Selasa, 21 Januari 2014

Cuap-cuap PTT part 1 : New Day, New Place



Cuap-Cuap PTT part 1 : New Day, New Place

Senin, 24 Juni 2013 – First Evening at Yapsi
hari pertama di Yapsi dan untuk pertama kalinya gw belajar nyalain kompor minyak.. memutar2 putaran sumbu, sedikit menggoyangkan tangki minyak untuk memastikan minyak cukup terisi,dan memulai untuk menyalakan apii.. awalnya gw bingung dimana sumbunya,mana yg harus kenai api,dan blablabla... sempet jg gw bongkar2 tu kompor. sumpah,gw gak pernah pegang kompor minyak (dulu sih wktu masi SD waktu emak gw pake kompor minyak,itupun gw jg gk pernah nyentuh,wong gw takut sama api)..
sempet gw berpikir,ni kompor apa kagak ada sumbunya yaak?? gw liat liat lagi,gw amatin.. ah,eurekaa,nemu sumbunya.. langsung gw nyalain pake besi pemantik (apalah itu namanya), dan menyalaaa... gw tunggu bentar ampe rata apinya (kata bude gw,"klo kompor minyak,tunggu sampe apinya jadi biru baru naikin panci") dan masaklah gw. yang gw masak pertama, rebus air dan bikin mie goreng. menu pertama gw di Yapsi.. ah,bolehlah...


Selasa, 25 Juni 2013 - Second Day at Yapsi
Guling guling di kamar. Ah, kasur yang terlampau besar untuk seorang. Guling-guling lagi, buka buka hape lagi, scrolling2 gak karuan lagi. Bingung mo ngapain, pengen update status gak bisa, pengen telpun gak bisa, pengen puter tivi gak ada tivi gak ada listrik. Aaargh, its driving me crazy…. Maaak, gw harus ngapain. Pengen nangis rasanya. Gak ada satu pun orang yang gw kenal di sini, gak ada tempat buat cerita, pengen nangis rasanya, pengen dipeluk rasanya. I’m pretty sure that my life is gonna be okay, but I just need someone here to hug me and say to me that,”it’s ok Dee, it’s ok tut… u’re gonna be okay..” … just need someone hug to make me feeling better... hukz. Mata udah berat rasanya, udah berlinangan air mata, tapi gw tau, gw harus tegar… aaarghhh… eemaaaak, gw kangen emak, pengen dipeluk emakkk…. Hukz, hukz….
*tarikselimut,tutupmukapakebantal,putermusikkeras2,readyforcrying . (14.30 wit )

Selasa, 25 Juni 2013 – ‘My WhatsApp chat on ‘Goyang Pacitan Group’
Selasa, 25 juni 2013, 20.57 wit, waktu Indonesia bagian papua yang tak ada sinyal : Guys… I miss u All.. eventough I know I loke like a stupid one talk with this stupid whatsapp, eventhough this message will be send after several day when I found signal, I just wanna say, I MISS U GUYS.. I MISS U I MISS U I MISS U and LOVE U ALL… damn, gw korban teknologi banget ni, 2 days without signal dan gw bener2 going crazy… *doain gw ya kawaaan.. *chayo,chayo, tutut pasti bisa… ^^v.
Dina,mbaIthung,Adit,Fajar,Cucok,Indera, gw kangen kalian semuaaa..huaaaa..
Sukses buat kalian semua ya.. wherever u’re guys… I love U…

Kamis, 27 juni 2013  - hari keempat di Yapsi
Baca tulisan di atas, dan gw bingung. Koq bisa gw secengeng itu kemaren. Tapi cuaca mendung menurut gw sangat mempengaruhi suasana hati insan manusia untuk menjadi  kelabu, menjadi sendu, dan mudah mengharu biru.. dan Yapsi tiga hari belakangan selalu mendung hujan mendung hujan, tak pernah terlewati tanpa ‘air jatuh dari atas’, membuat orang –orang yang hidup didalamnya menjadi lebih mellow dari seharusnya. Iya gak ya??? Tapi perasaan gw udah jauh jauh lebih baik sekarang, gak cengeng lagi, dan udah bisa banyak ketawa hari ini. Sudah lebih akrab dengan masyarakat sekitar, akrab dengan orang orang puskesmas, dan akrab dengan segala perbedaan yang ada, no signal, electricity just in 6-12 a.m, dog in everywhere, harus nimba air (tanpa katrol) setiap mo mandi.  dan segala hal hal primitive lainnya. Gw udah mulai terbiasa dan udah mulai melupakan kebiasaan hidup dikota (kecuali hal ini : buka lepi dan menulis catatan harian). Ah… beginilah hidup. Mo kayak mana juga dijalanin aja lah…. kata gusdur,”gitu aja koq repot…”…
So, Happy Enjoying ur Day, everybody…. Wish God Bless All of Us (22.39 wit)

Jumat, 28 Juni 2013 – First Minilog






minilog pertama, dan semua terasa asing (280613)

Sabtu, 29 Juni 2013 – Kehidupan Tanpa Sinyal (chat gw di group WhatsApp ‘Goyang Pacitan’)
Hari keenam di Yapsi dan kayaknya gw dah mulai terbiasa dg kehidupan tanpa sinyal dan listrik di sini…
Dan berani bertaruh, abiz 2 tahun ini lengen gw pasti jauh-jauh lebih keker disbanding lengen2 kalian, bahkan lengennya cucok meski doi angkat barbell tiap hari… haha.. soalnya tiap hari kerjaan gw adalah nimba, nimba, dan nimba aer.. huaa, primitive tenan neng kene.. pasang katrol dicuri orang, pasang sanyo malah bertengkar gak jelas dan blablabla.. akhirnya udah deh nimba manual aja, biar adil katanya.. ncen primitive tenan og pola pikir e wong kene… makane ra maju-maju.. capek deh ^^”.
Nikmati hidup kalian yang serba ada dan serba tersedia, karena jika kalian berada di sini.. entah, akan jadi seberapa gilanya kalian di awal hari.. bwahaha… gw aja udah gila total (termasuk gila ngomong sama whatsApp bodoh ini… haha).
Have a Good day guys… miss u All (290613 08.29 wit)



Selasa, 2 Juli 2013 – Tepok Jidat
Pagi yang cerah untuk memulai aktivitas baru…
Ternyata banyak hal yang membuat gila di sini. puskesmas yang segede ini untuk ukuran distrik yapsi, ternyata didalamnya nol besar. kucuran dana yang besar gak ada jejaknya di sini. puskesmas yang tak terawatt, stok obat banyak yang habis, dan tenanga kesehatannya yang banyak (18-20an), entah ada dimana. Setiap harinya yang gw liat cuman 5-8an orang, orangnya itu2 saja. Kepala puskesmas pun bisa jadi kerjaannya racik obat diapotek karena tenaga apoteknya su beberapa hari turun kota. Jam kerja yang aturan jam8 buka su bergeser menjadi jam9 dan itupun orang2 baru datang jam 09.30. tutup, selalu tepat waktu, jam12.00 teng. Waktu gw Tanya koq, koq ditiap ruang gak ada alcohol or handsanitizer? Dong jawab,’aduuuh dok, dulu tu kami pu alcohol banyak, tapi suka dicuri orang bt mabok mabok.. makanya malas lah kami ini buat stok alcohol”.. aih… ya Tuhan… tepok jidat gw.
Dan beginilah gw nikmati puskesmas gw yang pasien sehari-harinya cuman malaria, malaria, dan malaria.  Gw, pada akhirnya menderita penyakit yang kurang lebih sama, malarindu, rindu kehidupan kota, dan kehidupan yang bersinyal. But it’s fun! Kemaren aja abis dapet sekardus singkong yang fresh abis dicabut dari kebun pakDardi (bau tanah basahnya aja masih tercium dari kardus), dan hari ini gw rencana mo bikin gethuk dengan tu singkong di rumah mama titi di jalur 7.. masyarakat trans yang ramah dan menyenangkan .. ah, damailah hidup ini…
Have a nice day guys… wish u all happy with ur life too… 020713 10.02wit

1 komentar:

satudoktertujuhkurcacisumba mengatakan...

Alooo tut...salam kenal yaaak..seru bgt baca kisah ptt d jayapura na. Gw dpt d timika neh bru taon ne sih tp kpengen bgt maen k jayapura apalgi disana pante na byk yg bgus.

Turun k kota lgi kapan neeeh
Siapa tau bs nemenin pas festival danau sentani juni bsok wlo katana breng ama sail raja ampat.haaadeehh...plihan yg susah tuk cuti jg dompet yak. Scraaa papuaa mehong smua yaak


See u there