Selasa, 21 Januari 2014

Jalan-Jalan PTT : Amay

Jalan-jalan PTT : Pantai Amay, Depapre

 
Pagi menuju siang. Mobil yang hendak mengantarkan kami belum datang…. Septia!!!!! Lo dimana? Lo dah bangun kan? Kitong di sentani dah nunggu ni.... cepetaannn... !!! klo lama, entar gw toki lo lho...” kata gw teriak2 ditelpon karena si septia dan mobil pesanan belum datang. Driver yang sekaligus abangnya septia ternyata masih enak terlelap. Pada akhirnya, jam 09.00an kiotng baru jalana dari sentani. Pantai Amay yang kami tuju hari ini sebenernya gak terlalu jauh dari sentani. Masih satu kabupaten, kabupaten jayapura, 38an kilometer ke arah barat-utara, di distrik Depapre. Mobil melaju dengan santainya bersama kami bertujuh, gw, bidan Ati, pacar Ati – anto’ yg jauh2 datang dari palopo, 3 brondong Taja, Septia, Amir, Ali, dan  kak Lukman. Jalan menuju Pantai Amay gak terlalu jelek., su beraspal, cuman yaah, lagu lama, banyak lubang di sana sini. Jalanya juga gampang, dan cuman satu aja jalan ke sana, jamin gak bakal tersesat.
Sesampai di persimpangan pertigaaan jalan Depapre, ambil arah kanan, ke arah pantai amay (kalo lurus, ke arah pantai tablanusu). Sebenernya, jarak antara pantai tablanusu dan pantai amay tuh deket, paling cuman 8 kilometeran ajah. Dari pertigaan jalan depapre untuk sampai amay sekitar 15 menitan..

Pantai amay sendiri su dikelola sebagai tempat wisata. Sudah ada tempat parkir yang luas, ada cottage2 kecil, ada serambi2 kecil untuk beristirahat, ada tempat persewaan ban renang, dan lain2nya.
Satu yang unik dari pantai amay yang tra dimiliki pantai lain adalah adanya pertemuan antara sungai dengan laut. Dan air sungainya, masih jernih sekali. Itu maka banyak anak2 bermain dan mandi di sini. Bahkan sungai di sini dijadikan sumber air bagi masyarakat sekitar yang sebagaian besar bermatapencaharian sebagai nelayan

Sesampainya di Amay, kami parkirkan mobil di parkiran. Dari parkiran sendiri masih harus jalan kaki melewati rumah rumah warga sekitar 500an meter untuk sampai ke pantainya. Dari sini saja, sudah bisa dinikmati banyak pemadangan, pohon2 sagu di kanan kiri jalan setapak, sungai kecil yang mengalir di sisi kiri dengan suara teriakan anak2 kecil beradu dengan suara aliran air sungai tengah asik mandi bermain berkecipuk air dengan sesama teman seumuran. Dan setelah melewati jalanan setapak yang panjang,*tsah, dan menyebeerangi jembatan kayu, tibalah kami di pantai... tradaaaaa.... ombaknya besaar... hmm, angin di bulan desember jadi, makanya ombaknya besaar. Dan, kami langsung diserbu puluhan anjing yang terus menggonggong mendekati kami, “aaaaargh........ anjing, anjing...” teriak gw, “eeemaaaak...”, gw langsung tarik baju anto yg ada disebelah gw, ketakutan,  ati ngabur entah kemana juga sambil teriak2 gak jelas, semuanya berpencar, pada ketakutan ama anjing2, yang lain sih sambil ketawa2, tapi gonggonggan anjingnya itu lho, gigi2nya tajam pula. Beberapa orang yang liat malah ketawa ngliat kami yang baru datang disambut serbuan anjing2, lama banget sampe akhirnya satu persatu anjing pergi berlalu. Huufffff, untung gak nggigit...byuuuh.  

Sabtu yang sepi. Suka dengan suasana pantai yang sepi seperti ini, serasa pantai milik sendiri. Beruntung bisa dapet suasana pantai amay yang sepi, karena  di musim-musim liburan pantai ini termasuk yang paling ramai dikunjungi.... dan waktu liat air sungainya yang jernihhh...”aaaargghh... aiiiirr...... *byuurr” airnya dingin, segeerrr..... basah? Bodo... :p

 
Menghabisan banyak waktu dengan berenang di air payau (upz, maksudnya maen air denk, gak bisa renang. sekalinya terjerembak di kedalaman malah tenggelam, untung ada dorang2 yang nylametin gw..*ehehe), maenan pasir, lempar2an pasir, ngemil2,  dan foto-foto tentunya.. such a nice moment. Moment yang menyenangkan, menghilangkan penat setelah satu bulan lebih tejebak di Taja, tanpa sinyal tanpa listrik. Menghilangkan beban di dada, yang terasa sangat menyesak lepas ditinggalkan kekasih *jiah, curhat ^^
sekitar pukul 13.00 siang kami meninggalkannya amay, yah, tentu setelah mengganjal perut dengan jajanan yang kami bawa, (di sini gak ada yang jualaan makanan :( ), bayar bale-bale tempat kami beristirahat (satu bale-bale harganya 50.000, itupun awalnya dibilang 100.000, jiah, minta digetok apa yaak? makanya, jangan taroh pantat di sembarang bale-bale, cuman taroh pantat sekali aja bisa ditarik sama dorang disana, ehehe.....) , dan bayar parkiran (parkir mobil Rp30.000.. standar lah ya harga di sini).


Pukul 15.00an sore, kami sudah sampai di Sentani kota, dan kerana dirasa masih terlalu dini untuk pulang ke rumah masing masing, kami sepakat lanjutkan perjalanan turun ke kota Jayapura.  Setelah menyempatkan bebersih diri di rumah kakLukman di Waena,  makan siang Coto Makasar di depan Ramayana Kotaraja, kami  melaju menuju Jayapura kota. Awalnya sih rencananya mo ke Pemancar Polimak, Jayapura, satu bukit di Jayapura yangmana dari sini bisa dilihat kota Jayapura secara keseluruhan. Kalo di yogya, macam bukit bintang gitu, tapi lebih cantik lagi, soalnya ada lautnya. Kalo kata orang2,”kalo malam kayak hongkong, kalo siang kayak singkong”... cantik gitu lah. Pengen banget kesana, karena khasnya Jayapura.  tapi karena kalo malam gelap, hutan2 lebat, dan rawan kriminal, kami batalkan perjalananan.
“gimana kak, sama sa pu kakak tra boleh ya maen ke pemancar polimak malam2...” kata gw ke kakLukman yang jadi drivernya setelah kakak sepupu gw telpun dan marahin gw waktu gw bilang mo ke polimak. Pliz deh kak, gw bukan anak kecil lagee
“hm... iya seeh... soalnya kemaren abiz ada pembunuhan, cewek dibunuh ama cowoknya. Dulu sih sering dipake buat pacaran gitu, cuman karena abz ada pembunuhan gitu, jadi sepi. Gw juga dah lama gak kesana..” kata kak lukman
Gw,”ah, kalo gw mah hajar2 aja kak... gimana yang laeeen?? Okeh ya? Oke?” kata gw nyari suara. Gw, anto’, kakLukman ok2 aja, tapi satu ibu, buAti dan dua kimcil agak ragu, malah takut, eeegh... hingga akhirnya sepakat untuk dibatalkan. *pukpukpuk. 
 Malam itu, kami putuskan untuk menghabiskan waktu di Pantai Kupang (kursi panjang) depan kantor Gubernur Papua. atas inisiatifnya kakLukman, kita pi beli singkong keju, pisang kipas di ‘ruko’ baru kemudian ke pantai Kupang  Dok 2 setelah sebelumnya kakLukman ajak kami putar2 sampai Dok9 (buat liat kelap kelip lampu kota jayapura diketinggian) untuk mengobati luka hatiku *uhuk, karena tra bisa ke polimak...huaaaa...

“jadi, ini tempatnya anak muda jayapura hang out di malam  minggu?” tanya gw

“yup... salah satunya” kata kakLukman singkat

“ cantik ya jayapura..... “kata gw. “sayang, gak bisa maju... kalo masyakatnya gini2 aja. Pendatang, macam kita, yang dipikirin juga untuk diri kita sendiri... cari uang sebanyak2nya buat kebahagiaan pribadi. egois” kata gw lagi

“mereka gak bisa merdeka selama mereka masih makan nasi...” kata ati memotong,” kerana pendatang, mereka kenal yang namanya nasi. Tapi, siapa yang tanam padi? Orang jawa. Kalo tra da orang jawa, dorang mo makan apa? Sagu... sebentar lagi juga su habis di tebang”kata ati skeptis

“iyo... kalo gw gw perhatiin. Dorang ini tebang tebang sagu terus. Hanya sagu yang tumbuh di hutan. Gw denger, sagu tu untuk tumbuh dari kecil ampe gede butuh berpuluh2 tahun. Dan yang gw perhatiin, mereka gak pernah tanam sagu, tebang dan tebang terus yang ada di hutan ampe habis. Mo bertahan berapa tahun lagi? pun untuk mendapatkan setumpuk sagu, harus menebang habis satu pohon sagu, selepas ditebang, dipukul2, dinjak2, dikasih air sampe akhirnya didapet sarinya, didapet sagu basahnya. Butuh proses yang panjang untuk mendapatkan sagu tersebut. Satu pohon, bisa dapet beberapa karung sagu bisa dikonsumsi untuk beberapa bulan. Tapi kalo dipikir untuk tumbuh butuh berpuluh2 tahun, dan sagu dijual dengan harga yang murah begitu, kayaknya koq sayang sekali yaa..berapa tahun sagu bakal ada di sini??”kat gw akhirnya panjang lebar.

“susah memang.” Simpul kak Lukman.

tapi kalo gw perhatikan, pembangunan di sini termasuk bagus ya?’yang penting selama pemerintahannya bagus kan bisa maju” kata kakAnto mengamati. Dorang ini aktivis mahasiswa di Palopo. Vokal sekali kalo su bicara masalah pemerintahan. Bahkan statusnya waktu ke jayapura aja masih bersatus DPO T_T

“hm.. gw gak yakin sih kak masalah pemerintahan. Makin ke sini makin busuk. Ko tau pembangunan ni banyak karena dana otsus yang gede. Termasuk gede lho. Cuman realitasnya,seharusnya lebih dari ini. Udah berapa tahun dana otsus berjalan tapi perkembangannya gini2 aja. Dana otsus tu kemana??? Meluap. Kalo gw boleh bilang korupsi dan nepotisme tu udah jadi makanan sehari-hari disini...” kata gw

“yuppp... kayaknya di sini korupsi berjamaaah tu sudah biasa. Dari akar ampe pucuk sudah. Semua orang juga tau, su rahasia umum. Apa lagi sekarang dipimpin sama orang gunung. Nepotisme dimana-mana. Mereka yang jadi tim sukses sebelumnya, bisa langsung diangkat diposisikan ditempat tempat strategis di pemerintahan. Lucu” tambah kakLukman

Capek kalo ngomongin masalah politik di papua. Ganti topiik. Entah kenapa banyak sekali bahan pembicaraan selama di perjalanan. Politik, masa depan, perbedaan

“dan kalo diperhatikan, kayaknya ada kesenjangan antara pendatang dan masyarakat asli ya?kalo dibiarin lama-lama begini dalam 5 tahun kejadian di Sampit bisa terjadi di sini..” analisa kakAnto
“hm.. kalo masalah bunuh-bunuhan kayaknya udah jadi makanan sehari-hari deh kak... dengan berbagai alasan dan penyebab..”jawab gw
“enggak, maksudnya, kejadian pembunuhan secara massal.. secara besar2an...kayak tragedi sampit..”tandas kakAnto
“hm..bisa juga sih kak. Tapi kalo untuk sementara kayaknya masi aman-aman aja.. rasisme warna kulit di sini kan kentara sekali. Pemerintahan dipegang mayoritas masyarakat asli, pendatang mulai digeser dari pemerintahan, masyarakat asli, bener-bener diprioritaskan.. yah, klo entar pada akhirny masih ada kesenjangan sosial.. yah, liat saja nanti..”guman gw
Berat kalo udah ngomong masalah politik. Ganti topikk...

“hm....sebenernya peluang usaha di papua tu masih besar lho...”kata kakAnto dilain waktu

“yup... apa aja bisa dikembangin. Ni kakLukman aja lagi usaha jualan bahan bakar beli diKota dijual diTaja. Ya to kak?”kata gw, yang cuman dijawab anggukan kecil sama kakLukman

“kira-kira usaha apa ya yang prospek yang belum ada di sini ya?”tanya kakAnto.

“apa ya?”gw berfikir, yang lainnya pun juga.”hm... kita bikin pabrik semen aja kak... gw denger pulau sebesar ini masih belum punya pabrik semen lho.. kan lumayan tuh.. apalagi pembangunan di sini kan lagi tinggi2nya.”

“emang mo cari bahan bikin semen dari mana buk?”sanggah kakAnto

“lah, ini pulau sebesar ini gunung disana sini... tinggal kerok aja..” kata gw enteng

“emang pake sembarang tanah bisa jadi semen??”sanggah kakAnto lagi

Yah, mana gw tau. Tapi ya masak gunung disana sini kagak ada yang bisa dibikin semen...ayuk sudah, kitong bikin pabrik semen”kata gw simpul.

“emang bikin pabrik semen kayak beli krupuk seribu tiga bukk??” pada akhirnya kakAnto mematikan rencanaku. Modalnya besar. Ok, pikir yang lain. Yang lain cuman ketawa dengar perdebatan kami berdua.
“kalo saya pikir-pikir, yang belum ada di sini tu pengolahan limbah dan sampah. Pemulung, gak ada itu...”kata kakAnto

“ hah... iya betul itu.. bisa, sampah disini masih belum diolah dengan baik. Kita bisa gerakin massa, ato minimal qt beli orang yang bisa kasih kita botol2 aqua bekas. Karena disini belum ada yang beli sampah, qt bisa beli dengan harga murah, darisitu bisa kita hancurin, kita jual. Kalopun disini belum ada mesin pengolah limbah, kita  bisa bawa ke jawa. Qta maennya kontaineran, gak kecil2. Kalo kecil2, biaya kirimnya aja mahal. Sekali kirim limbah langsung satu kontainer, tooo...kalo masalah kontainer saya bisa bantu, kenalan saya di pelabuhan banyak” kata kakLukman dengan berbagai perhitungannya. Kalo pengusaha, ya itung2an lebih detail
“hah, boleh itu kak. Dariawal gw perhatiin tu disini gak ada yang namanya pemulung. Sampah sampah botol2 aqua berceceran begitu saja dipinggir jalan,. Ah, kalo di jawa sana su trada barang begitu. Su bersih dipulung orang... kalo jadi, gw ikutan bang, gw ikut tanam modalnya.. hehe” kata gw sante. Enak klo ngomong2 sante gini..

kakAnto ikut beragumen. Tapi kembali memikirkan lapang pekerjaan apa lagi yang prospesk.”hah.. saya tau apa yang belum dikelola dengan baik. Tapi, perlu sedikit kerjasama dengan pemerintahan.” Kata kakAnto. Kita bingung. Apaan? Harus pake kerjasama sama pemerintahan.” Pengelolaan parkir...” kata kakAnto akhirnya.”gw liat disini parkiran belum dikelola dengan baik.. kalo dikelola dengan baik, bisa bawa banyak uang tuh..”... usul kakAnto yang gw ama kakLukman sepakat menolaknya. Melihat kondisi masyakaratnya yang seperti ini? Kitong pendatang mo suruh orang jadi tukang parkir truz kitong ambil uangnya buat keuntungan? Trada ya mau ya.. kalo sudah berurusan dengan kedisiplinan dna keteraturan kayaknya agak susah. Jadi, ide untuk menggerakkan orang jadi tukang parkir truz sebagian uangnya dijadikan retribusi daerah jelas gak mungkin. Uang kecil ya langsung masuk kantong masing-masing. Lalu kakAnto berfikir ke ide lain. Jualan tedong! A.k.a kerbau. Karena di papua masih prospek untuk pelihara kerbau yang nantinya kemudian dijual ke Toraja. Toraja sendiri sudah diketahui kebutuhan kerbaunya tinggi, kebanyakan adalah diimport dari wilayah lain seperti nusa tenggara, itu makanya dari papua sendiri kita bisa jualan kerbau. Maennya kontaineran lagi. langsung dalam jumlah banyak. Kata gw lagi,”ah.. kakAnto ni, daritadi yang dipikirin besar-besar muluk.... mulai dari yang kecil donk...” kata gw protes.”lah, kalo cuman kecil kecil, kapan kaya nya???” kata kakAnto. “tapi kalo pikirannya besar, gak jalan kak. Sekarang, modal mana? Mo besar langsung gitu. Pikir besar boleh, tapi tetep kitong mulai dari yang kecil to...” kata gw protes. “iya... kalo mo jadi pengusaha tu harus mau mulai dari nol.. gak bisa cari enaknya aja. Harus mau susah.” Kata kakLukman. “tuh, kak Lukman yang udah biasa di dunia bisnis aja bilang gitu... kalo mo jadi pengusaha tu harus telaten, harus sabar..ya gak kak??” kata gw.”wah, kalo sabar jangan. Nanti kalah sama kompetitor yang lain. Harus gesit, tapi ya itu, harus telaten juga...” kata kakLukman. “itu sudahh... makanya gw gak pengen jadi pengusaha. Gw orangnya kagak telaten sih.. kakAnto tuh emang cocoknya bukan jadi pengusaha. kakAnto tu cocoknya jadi pejabat. Pikirannya kan besar terus to, sama kayak pejabat kita.pintar bicara, pikiran besar, mending jadi Penguasa kakk..” simpul gw akhirny. Kami pun akhirnya ketawa. Pembicaraan beralih ke hal lain. Bicara masalah identitas, data diri (maksudnya orang mana, darimana, asal usul, keluarga, riwayat sekolah riwayat hidup, yah, maklum pada baru kenal si..), dan bicara masa depan. Gw dengan rencana gw kuliah spesialis lagi, kakAnto yang masih harus menyelesaikan skripsinya (tinggal ujian skripsi aja), pengen jadi apa aja, tapi juga punya obsesi jadi Bupati Luwuk Timur (kabupaten pemekaran baru di sulawesi selatan yang masih dalam proses pemekaran), kakLukman yang juga oengen nyelesaiin kuliah akuntansinya dan pengen ngembangin usahanya di papua ini,dan cerita lainnya...ah, wish our dreams becoming true...

mobil terus melaju santai dalam kemudi kakLukman. Kami bersenandung mengikuti alunan lagu yang berputar dari car player, lagu lagu dari SoulID, TipeX, Souljah, Jrock, dan Sheila On 7 seakan memberikan semangat dan bara bagi kami yang mulai lelah. Bergumam, berdebat, dan bersenandung, kemudian berdiskusi kembali tentang banyak hal yang hampir selalu berujung pada perdebatan. Beberapa kali mobil berhenti dan singgah, untuk makan siang di Coto Makasar Kotaraja depan Ramayana, window shopping di Mall Jayapura, mengintip PerkantoranGubernur Provinsi Jayapura di Dok2, mencari cemilan Pisang Kipas dan Singkong Keju di Ruko DOk 2, melihat kelap kelipnya lampu kota jayapura di ketinggian di Dok9, hingga akhirnya menyandarkan mobil untuk sekedar menikmati angin pantai Kupang (singkatan dari Kursi Panjang,red), di malam minggu di depan kantor gubernur  dok 2…. Malam yang panjaangg…

Deburan Ombak, Hembusan Angin, deru kendaraan di jalan, menemani kami menghabiskan malam minggu di kala itu. Kota Jayapura yang damai di malam hari ^^
*listening Ya,Ya,Ya by Jrock.. opened up the car windows, screamed so load in the car, sang this song together in the middle of night. Such a crazy moment. We laugh it, we love it

Waytoreach and all price:
Pantai Amay, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura
Way                :  38 kilometer dari kota sentani, kabupaten jayapura. Taksi ada dari terminal Sentani pasar baru ke Depapre. Sampe Depapre ganti naik ojek (harga kurang tau, tapi diperkirakan sekitar 50.000 permotor dari pasar depapre). Naek angkutan umum gak rekomended, selain karena akses susah, taksi pun jumlahnya sedikit. Lebih direkomendasikan carter mobil di Sentani kota (banyak koq), berkisar Rp.400.000-600.000 mobil, belum termasuk sopir.
Biaya masuk    : tra da
Parkir             : motor Rp.10.000, mobil Rp50.000
Perahu            : Rp.20.000 / orang
Bale-bale        : Rp.50.000
Ban renang              : Rp.20.000

Tidak ada komentar: