Rabu, 07 Agustus 2013

cerita PTT : Jam Bola




Cerita PTT : Jam Bola

“ketika perubahan kultur membuat kami benar2 menggelengkan kepala”

Gw kasih judul cerita ini,”Jam Bola”. Gini ceritanya. Someday in a beautiful shit place, gw dan kawan-kawan PTT gw tengah menjalani masa pembekalan di dinas kesehatan di sebuah kabupaten. 5 hari masa pembekalan untuk orientasi tentang birokrasi dinas kesehatan, puskesmas dan sedikit orientasi gambaran ‘medan perang’ puskesmas tempat kami bekerja. Oh, ya, sebelum cerita berlanjut, sejak diawal kami agak gak terlalu suka dengan birokrasi di sini (baca di sini: ), jadi ya kalo ceritanya agak nyirnyir ya maap maap dah.
 

Waktu itu jam menunjukkan pukul 12.00an (semoga, kalo gak salah), kami lepas menyelesaikan beberapa materi orientasi di beberapa bagian di dinas kesehatan kabupaten. Masih siang, tapi perkantoran sudah sangat sepi. kami berlima menghadap seorang kepala yg mengurusi jadwal orientasi kami. Begindang ceritanyang :

Gw, dkk ,”pak, kami su dapat pembekalan dari bagian ini dan ini dan blabla… cuman kami belum bisa menemui pak X dari bagian ini karena beliaunya sedang keluar…jadi, selanjutnya bagaimana ini bapak?? Apa kami perlu pembekalan dari Yankes dari bapak dulu saja yang sebenernya dijadwalkan besok, kita ajukan sekarang mumpung masih jam segini dan bapak tra terlalu sibuk too..?” kata kami, sambil melihat jam tangan, jam masih menunjukkan pukul 12.00. kalo di jawa, jam 12.00 tu masih siang. Biasa aktifitas ampe sore-sore, jadi ya, skalian aja to skalian capek.
Tapi ini kata si bapak. Si bapak berkata,"wa,sebenarnya saya mau aja  kasih kalian orientasi, tapi…saya ada urusan di stadiooon…." kata si bapak dg kalimat menggantung.
kami saling berpandangan.bingung. gak paham.  pikirku,"oh.. mungkin acara besar pemda"
melihat kami saling berpandangan penuh tanda tanya,beliau melanjutkan kalimatnya,"acara ISL... (agak lama), persidafon mo main ini..." kata beliau yg akhirnya menyelesaikan kalimatnya setengah bersemangat meski ragu.
gw bingung sejenak. Berpikir, mencernaaaa,  lalu tertawa. berpandangan lagi dg kawan, dan satu persatu mulai nangkep apa yg dimaksud.. "shit” kata gw pelan truz ketawa lagi. ketawa sinis. gw liat muka temen gw yg lain jg sinis , gak jauh beda.
Dalam hati,”what??? Ini masih jam12.00an  dan elo mo pulang, ninggalin kantor,  karena jagoan lo mo maen bola?? Are u kidding on me??” gw nyengir, dan gw pandang2an sama anak2, ya we know each other, nyengir ajaaa… gila aja jam 12.00 siang udah pulang karena alasan mo liat bola???
"iya ini.. persidafon mau lawan barito dari kalimantan.. kita mo lihat ini,rame2 sm org dinkes” kata beliau lagi, menerangkan, makin jelas dengan apa yang dimaksud. meski katanya emang mereka juga panitia tim kesehatannya persidafon gitu.
Si bapak menerangkan lagi,” iya, ini Persidafon mo maen… liga ISL. Saya supporter sejatinya Persidafon lhoo.  Kalo persidafon ato persipura maen, kami pasti dateng buat suporterin..”.  akhirnya si bapak ngomong panjang lebar. Antara bersemangat dan dengan nada bangga, bangga menjadi supporter sejati. gw sama temen-temen saling berpandangan, makin sinis, makin nangkep . yah, yah, ok, ngerti. Supporter sejati men. Si bapak berusaha menerangkan agar tak terjadi kesalahpahaman tapi kami selalu menangkapnya dengan muka nyengir, nyirnyir. Yah, meen, qt kan bukan orang ini, jadi gak paham tentang kebanggaannya mereka akan sebuah sepak bola.
Temen gw yang lain tiba-tiba nyletuk,"wa,pertandingan di stadion sentani sini ya pak? yang dekat jalan pasir ya (tmpt kami tinggal),wa,pasti seru ya pak" kata temen gw yang ternyata sedikit kasih 'kode' berharap diajak tawaran ikut nonton. klo shit,shit bareng2 aja sekalian. ‘ngarep’
gw tersenyum,nangkep kode temen,"wah.. iya tuh pak. rame2 dunk. qt bisa ikut ni.. seru kayaknya" kataku ikut "kode2" tapi dg bahasa sedikit todepoint. Tapi kayaknya ‘kode2’ kami gak ditangkep. Sinyal beda jaringan.
"haha...iya, di stadion situ.. qt mo ganti baju dulu ini. jadi maaf ya saya gak bisa kasih orientasi buat kalian.." kata si bapak datar
"shit”dlm hati gw, udh dikasih kode jelas2 gitu,pelit amat sih gak ngajak kita nonton.. gak bisa di diajak basa-basi.  haha" ah.. intermezo saja si.“oh… iya pak…ya sudah gak papa” kata kami, masih nyengir nyengir.(senyum senyum palsu)
”jadi, besok saja ya… kalian boleh pulang.. istirahat dulu… capek to dah orientasi sehariann…” katanya agak basa basi, sambil rapi rapi meja, bersiap untuk pergi.  Gw cuman poker face aja. Yang lain makin males ngomong, makin males pasang muka palsu.
"oh.. iya pak.. gak papa,besok aja, gak papa" akhirnya kata seorang temen gw menutup perbincangan yg penuh sandiwara ini. muka-muka palsu semua, jengah. Akhirnya gw ama kawan-kawan meninggalkan ruangan beliau.

Waktu kami meninggalkan ruangan, Gw denger si bapak ngomong sama temennya dengan nada yang bersemangat,”bentar ya.. tunggu dulu. Sa baru mo ganti kaos dulu ni…” gw liad beberapa orang su berganti pakian kerja menjadi kaos olahraga. Pukul 12.30an dan gw liad kantor dinkes kabupaten su sepiiiii banget. untuk sebuah kantor, gw bilang sepi banget. waktu gw keluar dan masih di komplek perkantoran kabupaten Jayapura (kantor-kantor pemerintahan kabupaten jayapura berada di satu komplek besar, termasuk kantor DPRD, kantor Gubernur, dan kantor dari dinas-dinas yang lainnya) satu komplek entu sepi juga. Dan waktu di deket parkiran bis jemputan, orang orang kantoran su duduk duduk berkumpul di dekat bis dinas, siap untuk pulang. Dan itu kejadian jam12.30an siang ya… huff… hela nafas aja dehh…
dan waktu gw cerita ke Kakak gw yang udah lama di Jayapura dan juga seorang PN, gw bilang,”kak, kak… masak ya, kemaren orang kantor tu jam 1200 siang udah pulang, dan tau alesan pulang karena apa?? Karena persidafon mo maen! Gila gak itu…?” kata ku pada kakakku dengan bersemangatnya mengadu..’kaka gw cuman nyengir datar,”:hado dee, dee… emang gitu di Sini….. di sini orang bener-bener penggila bola. Apa lagi kalo Persipura yang maen, jam 12.00 kantor kantor sudah tutup. Wong Gubernurnya sendiri koq yang malah menginstruksikan kantor2 untuk tutup lebih awal biar bisa dukung Persipura kalo lagi maenn…” gw kaget, cuman melongo,” ha? Sungguh?? Oh, ya, ya…. Ok… pahaammmm….” Gw ketawa, tepok jidat

jadi begitulah di sini, yang gak ada di sana, ato di tempat lain. aturannya kurang lebih sama di papua, setiap tim sepakbola suatu daerah maen, masyarakatnya dianjurkan untuk dukung mereka saat berlaga (terutama saat berlaga di kandang sendiri, Persipura di Mandala, Persidafon di stadion Barnabas Youwe ). Kantor kantor pemerintahan dianjurkan tutup lebih awal agar pegawainya bisa support juga tim yg berlaga.  Begitulah di sini. Di sini,Sepak bola adalah Kebanggaan, sepak bola adalah pemersatu, sepak bola adalah bukti kecintaan tanah air, bukti loyalitas masyarakat terhadap daerahnya, dan sepak bola adalah waktunya pulang kerja tempo (pulang kerja lebih awal). Begitu lah di sini… Jam Bola.

Satu cerita yang tersimpan, dari PTT Papua.

120613 06.50 (*ditulis ulang 6 Juli 2013 23.28)

Tidak ada komentar: