Rabu, 07 Agustus 2013

Jalan-jalan PTT : Festival Danau Sentani

Jalan-jalan PTT : Festival Danau Sentani

“that’s why I love this place, gw suka papedanya, ulat sagunya, alamnya, budayanya, keramahan orang-orangnya. I love Papua”

19 juni 2013, dan tiba2 adek gw ngingetin kalo hari ini Festival Danau Sentani (FDS) su dimulai. Temen gw, diah, juga ngingetin,”lo jadi ke FDS tut?? Foto2in yak buat gw…”. Gw cuman bisa liat tanggalan dalam pandangan kosong. Damn, gw lagi ada pelatihan dari pagi ampe sore pula, jadi tra bisa itu pigi ke FDS… jam berganti hari, hari berganti hari, hingga sampailah di akhir minggu ke-3 bulan Juni. Pelatihan gw kelar hari jumat (21 Juni) dan gw rencanain harus ke FDS hari sabtunya…dan sabtu sore akhirnya gw jalan ke FDS, bareng dua kawan gw, bang Andi and bang Rollin


Festival Danau Sentani diadakan di salah satu tepian danau Sentani,  di Pantai Kalkhote kampung Harapan Distrik Sentani Timur. Festival Tahunan yang su dilakukan untuk yang kelima kalinya ini merupakan perhelatan pesta kebudayaan rakyat dari suku suku di yang berdomisili di danau sentani. well, selain dari suku-suku yang ada di sekitar danau sentani, juga pula ditampilkan kesenian dari suku-suku dari kampong lain, distrik lain di Kabupaten Jayapura, ataupun dari kabupaten lain.  rutinnya nich, festival danau sentani diadakan selama 5 hari, pada tanggal 19-23 Juni.  Pada hari pertama, terdapat upacara pembukaan, yang biasanya ada upacara pemanggilan buaya (gw juga gak tau ttg yg ini) berupa tarian tarian dengan diiringi music-musik dari alat music tradisional papua, salah satunya tifa.  Di hari kedua dan selanjutnya, ditampilkan secara bergantian tarian-tarian dan kesenian dari suku-suku yang ada di sekitaran danau Sentani

salah satu yang sempet gw saksiin adalah penampilan’ tarian Perpisahan’ dari Kampung Patuli, salah satu kampung di salah satu pulau di danau Sentani. gw beruntung banget bisa ketemu dan ngobrol langsung dengan Ondoafi (kepala suku) Patuli ini.,”selamat sore bapa…” sapa kupertama. Si bapak menengok, tersenyum,”foy… waraifoy..” kata beliau. Gw mendelik bingung. paham dengan ekspresi wajahku, beliau berkata lagi,”foy.. waraofoy, artinya selamat sore kalo bahasa kami..”sedikit menerangkan.  gw tersenyum, ah,”foy.. waraifoy bapa…” sapaku berbalik. Si bapa tertawa renyah, lalu mengalirlah percakapan diantara kami., dan lalu beliau bercerita banyak tentang kampungnya dan tarian yang dibawakan oleh masyarakatnya. Kata beliau,tarian ini hanya boleh dibawakan oleh orang asli Patuli, dan tidak semua orang boleh menarikannya, dan hanya ditarikan pada saat saat tertentu. Kata beliau, ada kebanggan tersendiri saat kita menarikan tarian ini. Dahulunya, tarian ini tidak boleh dibawa ke luar kampung, tapi seiring dengan perjalanan waktu,perlahan tarian ini keluar dari kampung, dipentaskan di acara-acara besar seperti di Festival Danau Sentani, dan festival di kotamadya. Lagunya sendiri bercerita tentang… hm, gw lupa, jadi dalam lagu ini terdapat berbagai campuran bahasa, jika diperhatikan dg seksama, campuran bahasa papua, bahasa inggris, dan bahasa Fiji.. dan karena musiknya dan lagunya yang sedikit menghentakan namun menenangkan, oleh orang-orang di kampung patuli sering dinyanyikan untuk menidurkan anak-anaknya di sore hari. Kata beliau,”nyanyikan saja sebentar, sambil goyang-goyang dong pu badan,anak su bisa pejamkan mata…”. Mata gw berbinar waktu liat sekaligus mendengarkan tarian dan music yang dialunkan. I love it! They’ve beautiful voice, beautiful song, beautiful choreography, and the music is so relaxing, make ur heart feeling bless, and full of peace.”. 


ada pula stand-stand dari 19 distrik di Kabupaten Jayapura dan dari kabupaten lainnya yang memamerkan karya seni dan kerajinan tangan hasil hasta sendiri. Dari distrik Depapre, distrik Unurumguay, distrik Sentani Timur, distrik Ravenirara dan bahkan dari kabupaten lain seperti kabupaten Yahukimo dan kabupaten Asmat..aih, jauh niaan. Dan favorit gw adalah stand Distrik Yokari. Kenapa? Karena mereka mameri fofo-foto pantai mereka.. aiih, cantikk banget. cantik gila. Pasirnya putih, lautnya biru kehijauan, ada karang bolongnya, dan didekat pantai ada muara sungai yang biru jernih. Dan itu semua, belum terjamah oleh tangan-tangan nakal manusia. Kalo kata mama maria salah seorang penunggu stand Yokari,” nona harus coba maen ke tempat kami, pemandangan pantai dari atas bukit seperti di foto, indah sekali… hanya Yokari yang punya…” katanya yang bikin mata gw berbinar-binar. Cantiknya sungguh. “tapi ditempat kami belum ada listrik dan sinyall..” doing.. what?belon ada listrik dan sinyaal??ok laaah. Bang Rollin yang denger cerita mama makin senyam senyum. Gw ama bang andi bisa baca dong pu pikiran… “ah.. girang kali kau bang pu daerah penempatan yang cantik macam ni… bisa bisa ko tra pulang itu..” kata gw yang cuman ditanggepin senyuman ama dia.”tapi gak ada sinyal gak ada listrik lo bang… idup kagak lo?? Haha…” ah… tapi hidup-hidup aja lah dia ya. Mama-mama belum paham kalo sebentar lagi mo ada dokter yang PTT di sana. Truz iseng aja gw kenalin Rollin ke mama-mama meski bang rollin males dan sedikit keberatan bt dikenalin.”ah.. mama… sa boleh kenalin sa pu kawan kaah… ini dokter Rollin, dokter yang mo bertugas di Distrik mama..” si mama bingung, truz gw jelasin lagi,”iyo mama… ini dokter Rollin mo bertugas kerja di puskesmas Yokari… “ kataku… “ah.. iyo kah?? Ah… senang sekali mama bisa kenal..” truz mereka berjabatan tangan berkenalan dan ngobrol-ngobrol sana sini. “ah.. pak dokter harus kenal dulu sama bapak kepala distrik.. dong lagi ada di belakang tunggu sebentar e.. sa panggil dl sebentar…” kata seorang mama yang kemudian memanggil seorang bapak dari belakang. Kulitnya hitam legam layaknya orang papua pada umumnya, berusia 30tahunan, berperawakan kurus tinggi jangkung, rambutnya hitam ikal tak terlalu keriting seperti orang papua lainnya, senyumnya manis, ramah menunjukkan keramahan hati dan keterbukaan diri. “selamat sore… maaf sa tadi sibuk dibelakang..” kata beliau. Gw tersenyum,”ah.. maaf kami jadi mengganggu bapak…” sibapak tersenyum,”ah.. tidak apa.. apa..” “bapak, kenalkan sa pu kawan, dokter Rollin, dokter yang mo bertugas di puskesmas Yokari di distrik bapak.” Si bapak membelakkan mata,”ah.. iyo kah..” “iyo bapak… dokter rollin ini mo bertugas di puskesmas Yokari, mungkin untuk 2 tahun kedepan..” si bapak tiba-tiba nampak senang.. lalu dipeluknya bang rollin yang berdiri disebelahnya,”ah.. terima kasih pak dokter… senang sekali saya ada dokter yang mau bekerja di distrik kami..” gw tersenyyum, bang rollin masih malu-malu, agak salting dipeluk sama si bapak.”ah… su bertahun tahun kami tra punya dokter… puskesmas macam tra jalan itu tanpa dokter… sa su berharap sekali ada dokter di tempat kami… kasian masyarakat kami selama ini sakit cuman ditolong sama mantra mantra..” kata beliau lagi. Gw cuman tersenyum merhatiin tingkah si bapak waktu tau ada dokter yang mo kerja di tempat dia. “terima kasih bapak dokter… kami berharap banyak sama pak dokter.. terima kasih..” dan dipeluknya lagi, dan lagi, dan erat, dan malah gw yang terharu. Gw ama Andi saling lempar senyum, truz ketawa. Aiih, beban bang rollin berat ini, harapan tinggi su datang dari bapak kepala distrik. Haha, sabar ya bang. tapi nampaklah muka bahagia dia terselip diantara ekspresi malu-malunya. lalu percakapan berjalan mengalir begitu saja. Ah, calon keluarganya bang rollin ni.. seneng gw liatnya. Lepas cukup bercakap,kami berpamitan.”kami pamit dulu bapa… sa titip sa pu kawan ya bapa… mohon doanya bapa…” si bapa tersenyum sambil membalas jabat tangan gw.”Ah, iyo sudahh.. tenang saja.. dokter rollin pasti suka di Yokari…” dan dipeluknya lagi si Rollin… gw geli liat bang rollin… haha… Semangat Bang!!! \\^^//



di Festival Danau Sentani, kitong pun bisa menikmati berbagai macam kuliner khas papua, mulai dari Papeda dengan sayur ikan kuah kuning, sagu bakar, pinang, dan favorit gw : ulat sagu. Yup! Ulat sagu… makanan yang udah agak sulit buat nyarinya, untung kemaren ada satu mama yang jual ulat sagu. Sate ulat sagu bakar. Satu tusuk cuman 10.000.. penasaran banget gw  buat nyicipin. Coz belon pernah nyicipin sekalipun seumur hidup. Dan rasanya,… hmm… gimana ya??maniz, renyah, gurih, daaan… must to try laah. Pertama gw nyicipin yang disate dulu.. setelah diterima dengan baik sama lidah gw, gw penasaran cobain yang mentah. “mama, ini ulat sagu bisa dimakan mentah2 kaah?” tanyaku penasaran.kata si mama,”ah… bisa itu… kitong biasa makan mentah., tapi klo tra biasa mungkin coba yang sate dulu saja.. “ truz dong pu pace (suami dia) menyaut,”bisa nona… coba saja sudah… lebih bagus.. proteinnya lebih banyakk..” kata si bapak. Gw ragu-ragu, gw minta salah seorang coba kasih contoh tapi  dong trada mo coba (mereka gak ada yg mau coba). Sampe seorang bapak penjual pinang sebelah mo kasi gw contoh. “itu dimakan kunyah kah ato langsung telan saja bapa?” Tanya gw ragu. Mungkin orang pikir, emang papeda?maen telan saja. Kata si bapak,”ah.. makan saja sudah seperti ini..” diambilnya ulat sagu yang masih menggeliat-liat,dan langsung,hap!dikunyahnya dengan nikmat. Muka gw ngeri, ngliat si bapa yang nampak santai saja makan tu ulat. Gw coba pegang satu ulat sagu, masih menggeliat-liat,. Ih, bahkan dipegang diujung jari aja geliat2 gitu kayak mo lari. Geli sendiri. “ayo tut… coba, coba..” kata bang rollin bang andi yang malah manas-manasin. Si bapak juga ikut manas2in,”coba saja sudah nona… ko pilih yang besar lagi gemuk gemuk.. lebih enakk..”dipilihnya satu ulat tuk kumakan. Gw pegang, dan si ulat masih menggeliat genit macam mo kabur saja… masih berekspresi ngeri, dannn  HAP.. langsung gw masukin ke mulut. Bego’nya, yg gw masukin malah kepala duluan.. rasanya waktu nempel diujung lidah tuuu… enggg, gw coba untuk ngunyah, dan”Tassst…” ada yang pecah, dan terasa ada yang lumer di lidah…hm, kunyah lagi kunyah lagi… well, seger sih! Dan dalam mulut yang masih mengunyah gw ngomong,”rasanya.. kaya…. Hm..” gw ebrpikir,si bapak berusaha mengartikan,”kaya buah kelapa tua to.. manis to…” gw tersenyum. “haha… iya bapa… macam buah saja sudah… segaaar….” Kata gw sambil tertawa.” Eh, boy, lo harus coba dehhh… enak lhoo…” goda gw yang cuman dijawab dengan gelengan ngeri dari kedua orang kawan gw… ih.. gila! Kalo ke Papua, harus nyoba barang sekali nyicipin ulat sagu… WAJIB itu… sensasinya, luar biasa,rasanya… yah, silakan dirasakan sendiri…


hal yang gak boleh dilewatkan dari Festival Danau Sentani adalah naek perahu boat buat berkeliling danau sentani. orang sini sih nyebutnya naek ‘jhonson’ a.k.a naek ‘speed’. Cuman 10.000 rupiah perkepala putar-putar kecil di danau sambil ngeliat aktivitas masyarakat di sekitar danau, hal yang boleh dilewatkan. Dan pemandangan danau sentani di kala menjelang senja, di balik perahu speed bersama kawan tu sensasinya… hmmm…. Luar biasa. Such a beautiful moment I have.. dan benar-benar pemandangan tanpa cela, Lukisan Indah ciptaan Tuhan… subhanallah….



Pegunungan cycloop di kejauhan di utara danau (kanan) dan  Pulau ifar kecil di tengah danau sentani (kiri)






..dan kayaknya gw mulai jatuh cinta dengan tempat ini..

Waytoreach and all price:
Festival Danau Sentani : Pantai Kalkhote,  kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura
Way                : dari Bandara Sentani kearah Jayapura kota (kearah timur) ± 8-10km. bisa naik taksi jurusan Waena, berhenti di Jalan
                      : Harapan, dari Jalan Harapan bisa jalan kaki sekitar 800 m, atau naik ojek motor Rp. 10.000
Biaya masuk    : motor :Rp 5000, mobil Rp 10000 (jika sedang tak festival, tak ada bayar)
Parkir             : motor Rp 5000, mobil Rp 10000
Speedboat       : Rp.10.000 / orang. Atau Rp.100.000/ jhonson
Papeda            :
SateUlatSagu            : Rp.10.000 / tusuk

Tidak ada komentar: