Selasa, 06 Agustus 2013

Cerita PTT : "Aroma" Taksi Papua



Cerita PTT : "Aroma" Taksi Papua

Senin, 3 Juni 2013 at Dok 5 atas, rumah tante. Jayapura Kota
gw : “ya udah kak, besok aku naek taksi aja perginya… gak papa sendiri koq. Berani..”
kk :” yakin Dee?? Ah.. entar sama mas Ar aja dianter… kk gak yakin kamu tahan naik taksi…”
gw:”ha??emang kenapa kak?? Bahaya kah?? Aman to?? Kasih ancer-ancer aja naek taksi apa dari mana turun mana..”
kk :”ah, aman sih aman… cuman kamu tahan kah sama aroma taksi di sini…?? haih…. Kk gak yakin”
gw(dalam hati):” emang se bau apa sih aroma taksi di sini?? gw pernah naek angkot yang ada kambingnya, ya aromanya cuman segitu-gitu doank..”ok lahhh


senin 9 juni 2013 at Terminal Entrop  pagi hari. Jayapura Kota
kk :” hati-hati ya naek taksinya… dari entrop naek taksi putih, star wagon kea rah Abepura, minta turun di Dinkes…”
gw :”siap kak..” gw siap melaju naek taksi dari terminal entrop menuju dinkes provinsi yang terletak di Abepura



waktu sampe di terminal Entrop, gw liad ada banyak taksi-taksi memenuhi terminal. Kenet-kenet taksi berteriak arah jurusan ke orang orang yang tengah mencari taksi. Ok, sebelum jauh berbicara masalah taksi. Kita samakan persepsi bersama dulu. Kalo di Jawa taksi itu adalah blue bird, mahkota ratu (solo), angkasa (sby), ato mobil-mobil sedan lainnya yang menggunakan argo untuk mengantarkan penumpang secara personally ketempat yang dikehendaki penumpang. Di sini, taksi yang seperti itu, TIDAK ADA. Taksi adalah istilah yang digunakan untuk angkot, angkutan umum yang mengantarkan sejumlah penumpang dari satu tujuan ke tujuan yang sudah ada rute dan jalurnya sendiri. Ok, singkatnya Angkot disini diistilahkan sebagai Taksi. Jadi entar kalo gw pulang ke jawa, gw bisa cerita ke orang orang, kalo transport gw sehari-hari ya naek taksi. Taksi yang 3000-4000an. haha...Role No.1 : Taksi = Angkot.  ok, lanjut cerita. Di sini mobil yang dipake sebagai taksi ada dua macem, Starwagon yang bisa menampung sekitar  17 penumpang umumnya untuk jarak yang lebih jauh, misalnya Waena-Sentani. macem satunya lagi, Mitsubishi Carry yang bisa membawa sekitar 8 penumpang.
Kakak gw berpesan bt gw nyari taksi star wagon warna putih or maroon yang dari entrop ke Abepura. Gw puter-puter, Tanya kenet sana, kenet sini. satu hal yang perlu lo percaya di sini adalah, di sini kenetnya jujur, kalo mo kemana arah mana pasti dikasih tau taksinya yg mana,kadang malah dibantu nyariin, gak mungkin untuk disesatin. Gitu. Dan itu berlaku di luar juga, kalo lo Tanya jalan sama orang asing/ orang sini, or Tanya taksi apa ke mana, pasti akan diarahkan kearah yang bener, gak mungkin disesatin, kecuali tu orang gak tau. Dan gw udah ngalamin berkali-kali, jadi insyaallah, pendatangpun, aman. (tapi waspada tetep penting, soal temen gw pernah diboongin taksi di bandara Sentani). Role No.2: Taksi diSini lebih jujur.Insyaallah gak disesatin. Akhirnya gw nemu kenet yang teriak teriak,”abe, abe…”,  darisebuah starwagon warna maroon yang sudah penuh sesak orang, gw terpaksa masuk, memenuhi kuota penuhnya. (kalo gak penuh, gak jalan taksinya. Kalo nunggu taksi kosong, ya kita nunggu sampe penuh baru berangkat). Gw naik, dan gak lama taksipun melaju. Role No.3: kalo di Terminal, naik taksinya ya didalam terminal, klo diluar,gak akan diangkut. Dan klo belum penuh, taksi gak mau jalan. Beda dengan diJawa yg lbh berantakan. Gw tengok kanan kiri, bercampuran orang-orang berseragam hansip, orang kantoran, orang kulit coklat, pendatang, orang kulit hitam. Anak-anak berseragam sekolah, dan mama-mama yang asyik mengunyah pinang. Gw hirup hirup udara, batin gw berbicara,”ah… gak bau-bau amat, bau wangi malahh… ini mah bauparfum beberapa orang yang bercampuran…oh, ato mungkin karena pagi hari…” ok… dan melajulah starwagoon itu, dan gw berhenti di depan dinkes provinsi tempat yang gw tuju. Sampai di sini, gw belum tau yang namanya ‘aroma taksi papua’ seperti yang kata orang orang.
Selasa, 10 Juni 2013 at Sentani, pagi hari Kabupaten Jayapura
Hari itu, gw,rollin, andi, dua sejawat PTT gw berencana untuk ke dinas kesehatan kabupaten. Setelah semua urusan di provinsi papua kelar seminggu yang lalu, kami berdomisili di Sentani, di Jalan Pasir deket Stadion bola Barnabas Youwe, hitung-hitung lebih dekat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, di Gunung Merah. Pagi itu kami bertiga sepakat untuk naik taksi. Karena emang itu satu-satunya transport yang bisa kami pakai.
Gw,”eh.. lo tau gak si katanya naek taksi di sini baunya bau banget…? gw kmaren naek taksi biasa aja tuh..”
Andi (angkat bahu),”gw baru dua kali si naek taksi… hm… gimana ya? Giman rollin??”andi malah mengalihkan pertanyaan ke rollin, tapi liat muka dia yang ‘sepet’, ya, bisa dimengerti.
Rollin,”ya… gitu lah…”
Kami masih berdiri di depan gang, satu persatu taksi carry putih melalang melewaati kami, tapi tak ada satupun yang kearah Gunung Merah. Semuanya mengatakan hal yang sama,”gak ada yang ke gunung merah om, naek dulu kearah terminal, baru ganti taksi lagi..”
Kami tetep memilih untuk menggelengkan kepala. Males juga kalo harus ganti taksi. Hingga akhirnya ada taksi kosong berhenti didepan kami,menawarkan,”mo kemana kak?” “gunung merah… bisa om?” “oh, bisa.. tapi 10.000 perorang, gimana?” “ok dah, cuz…” maka kami pun bertiga melaju dengan taksi carry putih. Selama perjalanan, hanya satu dua penumoang yang naik, tapi tetep penumpang ujung2nya cuman kami bertiga, hingga sampai di Gunung Merah, taksi melenggang masuk memasuki komplek perkantoran dan kami turun tepat di depan kantor dinas kesehatan. Lumayan…. Role No.4 : Taksi bisa mengantar penumpang ketujuan diluar trayek selama ada kesepakatan harga dg penumpang. Istilahnya carter dadakan dah.yah, begitulah di sini, taksi yang kosong bisa mengantar penumpang ke tujuan diluar trayeknya, selama ada kesepatan harga. Bahkan taksi di sini pun bisa menyeleweng ketika di tengah jalan ada penumpang baru meminta diantarkan ke tempet lain dengan tawaran harga lebih. gw pernah bertiga ama temen gw menghentikan sebuah taksi, taksi kosong. Di awal kami sepakat taksi akan mengantar kami ke gunung merah, bertiga Rp.30.000. taksi melaju, di tengah perjalanan, satu dua penumpang naik dan turun. Hingga di dekat bandara, seseorang di tepi jalan menghentikan taksi kami. Terjadi percakapan diantara orang di tepi jalan dengan si supir. Selesai percakapan si supir berbalik badan menghadap kami.”maaf ya kk, turun di sini saja, saya mo antar penumpang ini, dari bandara, bawa barang banyak, lumayan uangnya..”. gw mlongo, dua orang di dalam taksi selain kami cuman diam saja.”tra usah bayar sudah… nanti kk bisa naik taksi dari sini”. akhirnya kami menurut, ah, penyelewengan taksi karena duit gede ni. Orang-orang di taksi turun, taksi berbalik arah menuju bandara, dan kami dengan terbengong2 turun di tepi jalan menunggu taksi lain yang mau mengantarkan kami. Kami terbuang. Haha.  Role No.5 : Taksi pun bisa menyeleweng. Sampai di cerita ini, gw belum tau maksud dari,”Aroma Taksi Papua’.  Di lain cerita, kami berada di Sentani kota. Untuk tiba dirumah, kami harus naik taksi sekali,sembarang taksi… beberapa kali taksi lewat tapi kami acuh, hingga akhirnya kami menghentikan sebuah taksi. Kala itu, berisi 4 orang asli papua, hitam, cowok2, badan gede2, mo nggak jadi, gak mungkin, eh, tapi lepas masuk,”seengggg…. “ mata gw membelak, dan hidung gw secara otomatis tiba-tiba berhenti nafas, pengen tahan nafas, tapi cuman bertahan bentar, cari jendela, hirup segar, tahan lagi, karena udara bebas sulit didapat di dalam. Rollin ngliatin gw, andi yg ada di depan tengok gw dibelakang, dan ngliat ekspresinya, gw malah ketawa.” Tahan-tahan…”kata gw dalam hati.  Taksi terus melaju… melaju, dan melaju… dalama hati gw bilang,”pliz, ayo, lekas sampe, ayo lekas sampe..” gw liad jalan yang ada di depan. Deket sih, tapi kerasa gak sampe-sampe. Eh, tiba-tiba taksi yang aturan jalan lurus, ambil belok kanan kearah bandara, gw makin panic, lah, apa salah taksi yak,”om… ni taksi sampai Hawaii kaah? “ “oh, iyo kakak…. Tapi ni mo angkut penumpang dl di bandara..” ah, ok lah, cukup bernafas lega meski gak sepenuhnya lega. Andi ngliatin gw sambil tersenyum, sedikit mengejek menggoda,”sabar tut, tenang, sampe koq sampe…” kata andi menangkap kepanikan gw, kepanikan karena dua hal, kemungkinan salah naik taksi dan karena kemungkinan untuk  berada di dalam taksi neraka ini lebih lama. meski taksi yang melaju ke bandara ini  bikin perjalanan yg ‘tahan-tahan’ nafas ini semakin panjang. Keluar dari bandara, taksi berjalan sesuai dengan rutenya, hingga akhirnya tiba di tempat yang dituju… turun dari taksi, gw langsung buang nafas dan tarik nafas dalam, terus teriak,”hah…. Gw cinta udara kebebasan ini….” Kata gw sambil tarik nafas dalam dalam lagi menghirup udara segar lagi. , puas, puas lalu ketawa… ternyata seperti ini aroma nya. Anak-anak tersenyum. . Andi angkat bicara,”besok2 qt naek taksi kosong aja…!!!” gw liat si Andi yang juga nampak cerah setelah bermuka sepet selama perjalanan.”iya… setuju!!! Selama masih banyak taksi yang kosong kita naek taksi kosong aja…” haha… kami berdua pun ketawa. Rollin cuman tersenyum simpul cool as usual, dan begitulah ternyata. Gimana ya gw menggambarkannya. Baru kali ini gw cium aroma yang hm, bikin pusing ajaa. Sumpah, sekali seumur hidup lo harus cium aroma kayak ginian. s eperti… enggg, aroma orang gunung lah! gak bisa didefinisikan.ada aroma tersendiri yang khaaaasss banget ‘orang gunung’. Gak semua orang papua ber’aroma’ khas sih, ya kalo yang udah dikota, tau mandi dkk, ya gak terlalu, tapi kalo ‘roang gunung’… ya, harus dicoba dinikmati aromanya. Bukan maksud gw pula untuk menjelekkan suatu suku lho, cuman ini pengalaman aja. Aih mati, berada di dalam satu taksi pengap dengan aroma special.. xixi. Dan setelah itu, tiap gw naek taksi, emg rata-rata aromanya kurang enak si. Mungkin kalo dah gak diPapua gw mungkin bakal kangen. *pegangperutmuntahmuntah.  Haha. Lepas itu pula, tiap gw jalan bertiga ama andi ama rollin, pasti kami nyari2 taksi yang kosong. Andi, Maunya harus selalu di depan sebelah supir, gw ama rollin di belakang kemudi , semuanya dengan formasi yang samaa… haha, cuman di Taksi,di papua, di sini, dengan mereka… ^< Last Role :Jangan Terlalu Serius menikmati ‘Aroma Taksi Papua’ ;P

Tidak ada komentar: