum   : K13 +  alquran ( metode at tibyan & diniyyah)
·         Guru:Murid : 2:15  s.d 1:1
·         Materi belajar: tahfid quran, mengenal calistung alquran ( metode at tibyan & diniyyah), karakrter life skill, K13, leadership entrepreneurship
·         kegiatan insidentil : peringatan hari besar, wisata edukatif, renang,  pesantren Ramadan
·         Ekskul          : pengenalan Bahasa inggris, Bahasa arab, melukis

Secara duit :
·         Uang masuk : Rp. 3.500.000 – Rp. 5000.000
·         Uang kegiatan tahunan : Rp. 3.050.000 – Rp 3.150.000 (ce) (include seragam)
·         SPP/ bulan : Rp 150.000 – Rp.200.000


3.        TK Salman Al Farizi Klebengan     
Gw tau ini dari temen gw yang anaknya udah sd. Untuk sebuah TK, lebih lengkap dan bagus dari sisi agama dibandingkan TK2 standar biasa. Waktu gw dateng, gw disambut sama ibu guru, yang dengan sangat ramaaaah sekali menyambut gw. Gw dijelasin tentang kurikulum dan hal apa aja yang diajarkan disini. Yang paling gw tangkep adalah bagaiman sekolah ini bener-bener focus pada melatih adab yang baik pada anak, menanamkan akhlak yang baik sekaligus mengajarkan ibadah yang wajib dan Sunnah u/ dilakukan. Targetnya bisa shalat, diajarkan shalat tiap hari, bisa baca alquran, hapalan alquran juz 30 sd ad dhuha dan beberapa hadist. Tempatnya adem, tenang, jauh dari hiruk pikuk jalan raya. Dan entah kenaa gw jatuh cinta dari cara bu gurunya berkomunikasi. Oh iya, satu lagi yang ditekankan adanya hubungan sekolah dan wali murid, jadi kalo dari ibu guru ini bilangnya, pendidikan anak gak cuma dari sekolah tapi juga dari orang tua, shr dari salman punya program (1) parenting (2) mengenal profesi dari wali murid  - ini rogramnya dalam bentuk orang tua mengenalkan profesinya di depan kelas anak2, sehingga anak2 punya cerminan profesi dari orang tuanya dan terkhusus buat anak sbg kebanggaan pada orang tuanya.

·         Jenis sekolah : half day (jam 07.30 – 13.30 )  & fullday ( halfday + daycare s.d 15.30)
·         Akreditasi    : A
·         Kurikulum   : K13 + kurikulum TKIT
·         Guru:Murid : 1:10
·         Materi belajar: iqra, juz amma sd ad dhuha, mengenal huruf
·         Kegiatan luar/ kegiatan insidentil : renang 1 bulan 2x, undang tokoh 2x/tahun, outbound 1x setahun
·         Ekskul          : ? lupa gw

Secara duit :
·         Uang masuk : Rp. 2.000.000
·         Uang kegiatan tahunan : Rp 1.500.000
·         Uang seragam : Rp. 575.000 – 675.000
·         SPP/ bulan : Rp 625.000

4.        TK Budi Mulia Montessori Condongcatur
Last but not least, penasaran sama BMD, dan yang paling gw pengen tau tentang Montessori nya. Klaim sebagai Islamic Montessori school, jadi sekolah Montessori yang berlandaskan islam, dengan metode pendidikan Montessori, tapi diajari pendidikan agama islamnya. Kalo dari webnya, slogannya BMD, “ sekolah dengan senang, senang di sekolah’, dan dengan prinsip bahwa ‘ tiap anak adalah unik’, sehingga digabungkan itu smua menjadi program kurikulum nya BMD.
Beda dengan sekolah lain yang gw kunjungi sebelumnya, disni ada official officenya. Ada admin yg khusus ngurus administrasi sekolahnya bagus, Nampak eksklusif, meski sekolah inclusive ( juga menerima anak dengan kebutuhan khusus).



TK Budi Mulia Montessori Condongcatur 
Last di hari yang lain, gw nyoba cari sekolahan, BMD juga si, cuman beda lokasi. udah kadung kepincut sama programnya BMD, nyoba cari lokasi yang lebih strategis dengan rumah dan tempat kerja, nemu Budi Mulia Dua Pandeansari, lokasinya di daerah pandean sari, easy access, parkir mobilnya luas, masuk gang sih, tempet sekolahnya juga rimbun, banyak pepohonan dan adem. suka model sekolah kayak gini, gak kelihatan, tapi di dalemnya teduh. mirip sama BIAS di jakal km 11.


dan dapet share harga kb hidayatullah, dari temen yang juga lagi survey sekolah :
 

Tidak ada komentar: