Selasa, 21 Januari 2014

Bukan Mop : Obat Dingin



Bukan Mop : Obat Dingin
Ceritanya ini dokter sama petugas kesehatan sedang melakukan ‘flying care’ di daerah pedalaman. di kampung itu, memang su ada pustu (puskesmas pembantu), tapi tra ada yang menghuni karena sangat terpencil sekali, pun masyarakat sering tra da di tempat karena sering pi ke hutan cari makan. Dokter atau petugas kesehatan hanya sesekali saja datang kemari. Di suatu hari, Dokter dan petugas yang baru tiba, sedang duduk2 santai di depan pustu, datang dua orang mama berkunjung. Hanya mo tengok2 saja, sambil cari2 siapa tau ada makanan yang bisa dibagi. Dan mulailah percakapan ini terjadi…
Dokter,”bagaimana mama, sehat kaah?”
Mama,”sehat dokter…”



Dokter,” besok datang e… kitong ada pengobatan. Adek dibawa biar bisa kita timbang sama kita kasih vitamin.. nanti kalo ada yang sakit, bawa kemari e… mama kasi kabar buat yang lain..”
Mama,” iyo dokter... tapi dokter bawa obat dari bawah to…?”
Dokter, agak ragu, setengah menggantung.”bawa to…memang kenapa kah?” sebenernya cuman bawa beberapa obat saja, karena sebagian besar obat pustu sudah  dipasok bulan lalu untuk menggantikan obat2 pustu yang su banyak kadaluarsa, hanya bawa beberapa obat yang kosong, itupun sedikit sekali.
Mama,” ha.. bagus itu dokter… soalnya minggu lalu bapak mantri datang tra bawa obat, dorang kasih obat yang su dingin makanya dorang2 yang berobat bukan sembuh tapi malah sakit semua. Sa pu mama de pu perut jadi makin kembung itu karena bapa mantri kasih kitong obat dingin..”
dokter mendelik,” obat dingin mama?” kata dokter bingung. Ibu suster pun ikutan bingung..
Mama,” iyo dokter.. kemaren bapak kasih kami obat yang ada di pustu. Itu obat kan su dingin dokter, makanya kitong bukannya sembuh tapi tambah sakit…”
Dokter nyaris ketawa, tapi berusaha ditahan..”oh… su dingin yo obatnya mama? Iyo sudah… nanti kitong kasih obat baru.. to, suster?” kata dokter sambil tengok de pu suster, tipu2 sedikit… toh, memang tra tipu karena obat memang masih baru, belum kadaluarsa lah..
Mama pun jadi nampak tenang… dokter sedikit berbisik sama suster,”iyo sudah.. nanti kitong panasin dulu obatnya to, biar tra dingin.. xixi”… hah… ada ada saja istilah masyarakat di sini. obat dingin cuy! Mungkin memang yang dimaksud obat yang su kadaluarsa karena pustu su lama ditinggalnya… ok,baiklah… (story of Kwarja, September 13rd 2013)

Tidak ada komentar: