Jumat, 07 Agustus 2015

Banyuwangi Story : Ijen Carter




Banyuwangi Story : Ijen Carter

16 mei 2015
Selepas dari TN. Baluran, motor kami melaju menuju Ijen. 65 km , 2 1/2jam perjalanan. dan sungguh, banyuwangi sudah menjadi kota yang ‘traveller friendly’, banget. Petunjuk arahnya jelas, dan masyarakatnya terbuka banget sama orang baru. (ato mungkin kaminya yang selalu beruntung ketemu orang baik ^^’’?). hampir sebagian besar perjalanan (setelah dari kota banyuwangi, menuju ijen), didominasi oleh pemandangan yang ijo ijo-, dari sawah, berganti hutan, kemudian berganti perkebunan, kemudian berganti jadi hutan lagi. yang sempet bikin takut adalah waktu sekitar 15 km sebelum sampai di Paltuding (titik dimulainya pendakian), banyak kebun-kebun yang ditengah-tengahnya ada kotak kotak yang kalo dari kejauhan macam kayak kuburan.
.”mbak, itu apa ya??? Aku takuut..” kata arin ke gw. waktu itu, jam udah menunjukkan pukul 16.00 lewat, dan jalanan sepiii banget. sebenernya gw takut, tapi tetep aja jalan. Beberapa kali melewati kotak-kotak berwarna warni, akhirnya kami sadar, dan tau kalo itu bukan kuburan, melainkan kotak2 penyimpanan, hingga sampailah di satu tempat yang ada orang-orang yang sibuk memasukkan sesuatu ke dalam kotak. Kami terhenti.penasaran, jadi nanya deh.”sore mas... klo boleh tau ni kotak2 apaan si??”tanya gw apa adanya. mas-mas yang lagi sibuk masukin cairan ke dalam kotak2 kaget bingung ada motor dikendarai dua nona manis terhenti di depannya. Sambil masih sedikit bingung menjawab,”oh, ini, bikin gula....” jawabnya singkat. Gw mengangguk.. sedikit menjawab rasa penasaran, tapi memutuskan untuk tak berlanjut bertanya, karena sudah terlalu sore u/ mlipir mlipir.
motor vario matic yang kami kendarai
Dari perkebunan-perkebunan warga kami memasuki daerah hutan-hutan dengan pepohonan yang tinggi. senja semakin terasa, tapi tanda-tanda untuk memasuki wilayah paltuding belum juga nampak. Jalanan aspal yang mulai banyak berlubang pun terasa semakin menanjak.”mbak, kira2 masih jauh gak??’tanya arin.”hm, kalo diliad dari spidometer si kayaknya tinggal dikit lagi”jawab gw santai. Kalo dari google map, kota banyuwangi-paltuding berjarak 30km-an, dan udah ada 17km an kami jalan.”tapi koq sepi banget ya mbak?? Cuman kita doank kendaraan yang lewat, gak salah jalan?ato balik lagi saja, tadi ada rumah warga”arin tanya lagi setengah ragu. Memang saat itu hanya ada kami dan hutan saja. Sesekali warga lokal dari arah yang berlawanan melintas membawa hasil kebunnya atau sekedar rerumput (yang mungkin buat pakan ternak). Jalan yang semakin menanjak, pohon-pohon di kanan-kiri yang semakin rapat meninggi, cahaya yang semakin meredup, udara yang semakin dingin, dan oksigen yang semakin menipis (*kalo yang terakhir tipu denk ^< ) membuat kami menjadi ragu. Di satu tanjakan, bahkan scooter kami tak kuat untuk menaiki tanjakan. Brrr... br.... buk, bukk....suara motor meredup. ”aah, turun Tee, turunn... ndak kuat motornya” kata gw, sambil berupaya tancap gas, tapi apa daya belum sampai tanjakan motor udah tak kuat naik, dan terpaksa ngRem mendadak untuk mencegah motor yang berjalan mundur. Arin langsung turun dari motor, dan seketika motor kuat untuk mencapai tanjakan. Gw ketawa ngakak.”huaaa.... kira2 di depan entar masih ada tanjakan lagi gak ya??’gw malah excited dg apa yang akan terjadi di depannya. Tapi beda dengan si arin. Mukanya pucet.” Apa gak kita balik aja? Besok kita lanjut jalannya?” katanya ragu.”kayaknya masih jauh deh mbak..”. yah, baru satu tanjakan aja udah keok.”tenang Tee, bisa koq bisa. Sante.. tadi mungkin cuman salah ambil gas di awal.”kata gw menenangkan.”ya entah, klo pas tanjakan tinggi, ko turun tooo.. haha” kata gw setengah girang. Sekali-kali ngerjain  arin. Kami pun akhirnya melanjutkan perjalanan. beberapa kali  tanjakan berhasil kami lampaui, belokan tajam ke kanan, ke kiri, dan sesekali turunan. Kemudian tanjakan tanjakan kecil yang selalu setiap memulai tancap gas diawali dengan bismillah (semoga Allah kasih kemudahan. Aaminn). Beberapa kali bau kampas rem tercium dari motor.” Bau kampas rem gak Tee?”tanya gw.”iya mbak. Itu gak papa kah??” gak papa, jawab gw sante. „paling ntar masalahnya pas balik aja. Ehehe”. Jawab gw santai. Jalanan semakin sepi. Hingga sampai di sebuah sudut banyak motor yang berhenti,. Hm, rombongan tur, yang nampaknya juga mo naik ke paltuding. Kami melintasi dengan santai. Selepas itu, kami temui tanjakan yang dari jauh sudah nampak tinggi. bersiap2 mengatur gas.... mbrrr.............. mmotor masih berjalan, seperempat tanjakan, sepertiga tanjakan, laju semakin berkurang, menuju setengah tanjakan, mbbr.... brrr... buk, bukkk..brrpppp... terasa suara motor memberat, mo paksa gas gak mungkin naik, mo rem, pas di titik termiringnya tanjakan.”tee... turun tee.. turuuunn!!!!”teriak gw, sambil ngRem maksimal. terasa sekali bagian rem tertumbuk dg stang. Udah gak bisa ngRem lagi. motor nyaris berlajan mundur jika arin tidak segera loncat dari motor dan menahan bagian belakang motor.. gw menepikan motor di tempat yang sedikit datar.”aku tak naik dulu ya.”kata gw sambil melaju menyelesaikan setengah tanjakan yang tersisa.Di ujung tanjakan bahkan masih ada beberapa tanjakan berkelok lagi di depan. Klo motoran sendiri si bisa. Tapi kalo boncengan jelas gak kuat. Gw nunggu arin yang masih jalan kaki menapaki tanjakan. Kasian sebenernya tapi mukanya bikin gw ketawa.”ayo Tee semangaattt..”kata gw nyemangatin dari jauh. Arin terengah..”gimana? mo lanjut jalan po gimana ni..? koq kayaknya gak kuat e motor buat boncengan nanjak”kata gw lagi, masih sambil meringis.”yah, gimana lagi?? udah jauh e...”kata arin, kali ini pasrah. Tapi, kasian juga kalo tiap tanjakan dia harus jalan kaki. Gempor entar kakinya. (*sebenernya gak papa si, buat pemanasan ijen, hehehe). Gw terdiam,dan kemudian teringat dengan rombongan motor yang ada di bawah.”ngeteng aja deh ya??? Kucoba tanya sama yang dibawah tadi, siapa tau mereka ada motor kosong..”kataku pada arin. Dan kamipun sepakat.”ko tunggu di sini e... sa turun dulu . tra papa too?” kata gw, dan arin hanya mengangguk lemas. Gw pun membalikkan motor, kembali turun menuju satu kelokan yang nampak banyak orang. Melihat ada sebuah mobil jeep yang pengemudinya hendak masuk ke dalam mobil, gw beralih ke mobil. Rombongan motornya nampak bukan akan naik ke paltuding melainkan turun ke kota. Gw hampiri pengemudi jeep yang namopak bermuka sangar. Ternyata dirinya sendiri.”om, mo naik paltuding kah?? Sa boleh ngeteng sa pu teman?? Di atas sana? Tunjuk gw, meski arin gak keliatan dari tempat kelok ini.”Motorku gak kuat naik soalnya om. Boleh to??” om-om jeep yang kaget setengah bingung mengangguk. (perasaan dari tadi gw bikin orang kaget dan bingung deh).”ok, makasih om...” gw tersenyum, kembali melaju ke tempat Arin menunggu. Di sedikit tempat datar dekat tanjakan mobil jeep berhenti, memberi tumpangan buat arin dan keril gw.”udah, ini saja yang dibawa?truz adelk gimana”tanya om-om jeep ke gw.”iya om itu aja, nti sa motoran duluan. Insyaallah kalo sendiri kuat motornya om. Ketemu di paltuding aja yaa?”kata gw menjawab pasti. Udah gak ada pilihan lagi. basicnya percaya aja. Toh jalannya cuman satu. Gak papa. Si om menagngguk. Arin cuman bisa pasrah. Dan gw pun melaju duluan...
Jalanan ke depannya ternyata tak semenanjak tanjakan terakhir kami, hanya kelok kanan kelok kiri yang tiada henti. Sesekali tanjakan-tanjakan kecil yang tajam mewarnai kelokan jalan,  namun dengan lancar bisa gw lalui. Motor terasa ringan kalo dibawa sendirian. Dan sungguh, benar-benar sepi. Padahal hari itu hari sabtu, malam minggu. Senja semakin meredup, kabut-kabut mulai turun, dan udara terasa semakin dan sangat dingiin. Brrrr...... embun embun semakin menghalangi jarak pandang jalan yang membuat kecepatan berkendara makin berkurang. Dalam hati cuman bisa banyak-banyak berdoa ( kalo orang papua bilang,”doa sampe tra amin aamin sudaah...”) , hingga sebuah plang besar nampak samar dari kejauhan. Tanda-tanda kehidupan. empat-lima orang nampak berjalan di pinggiran jalan. Sudah sampe, sudah sampe... aaargh, akhirnya, sudah sampe di Paltudinggg.. *fyuuh, alhamdulillaah...
Tapi, penderitaan belum berakhir sampai di sini. Awal ceritanya nya kan emang gak ‘well prepare’ ni ke banyuwangi, dan dari informasi yang kami ketahui (ato ‘merasa’ tahu??), bahwa ijen itu mirip kayak bromo gitu. Jadi di ‘base’ nya ada banyak losmen, villa, rumah-rumah warga yang dipakai buat penginepan. (sungguh, pemikiran ini adalah pemikiran tolol yang tak berdasar). Jadinya kami pikir dari awal adalah sesampai di paltuding tinggal nyari penginepan, mandi air hangat, tidur dalam selimut tebal, bangun dini hari dengan segar dan siap untuk trekking dipandu seorang pemandu. Tapi, ternyata pemikiran kami adalah salah besaaarrr...... tidak ada satupun penginapan di sini. Bahkan di tempat ini, karena masuk dalam wilayah cagar alam, ada larangan untuk membangun bangunan permanen selain untuk kepentingan cagar alam atau konservasi. Gw sama arin cuman baku tatap. Begimana ini??? Tengok kanan kiri, tengok kanan kiri, dan melihat ada tulisan ‘sewa tenda’ di sebuah bangunan yang bertuliskan ‘basecamp SAR’. Mendekat dan kemudian bertanya,”mas, di sini gak ada penginepan ya?”tanya gw masih berharap ‘siapa tau ada penginapan’, hehe.”gak ada mbak.. disini orang biasanya ngCamp tu di situ” sambil nunjuk lapangan yang dipenuhi oleh banyak tenda. Kemping berjamaah ni. Gw cuman bisa manyun, dan terpaksa menanyakan tentang tulisan ‘sewa tenda’ yang terpampang.”itu beneran bisa sewa tenda mas?? Kita bisa sewa?’tanya gw. mas nya tengok tengok,”sebentar, kutanyain dulu ya. Soalnya tadi habis jadi”dan kami pun menunggu beberapa lama hingga pada akhirnya kami mendapatkan sebuah tenda ukuran 2-3orang. Lumayan, paling tidak ada tempat berteduh dan istirahat sejenak. Masalah berikutnya, Arin mule kedinginan. Senja sudah berlalu, dan hanya bersisa  gelapnya malam dan dinginnya paltuding. Gw sendiri entah kenapa gak terlalu berasa dingin. Kami pun sepakat untuk membeli sarung tangan. Mendoblekan pakaian, dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah sleeping bag baru (karena kalo mo sewa harganya Rp.50.000, tanggung dg harga sleeping bag baru yang Cuma Rp.120.000).
Setelah memastikan bahwa kami ada tempat bernaung yang aman, kami memutuskan untuk sedikit jalan-
Jalan, mencari kehangatan dalam seduhan minuman hangat.”brr... dingin banget ya mba..”kata arin. Dingin siiih, tapi so far gw masih bisa survive. Puas menghangatkan diri dan berjalan-jalan, kami memutuskan untuk kembali ke tenda. Ikut menghangatkan diri di api unggun tetangga (*ehehe), hingga malam larut dan memutuskan untuk beristirahat lebih (maklum, seharian belon istirahat sama sekali). Dan ketika malam semakin larut, ternyata, udara dingin semakin merasuki tubuh yang rapuh ini *tsahh. Dengan dua lapis pakaian,selembar jaket, kaos kaki, dan sarung tangan plus sleeping bag yang dipakai berbagi berdua ternyata tak cukup untuk menjauhkan diri dari sensasi menggigil kedinginan. Brr, sumpah, dingin banget. berasa dibungkus diri dengan es batu. Bahkan untuk memejamkan mata saja terasa susah.”dingin Tee..?”kata gw,setengah menggigil.”iya mbak... dingin banget...”jawabnya dengan nada berat bergemelatukkan gigi. Kami pun baku peluk.saling menghangatkan diri. Gw si ‘merasa’masih bisa survive. Hanya berharap arin gak sampe kena hipotermi. Bcoz, it’s her first time camping at high altitude. Pertama kalinya kemah, langsung diketinggian, dan sangat tidak ‘well prepared’ pula.
Dan baru kali malam itu gw bener-bener berdoa sama Tuhan.”Tuhan, biarkanlah malam ini lekas berlalu, gw gak kuat diingiiinnn”kata gw dalam hati. Sungguhh, malam yang paling gw harapkan untuk cepat berlalu ^^.
nganget di api unggun


Alarm berbunyi tepat pukul 01.00 dini hari. Gw langsung bergegas. Menyiapkan diri, dan menyegerakan mencari kk SAR yang sudah janji nemenin kami untuk trekking. Meski sebenernya trekkingnya pendek, dan akan ada banyak teman pendaki lain, tapi gw merasa it’s better to walk with someone who ‘well knowing’ bout this carter. Paling gak, dapet banyak informasi dan fakta tentang ijen (meski bisa dicari di Gugle ya..), dan tentu teman jalan baru. Pendakian baru kami mulai sekitar pukul 02.00 dini hari, tepat ketika pintu masuk pendakian dibuka. Malam itu, menurut informasi ada sekitar 2500 lebih pendaki yang akan mendaki Ijen.  Medan yang ditempuh sebenarnya cukup ringan. Tanjakannya tak terlampau tinggi, dan jalan yang ditapaki nampak sudah ditimbun baik hingga nyaman untuk didaki. Dengan olah nafas yang baik, kurasa cukup mudah lah untuk mencapai bibir kawah Ijen. Tapi, tapi, untuk seorang Arin yang baru pertama kali naek gunung, dan tanpa persiapan... let see. Setelah sekitar 500 meter melangkah,”bentar bentar, istirahat dulu...” kata Arin, sambil bernafas. Sedikit terengah, tapi ndak terlalu nampak capek. Setelah 1km berjalan,”berhenti, berhenti... gak kuat aku..” arin memilih untuk duduk berselonjor.”masih panjang ya??? Capeek.... , mending ke pantai banget. gak cocok aku sama gunung”katanya dengan muka cemberut. Gw tersenyum.”hehe, semangat Tee.. masak segini doank udah kao.. paling besok2 kercanduan bt naek gunung lagi”. kata gw nyemangatin. Kak Sareret yang nemenin perjalanan kami juga ikut menyemangati.”ayo Rin... semangat..” setelah beberapa menit beristirahat, kami melanjutkan perjalanan. sesekali jika sudah mulai habis nafas, arin meminta untuk beristirahat.. pendaki malam itu memang jumlahnya sangat banyak. Kata kak Sareret berkomentar,”ijen dulu beda dengan ijen yang sekarang. Dulu, orang yang naik ke ijen tu bener-bener pendaki. Bener-bener punya persiapan mendaki yang baik. Namanya juga pendaki. Dan dulu, lebih banyak pendaki dari luar negeri ketimbang pendaki lokal.  Tapi sekarang, semua orang bisa naek ke ijen. Gak ada salah nya si naik ijen. Hanya saja, sekarang orang suka seenaknya naik gunung. Gak ngerti cara naek gunung. Safety nya bagaimana. Banyak yang gak safety. Makanya, perkerjaan SAR sekarang lebih banyak. Banyak cewek-cewek yang ditengah jalan ngDrop, pingsan. Ada yang naek gunung bukannya pake sepatu gunung, malah pake high heel.Pernah lho aku bawa orang pake high heel, gak ngerti aku apa yang ada dalam pikirannya. Pakaiannya juga gak safety bt naek gunung. Belum lagi sekarang banyak yang suka seenaknya sendiri, selfie selfie, nglakuin hal-hal yang beresiko pada keamanana dirinya sendiri. ditambah lagi, kesadaran akan etika di alam yang masih belum baik. Sampah dimana-mana..” gw manggut-manggut. Menyimak. Sambil selangkah demi selangkah mendaki. Berintrospeksi diri, apakah gw termasuk pendaki yang bener-bener pendaki. Ato pendaki latahan, yang cuman ikut-ikutan naek gunung, bt foto selfie buat majang di sosmed kalo gw udah pernah ke sini?? Kurasa, semua orang harus mau introspeksi diri. Apa sungguh mendaki hanya memenuhi ego nya sendiri. atau berdamai dengan ego nya? *semoga gw bisa menjawabnya^^
Mendaki dengan banyak pendaki tu ada enaknya ada gak enaknya. Enaknya, gak kerasa aja klo lagi naek gunung. Gak enaknya, banyak,salah satunya gampang ngerasa capek. Arin terutama sering kali ngerasa capek kalo abis tanjakan lantaran banyak pendaki yang suka berhenti dtengah jalan tiba-tiba, jadi ikutan ngerasa capek. Dan, jadi kotor, banyak sampah dimana mana, plus gak damai. Gak kerasa kalo naek gunung. Lebih berasa kayak di pasar. Ah, sudahlah bicara tentang orang lain. Tidak baik. Semua orang berhak koq naek gunung. Jangan egois! *
Setelah sekitar 2 jam mendaki, tepat pukul 03.50 dini hari kami tiba di bibir kawah ijen. Huaaah, rasanya lega. Masih ada dua langkah yang tersisa, yaitu 800 meter kebawah untuk liad lebih dekat eternal bluefire (yang katanya cuman ada dua di dunia), dan 1 km menembus hutan cantigi menuju bunker titik untuk bisa melihat sunrise. Terlihat dari kejauhan blue fire nampak biru menyala dalam kegelapan. But, wait a minute, terlalu banyak cahaya headlamp dari pendaki-pendaki yang turun ke kawah. Too risk, too noise, dan gw dihadapi oleh dua pilihan. Turun ke bawah tapi gak dapet sunrise, ato cukup melihat blue fire dari jauh dan mengejar sunrise? Karena waktu sudah sangat dekat dengan waktu sunrise.

tepat ketika sampai di bibir kawah ijen
blue fire dari kejauhan  beradu dg cahaya center pendaki
langkah kaki mereka yang menuju blue fire dalam sinaran cahaya center
blue fire dari dekat (kirimannya kak sareret)
Stelah meninmbang nimbang, dan melihat keadaan, kami memutuskan untuk lebih mengejar sunrise. Cukup lah liad blue fire dari kejauhan. Arin pun juga agak keberatan untuk turun ke kawah, katanya,”adek lelah mbak...” haha. Dan tepat beberapa menit sebelum matahari terbit, kami tiba di bunker...


waiting for sunrise
menyembul
Dan Sensasinya melihat pertama kali matahari terbit dari terujung timur pulau jawa tuuu, subhanaallah... cantik. Sungguh cantik. trully one of best moment of this year
gunung baluran dari kejauhan
siluet
love sign for u
after sunrise
thank alot for my trekking partner kak sareret and arin


take a risk for selfie? gak bijak banget nampaknya
motivate her own self
kawah
the shadow

marapi
jalur menuju bunker, background : gn Marapi
dengan latar arjuna, raung, dan semeru yang nampak dari kejauhan
landscape kawah
wiken yang selalu dipenuhi pengunjung

dont leave anything except footprint
akhirnya, ada satu foto penambang belerang khas ijen
Dan beginilah satu cerita yang tersisa dari ijen di suatu pagi, di ujung timur pulau jawa


Tidak ada komentar: