Jumat, 07 Agustus 2015

Banyuwangi Story : Taman Nasional Baluran


Banyuwangi Story : Taman Nasional Baluran
15 mei 2015
Banyuwangi. Satu kota terujung timur dari pulau jawa. Selepas menyelesaikan sertifikasi menyelam di pemuteran,Bali, kami melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi. Diantar oleh om Yono, instruktur kami dari Pemuteran,sekitar 30 menit perjalanan, kami akhirnya tiba di Gilimanuk sekitar pukul 17.50, tepat ketika sebuah kapal hendak menyeberang menuju Ketapang. Gak ada plan yang matang untuk trip beberapa hari di Banyuwangi, hanya dua tujuan yang jelas, taman nasional Baluran dan Ijen (thats all).

menyeberang, gilimanuk to ketapang, ditemani segelas kopi jahe hangat
hiruk pikuk tepat ketika kapal bersandar
berpapasan dg pejalan lain

kapal yang bersandar
Rencana matangnya untuk kedua tempat itu, belum dipikirkan sama sekali. Hingga sampai di pelabuhan Ketapang skitar 18.30, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di Indomaret dekat pelabuhan, tepat di depan stasiun Banyuwangi Baru. Sambil makan, sambil mikir rencana. Menghubungi beberapa kawan yang ada di banyuwangi ternyata gak ada, mencari rentalan motor ternyata sudah habis (maklum, lagi longwiken), mo cari penginepan sekitar situ, eh koq males yaa??. Hingga akhirnya dengan muka melas tanya2 di mbak2 indomaret (yg lagi sibuk layanin pembeli).”mbak, di sini klo mo cari rental motor dimana ya??”, mbak2 indomaret,”hm... dimana ya mbak?? Coba cari di depan pelabuhan, kayaknya ada... emg mbak nya mo kemana?”, gw,”mo ke baluran mbak...”kata gw.”gak kemaleman mbak..? mending cari penginapan aja di sini, bsk baru ke sana. Jauuuh lho mbak”.kata mbIndomaret. Gw cuman meringis. Gw, maunya, pokoknya, ke baluran malam ini!,*haha, maksa. Akhirnya ngikutin saran mbak nya, nyari rentalan motor sekitaran pelabuhan, yang hasilnya, nihiiil. Duduk lagi di depan indomaret, makan lagi, mikir lagi, ngademin pikiran lagi *sambil ngemut eskrim. Memutuskan masuk ke indomaret tanya lagi ke mbak2 indomaret (sebenernya antara nanya dan curhat si),” gak ada rentalan mbak, ada masukan gak mbk di sini nyari rentalan dimana?” tanya gw lagi. mbak nya, kali ini berfikir panjang. Lama, laamaaa banget. Sampe akhirnya bilang,”emang biasanya rentalan motor berapaan mbak?” lah, dia malah nanya. Gw kan yang mo ngRental. Gw bilang aja,”biasanya si 75ribuaan gitu mbak, kalo kuGoogle. Kalo di Bali si biasanya cuman 50rb” mbak nya diem, berfikir.”saya dulu pernah ngRentalin motor bt bule-bule, 100ribuan mbak”jawabnya, dengan kalimat menggantung, seakan masih ada kalimat yang mo diomongin,”hm.. di sini si sebenernya ada motor nganggur. Sebentar, saya bicara sama temen saya dulu..”kata mbak nya, terhenti karena ada pembeli yang mo bayar.”wah, ok juga itu mbak... udah, pinjemin aja lah mbak. Tapi jangan 100ribu lah. Saya kan ornag lokal. Muka saya aja yang bule... hehe”kata gw, dengan mata berbinar. Meen, masih ada secercah harapan untuk motoran di banyuwangi.”bentar lah ya mbak. Ntar kuomongin dl sama temenku.”. mbaknya melanjutkan pembayaran dengan pembeli. Gw tinggalin doi sementara, lantaran pembeli yang lumayan banyak. Untuk standar indomaret, menurut gw, rame lah tempet ini *strategis cuy
menu makan malam, eskrim buat ndinginin kepala, dan mie instan untuk pengganjal lapar
Setelah beberapa lama, gw balik lagi masuk ke indomaret. Mengkonfirmasi lagi, mbak nya menimbang2 lagi, berfikir lagi, tawar-tawar harga lagi, hingga akhirnya dicapai kesepakatan. Meski agak mahal sebenernya. Dipinjemin sebuah motor beat, dengan dua helm, plus stnk, kami membayar Rp.85.000/24 jam, dengan sebuah ktp dan uang Rp.300.000 sebagai jaminan sementara. Agak beribet sebenernya, tapi yah, udah malem si. Saking beribetnya, beberapa pembeli yang kebetulan ada ikut penasaran,”emang mo kemana mbak? Oh, baluran? Malem2 gini? Mending nginep di sini aja. Tu rumah saya. Nginep di tempet saya aja.”. ato ada ibu2,”mo ke baluran malem2 gini? Emang ada penginapan disana? Sini, tak telpunin sodara saya aja di baluran, biar nginep di sana” truz sampe ditelponin sodaranya di baluran, dan blabla. Ya ampun, ni antara muka gw yang melas banget, ato emang orang banyuwangi dasarnya baek2. Haha *I was touched. Dan akhirnya, setelah panjang lebar, mbak2 indomaret nya (eniwe, namanya mbak Tamie), menawarkan untuk menginap di kos2an temen indomaret Baluran. *aseeek, dapet penginepan gratis.


Butuh waktu sekitar 50 menit untuk jarak 35 km menuju baluran (lebih tepatnya Indomaret Baluran). Jam masih (ato udah?) menunjukkan waktu sekitar jam 9 malam, ketika kami sampai di Indomaret Baluran. Gw,”mbak Lala nya ada kah??” tanya gw ke seorang mbak2 indomaret.  Mbak2 indomaretnya agak bingung, tapi kemudian sebentar tersenyum”oh, mbak nya yang abis dr ketapang ya? Iya, tadi mbak tamie nya dah telpon. Mo numpang nginep ya? Sebentar ya mbak. Sekalian sy abis kerja, paling jam 11 dah selesai. Gak papa to??” tanyanya. gw tersenyum sumringah.”oh, iya mbak, gak papa. Kita tunggu.”. gw pun akhirnya menunggu, di depan indomaret. Untung indomaretnya ‘traveller friendly’ banget. Ada bangku, ada meja, dan ada colokan. Waktunya, ngSlonjorin kaki, sambil ngCharge hp, sambil makaaaan tentunya. dan 2 jam itu bukan waktu yang lama. Aaah, senangnya. Dapet nginep gratis, dapet temen baru lagiii...^^
selfie di depan indomaret baluran, menahan kantuk n lelah


16 mei 2015
Malam yang panjang. Eh, cuman sebentar denk. Meski sesaat, lumayan bisa mengurangi tegang2 otot dan otak. Rencana awal untuk mo sunrise an di pante deket baluran pun akhirnya batal (*ceritanya, masih ngantuk). Barulah sekitaran pukul 06.00 pagi kami melaju menuju taman nasional Baluran. Dari Indomaret Baluran ke pintu masuk TN. Baluran hanya berjarak 5menit motoran. Dan ke Baluran pada hari libur itu sangat tidak rekomended sekali (masih ‘sangat’, pake ‘sekali’ pula) . rame nya itu,”Naudubilee”. Mungkin juga karena Baluran emang ‘easy acess’. Dari pintu masuk Baluran, kami membayar retribusi (yang juga gak murah. Berdua,plus sebuah motor, habis Rp.47.000) dan dari sini, butuh waktu sekitar 1 jam untuk menuju Padang Savana Bekol, dan 1 ½ jam menuju pantai Bama, melalui jalan aspal yang lebih banyak berlubangnya dari pada aspalnya (konon ceritanya, dari bertahun-tahun lalu, permintaan  dana untuk memperbaiki jalan Baluran ini gak pernah diAcc dan dicairkan. Hhm, mgkn karena gak terlalu berProfit mungkin??*entahlah).

pintu masuk
beli tiket
memasuki kawasan evergreen

Setelah sekitar 1 jamnya berkendara, sampailah kami di padang savana Bekol, yang kemudian langsung lanjut menuju pantai Bama.  untuk standar orang kota, lumayan lah rekomended untuk dikunjungi., kan di kota gak ada hutan dan padang savana kan ya?? Tapi, kalo untuk standar orang hutan kayak gw yang hari2 yang dilihat hutan, yaah, biasa aja.  Padang savana, juga ada di daerah Genyem deket dari tempet kerja gw. hutan, ada, pantai, meeen, kalo di papua kan banyak, dan banyak yang lebih bagus ^^”. But, it worth. Untuk yang belum pernah ke baluran,untuk yang baru pertama ke Banyuwangi, kurasa harus lah Baluran masuk dalam list ‘place have to visit at Banyuwangi. Kata orang,”biar tau rasanya kecewa...”. meski banyak orang bilang ‘Baluran itu Afrikanya Indonesia”, meski”padang savananya adalah yang terluas se asia tenggara” (ato malah asia?) , kurasa dia akan terasa ‘Afrika’ nya ketika suasananya sepi, sendiri di tengah hutan, ketemu monyet2, ketemu banyak kijang yang berlarian, ngerasain sunrise di pantai, nunggu dua tiga ekor burung langka terbang melintas di tower bird watching sambil menyeruput coklat hangat. *nah lho,berasa jadi kayak polisi hutan malahan. But, afterall, gw bisa lah cerita kalo gw pernah ke Baluran. One thing that I learn,”Visit Baluran at weekday, not at weekend, or holiday season”. Haha
 
Pantai Bama
ramai
blue
landscape
mencari tempat yang sepi,dan menghabiskan waktu dengan membaca ditemani semiliran angin pantai
'
selfie dl tentunya
  
hutan bakau
Padang Savana Bekol
 
 
 
 
 

Menara Pandang

 

 Another viewof Savana Bekol


romantisme

prewed
last but not least

Tidak ada komentar: