Kamis, 19 November 2015

Bekpekkoper Karjaw : awal ceritanya

Entah bagaimana awal ceritanya, gw ama diah sepakat untuk jalan. Perjalanan terakhir kami (sebelum gw married dan sebelum diah operasi ). Dan karimunjawa menjadi destinasi plihan kami, tanpa rencana yang matang, tanpa kejelasan arah, yang penting jalan. Istilahnya melepas masa lajang gitulah. Tapi, rencana awal yang mulanya mau ekplore solo-yogya-karimun-jepara-semarang, pun menjadi berubahtotal  didetik detik terakhir karena satu dan lain sebab. Mungkin dari sekian banyak trip yang gw lakuin, cuman trip ini yang bener-bener super ribet dan njlimet. Ribet dan njilmet karena harus mengikuti intruksi dan masukan dari ‘mas ganteng’ yang gak mau kita dua ‘kenapa kenapa’ selama perjalanan. tapi ya sudahlah, karena maksud dan tujuannya baik, kita dua mah ngikut aja. Meskipun sambil tepok jidat berdua.
Jumat 17 september 2015
Hari itu kami akhirnya bertemu. Diah dari jakarta  naek kereta, gw dari solo naek bis ketemuan di semarang. Akhirnya ketemu, semenjak terakhir ngTrip bareng di latimojong setahun lalu. Dan, ya, biasa lah kalo cewek udah lama kagak ketemu, sekali ketemu langsung heboh heri teriak teriak gak jelas. Thx God akhirnya gw ketemu lo lagi, ngeTrip bareng lagi.. yeiyyyy \\^^//

Sabtu, 18 September 2015
Pagi itu, gw dan diah kembali melanjutkan perjalanan menuju Jepara. Naek travel berangkat jam 6.30  pagi dan sampe tepat di pelabuhan kartini Jepara sekitar pukul 08.30. Thx God gak macet dan on time banget travelnya, sehingga kami gak perlu cemas cemas takut ketinggalan kapal. Kami dua sendiri udah book  kapal express bahari H-5 untuk penyebrangan menuju Karimun Jawa. Di awal trip, gw ama diah udah sepakat, trip kali ini adalah trip backpack backpacker koper. Maennya fleksibel, kalo pas mo ngirit, ya ngirit, kalo pas mo enak ya enak aja. yang penting dibikin seneng aja.
Suasana pelabuhan Kartini terasa ramai ramai malas. Ramai oleh orang orang yang juga mo menyebrang,dengan suasana yang ramai tapi malas, karena entahlah, kayaknya diantara orang orang yang muka nya excited cuman kami dua deh, yang lainnya entah kenapa pada muka loyo2 gitu. Makanya gw sebut ramai ramai malas. Asumsi gw, mostly adalah mereka yang mo nyebrang ke karimun jawa dari kemaren kemaren, tapi gak jadi jadi karena penyebarangan ditutup oleh karena cuaca yang gak mendukung beberapa hari sebelumnya. badai, angin, dan gelombang yang tinggi. sudah seminggu ini bahkan tidak ada penyebrangan samsek dari jepara maupun semarang menuju karimun jawa. ya itu tadi, karena gelombang yang tinggi. makanya, kami dua khawatir, jangan jangan penyebrangan kami hari itu juga bakal ketunda. Maklum, kejadian kayak gini bukan cuman sekali dua kali. But, once again, Thx God, beruntungnya kami hari itu cuaca bagus, bagus bangeet.. dan possible banget buat nyebrang. Asek asek jos
Tapi, yang namanya cuaca ya.. gak bisa semudah itu membaik dalam waktu yang singkat. Simple nya aja. Kalo beberapa hari sebelumnya cuaca gelombang gak baik, hari itu, meskipun sudah membaik, tetep aja, angin masih kencang banget kerasa. Dampaknya, gw sama diah, yang sebneernya gak mabuk laut, yang awalnya bermuka cerah ceria penuh tawa, penuh semangat untuk berpertualangan bersama, dalam waktu tidak lebih dari 15 menit dari kapal dijalankan muka kami udah berubah jadi asem. Dan tiba tiba diem... kapal terasa banget digoyang luar biasa oleh ombak yang menderu dera dari luar. Boom, booom.... serem ah, kalo inget kejadiannya. Sebelnya, nahkodanya tak nampak mengurangi kecepatan laju kapal. Hajar aja gitu dengan ombak yang luar biasa menghamtam. Hingga sensasi yang dirasa adalah seperti digoyang goyang, dikocok, hampir nyaris digulingkan. (meeen, itu, sungguh, nahkodanya nantang si ombak dan angin yang berhembus).  Gw tiba tiba diem, diah juga diem. Gw mo liat diah gak sanggup, demikian pula halnya dengan si diah. Merem, merem deh akhirnya. Hingga kemudian gw towel2 diah, dengan masih mata terpejam,”Di... lo ada plastik? Gw mule mulal ni?”. Diah pun nyodorin plastik bekas jajan di alfamart.”hoeek....” tiba2 udah muncul aja tu muntah, tapi masih ketahan. Pengen muntah, tapi gak bisa keluar. Diah yang ‘mungkin’ belum terlalu mabok mijetin leher gw, maksudnya biar isa keluar gitu., huuuf, sungguh mual yang gak bisa muntah itu menyengsarakan.
 Gak selang lama, tiba2 ada mas2 kapal yang nyodorin kantong plastik ke kami. Judulnya bagi bagi kantong muntah ke penumpang.  Dengan muka muka nakal semi ngetawain  si mas-mas mbagiin tu kantong ke orang orang yang mule pucet mukanya. (woooh, ternyata, bukan cuman kami dua yang mabok karena ombak) ”iye mas, iye, kita juga ngerti kalo mas nya udah biasa naek kapal. Kita mah kalo ombaknya segini k.o juga kaliii”.. baru sebentar pegang kantong plastik yang berwarna biru bening  itu (inget banget gw warnanya biru), tu kantong udah disabet diah, daaaannn,”hoeek... hoekkk.. hoeekkk”. Diah muntah, muntah semuntah muntahnya. Gw ketawa, sambil nahan muntah. Sumpah, kejadiannya aneh banget. diah muntah bentar, baru gentian gw yang muntah hebat. Gw kelar muntah, diah muntah lagi. sungguh, pertama kalinya gw naek kapal yang sangat menyiksa. Sepanjang perjalanan gw cuman berdoa,”tuhaan, semoga lekas sampe ya ke karimun, plizz perjalanan ini lekas lah berakhir. Tapi jangan ade ape ape ye... maaak, gw masih mo kawiiin niii”. Gelombang yang mengombang ambing kapal kami sungguh lah dahsyat. Bahkan sesekali terasa bahwa kapal hendak terjungkal terbalik. Huufffff. Meski gw cuman muntah dua kali, tetep aja rasanya menderita banget. gak isa kebayang gimana si diah yang muntah gak cuman sekali dua kali, berkali kali sampe penuh itu kantong kuning *pukpuk (lo harus kuat Diii).
Dan, alhamdulillah, setelah 2 jam perjalanan menyiksa, sampailah kami dkarimun jawaaa... yeiyyy..  \\^^//
muka diah udah pucet, meski sok sok senyum cerah, tetep aja pucet tu muka. Kata diah,”jiaaah, makanan gw, yang 15 rebu, kebuang semuaaa”kata diah sambil nunjukin kantong birunya yang udah full maksimal. hoooeeekkk. Sungguh perjalanan yang memabukkan dan melelahkan.

Sesampai di pelabuhan kami dijemput dengan pak Aris. Bapak2 yang tinggal di Kemujan dan memberikan tumpangan tempat tinggal untuk kami beberapa hari ke depannya. Daaan, tradaaa, dmulailah perjalanan kami selama 4 hari di Karimun Jawa