Jumat, 09 Mei 2008

Duh, Kenyang… koq Jadi Ngantuk ya……?!

Emank kadang-kadang jadi serba salah gini, mo belajar, belom makan jadi gak konsen, biz makan tetep gak konsen gara2 ngantuk kekenyangan… duh, bête deh…
Betewe, klo dipikir-pikir, emank bener juga ya, biz makan sering banget jadi ngantuk, kenapa ya?
Yah, sebelumnya dijelasin dulu, apa itu mengantuk (mengantuk sebenarnya merupakan suatu respon tubuh yang menunjukkan klo otak lagi kekurangan oksigen – oksigen u/ otak (dan u/ organ2 lain) disuplai oleh darah (arteri) yang beredar ke seluruh tubuh. Dalam setiap menit,kira-kira ada 5 liter darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh.distribusi darah dari jantung ini akan diterima oleh jaringan sesuai dg kebutuhan fungsi fisiologinya, antara lain sebagai berikut :
1. Hepar (hati) 27,8%
2. Ginjal 23,3%
3. Otot Skelet 15,6%
4. Otak 13,9%
5. Kulit 8,6%
6. Jantung 4,7%
7. Sisanya didistribusikan ke organ laen seperti pencernaan , limfa, system reproduksi, dan yang laen.
Nah, ketika ada makanan masuk ke dalam saluran pencernaan, organ –organ cerna akan bekerja lebih aktif untuk mencerna ,mengolah, mengabsorsi makanan2 yang masuk tadi. Karena kerjanya yang lebih berat dari biasanya (saat makanan gak banyak yang masuk), organ-organ cerna membutuhkan suplai darah yang lebih (distribusi darah terkonsentrasi ke system pencernaan), yang berefek pada ikut menurunnya suplai darah ke otak. Akibatnya, ya itu tadi, oksigenasi otak menurun, tingkat kesadaran menurun, nagntuk, dan konsentrasi de-Down. Maka dari itu juga, semakin orang makan banyak-makin kekenyangan, ras kantuk itu semakin menajdi…. ITU SUDAH!!!! (=^.^=)

Tidak ada komentar: