Kamis, 24 April 2014

cuap-cuap 7 : 'Mblo



Cuap-cuap 7: 'Mblo

senin, 17 maret 2014 : Kelilipan
gak mungkin kamu seterusnya hidup sendiri. sederhananya saja, ketika tengah malam mata kelilipan, siapa coba yang mo niupin mata lo? mo tiup2 sendiri di depan cermin? ato lari ke rumah tetangga minta ditiupin?? #random #lonelyjomblo




sabtu, 5 april 2014 : Perempuan
Perempuan itu pantang rapuh. Meski dilahirkan dengan hormon estrogen dan progesteron yang naik turun, ini 2014 cuy! Bukan masa nya lagi untuk menangisi suatu kepergian, bukan masanya lagi untuk meratapi kegagalan.
Karena ini 2014 dan perempuan itu pantang rapuh!!! (050414 13.40) #jomblotegar #feminis

Rabu, 09 April 2014 : Percayalah, Sendiri itu gak enak
Tiba-tiba demam itu muncul itu. Disertai hidung tersumbat,dan kemudian bdan gatal-gatal. Garuk sana sini, dan waktu dilihat, whaaat???? Kenapa ini ada ruam merah di seluruh badan???, mata tiba-tiba bengkak dan berair . fever, conjunctivitis, coryza, dan petechi dimana, mana, Waaaa… gw kena Campak!!! Langsung negak air banyak-banyak, minum suplemen, istirahat cukup. Eh, kecuali yang terakhir ini, susah. Kerja di pedalaman itu gak bisa sepenuhnya bebas beristirahat, bisa kapan aja pasien datang pi berobat, dan lemah nya gw, gw gak bisa nolak kalo ada yang datang. eergh . jadilah, meski udah dijejelin obat, kondisi fisik gak lekas memulih.  Makan malas, minum obat malas, minum, sama aja, malas. Demam makin naik dan  makin diperparah dengan muntah-muntah. Cuman bisa terkapar di dalam kamar. Pengennya sih ada yang ngopresin, bikinin bubur ayam,  ada yang njagain waktu sakit , tapi sayang, gw hidup sendiri (sambil nangis darah, haha).  Perasaan melo tiba-tiba muncul, mata makin berair, kali ini bukan conjunctivitis, tapi mo nangis. Dalam hati bilang,”damn, ini kenapa jiwa cewek gw yang keluar??? tutut, tegar lah!!!”, tapi tetep, namanya juga cewek, nangis Bombay dah…. “huaa… emaak… gw sakit....”
Malam itu, rasanya berat sekali. Hidup terasa nyaris berakhir (ok, bagian ini agak lebay). dan pikiran gw jadi ‘lain-lain.  Kenapa gw masih aja sendiri sampe sekarang? karena menurut gw, sendiri itu enak, gak ada yang ngatur, gak ada yang ngrecokin, bebas mo jalan kemana aja. Pikiran bebas, beban hidup tra da. Apalagi kalo udah ada penghasilan sendiri, foya-foya,senang-senang, ‘epen’ sama perkataan orang. Bahkan menurut hasil survey gw, “ orang yang sendiri dan bahagia itu lebih awet muda dan nampak muda disbanding dengan mereka yang sudah menikah”. Tapi, itu kalo anda Sendiri, dan ‘Sehat’. Tapi kalo udah sakiiit, PERCAYALAH, SENDIRI ITU GAK ENAK  #jomblosakit
Jumat, 11 April 2014 : tapi, Percayalah, Kamu Gak Sendiri!!!
“I’m alone but I’m not lonely”
”kak, anterin gw ke SP II dunk” pinta gw malem-malem sama driver ambulan puskesmas. Malam itu, pada akhirnya gw gak tahan nahan demam dan derita yang gw rasa, dan memutuskan untuk  meninggalkan puskesmas dan pergi ke SP II (kampung sebelah). Gw cuman pengen butuh istirahat, bedrest total, menjauh dari yang namanya puskesmas dan pasien.  Mata gw udah berkaca-kaca, gak bisa nahan tangis, gak tau kenapa. Driver gw,KakWilson bingung, panic,”dokter.. jangan menangis....”kata kakWilson sambil bergegas nyiapin ambulan.  Kata yang membuat gw makin bercucuran air mata (sumpah kalo inget pengen ketawa sendiri).
Malam itu, sepanjang jalan benar-benar sepi padahal waktu baru menunjukkan jam 19.00 malam. Memang Sejak kejadian masuknya OPM di distrik kami, masyarakat menjadi lebih waspada, gak ada yang berani keluar malam-malam. Agak was-was juga sih malam itu, apalagi dari SPI menuju SPII lumayan jauh dan melewati hutan dan daerah rawan. Gw cuman diam, sesekali beringus karena flu yang meleleh bercampur dengan sisa air mata. KakWilson pun tertawa, “dokter.. dokter… bisa juga sakit.. udah, gak usah nangis. Cengeng….” Kata kakWilson membujukku menggoda. Lucu sebenernya kejadian ini, cuman yah, namanya juga cewek, kalo lagi sensitive, mana bisa tahan air yang keluar dari mata. “pengen Pizza….” Kata gw lirih. kakWIlson makin terbahak, terpingkal. Gw yakin, abis ini, gw bakal habis diketawain ama driver gw sendiri. “oalah… pengen pizza to… iyo sudah, Wilson carikan besok e kalo turun kota. Mo apa lagi??” kata kakWilson. “pengen ayam kampung dimasak kecap yang bikin suster Ati…”. kakWilson ngliatin gw, “ooo.. maka nya ni mo ke SP II? Truz mo apa lagi??”Tanya kakWIlson sambil nahan ketawa.”pengen mujair bakar…”kata gw lagi lirih setengah merajuk. Beneran dah, kalo sakit tu nafsu makan hilang, makannya cuman mau makanan yang lagi dipengen. “ah… dokter ini sakit apa ngidam sih. Pengennya aneh, aneh…. Jangan-jangan sakit gara-gara pengen makan pizza tapi gak kesampaian ya??? bwahahaha…”kakWilson tertawa. Sepanjang perjalanan gw diketawain habis-habisan. Gw cuman bisa senyum.  *feelingmuchbetter.
Cairan infuse segera terpasang sesaat setelah gw tiba di Pustu SP II yang membuat keesokan paginya demam gw berkurang dan gw bisa duduk dan tertawa-tawa.”tutut mo makan apa?”Tanya Tina temen gw perawat pustu SPII. “ayam kecappp….”kata gw sambil meringis. “ok.. entar Tina cariin dulu ayam kampungnya ya.. tutut tau cara bikinnya?” gw meringis lagi, mengangkat bahu tanda tak tau.”aturan Ati ni yang masak, cuman dia yang biasa bikin. Ya udah, entar dicoba aja. Tina cari dulu ayamnya”. Kata tina lagi. Pagi itu, meski gerimis merundung SP II, dengan motor matic tina pergi keliling kampung dari satu gang ke gang lain demi seekor ayam kampung. Udah keliling, tapi gak ada satupun ekor yang didapat. Tina kembali dalam keadaan basah,”hadooo,… gak ada yang punya ayaam kampung ni. Biasanya gampang banget dapet ayam kampung. Nanti sore tina coba cari lagi.” Kata tina dan pagi itu akhirnya kami sarapan dengan sayur bayam dan ikan asin. Sorenya, sekembali tina dari cari ayam,”udah puter-puter, gak dapet ayam kampungnya. Kita makan ayam potong aja yah??”, dan gw cuman tersenyum mengangguk. “tinaa…..gw terharu…huaaaa… makasiih yaaa….gak papa koq ayam potong, yang penting ayam”kata gw yang cuman ditanggepin dengan senyuman. Sore itu, setelah susah payah dan sambil banyak berdebat berdua,jadilah “ayam kecap cola”pertama kami. Gw ama tina cuman ketawa ngliat hasil masakan kita, enak, meski tetep gak sama dengan masakannya Ati. Sore itu, akhirnya gw makan ayam kecap cola. Enak, meski dilidah masih ada rasa pahitnya orang sakit. *makasiTina *pelukTina *beingtouched *feelmuchmuchbetter
Malam harinya, ketika gw ama tina lagi bersantai, seorang tetangga mengunjungi rumah. Niat awalnya mo beli pulsa. “loh.. ada dokter to disini?? Makanya tadi saya cari-cari di puskesmas gak ada”kata masJoko seorang bujang jawa-lampung. “loh… koq pake infuse?? Dokter bisa sakit to??”.tanya nya lagi ngliat gw cairan infuse tergantung di atas gw.  Eenghhh….-_-“ dokter juga manusia kale.. “udah makan?? Mo Joko beliin apa? Mo makan apa?” tawar mas Joko sok perhatian.” Udah makan bang kitong…”kata tina.”lah.. terus mo apa? Mumpung joko mo beliin ni?”tawar mas Joko lagi. “hm…”gw mikir-mikir, kalo lagi sakit tu sebenernya makan apa aja gak enak, cuman otak tetep ada rasa pengen-pengen.”Terang Bulan mas!tutut mau terang bulan!”pinta gw tiba-tiba.”Beneran ni mo terang bulan? Ok…tunggu satu jam lagi ya.sekarang jam 7, ya jam setengah 8 atao paling lambat jam 8 terang bulan udah ada di sini. mau rasa apa?”Tanya mas Joko. “cokelat kacang keju!”kata gw dengan pasti. Dan benar, tepat 30 detik sebelum jam menunjukkan waktu jam 8 malam, mas Joko kembali dengan membawa sekotak terang bulan plus fanta-minuman favorit kami. “wuidih… pas jam 8. Terlambat dikit udah kitong tolak mas Joko pu terang bulan.”celetuk Tina. Gw tersenyum, muka gw langsung berbinar liat sekotak terang bulan,”wa… Terang Bulan!!!udah lebih dari 6 bulan ni gak makan terang bulan” kata gw. dan dengan sigap, gw dan tina langsung melahat Terang Bulan coklat kacang keju buatan masJoko.. panas-panas pas gerimis, suka. KakJoko tersenyum puas. Satu lagi orang tersenyum karena terangbulannya.
gak tau kenapa, banyak hal-hal yang bikin gw terharu selama sakit. Perhatian orang-orang terdekat, atau bahkan tetangga ato pasien yang gak deket. Tina yang rela njagain gw dua malem pasang ganti cairan infuse, nyariin masakin gw ayam, Ati yang kesana kemari ngambilin apa yang gw mau (karena tangan gw yang t’ersangkut’ infuse), ngupasin buah buat gw, Amir yang mau mijetin  gw, nganterin gw balik ke SP I, kaka Wilson yang rela nganterin gw malem-malem meski takut-takut, kakJoko yang mau mbikinin terang bulan, dan segala perhatian orang orang lainnya. Hukkz, gw terharu deh. orang-orang yang bahkan ngebantu gw untuk sembuh. Bukan obat, tapi perhatian mereka, senyum dan tawa mereka. Becandaan ama mereka, olok-olokan ama mereka, ketawa banyak ama mereka, dan itu yang bikin gw jauh-jauh lebih baik. Gw sehat, dan gw gak sakit lagi. Demi, gw gak pengen sakit lagi^^
Tiga hari di SPII dan gw merasa jauh lebih baik. Im alone but Im not lonely.  Gw sendiri, tapi gw gak kesepian. gw punya mereka, dan mereka punya gw. Thx God. Goodbye Measles #jomblogakselalusendiri #jomblobahagia




Jumat, 18 April 2014 : Rasa yang Berbalik
“karena Tuhan Maha Membolakbalikkan Hati Manusia”
Ada satu masa dimana gw pernah menyukai seseorang, bahkan kemudian mencintainya. Cinta yang dulu gw percaya akan membawa kebahagiaan yang lebih dalam kisah gw. cinta yang menurut banyak orang gak masuk akal dan buta namun memberi warna di hidup gw, meski mungkin itu semu. Tapi ternyata benar, Tuhan maha membolak balikkan hati manusia. kini, perasaan itu hilang, lenyap tak bersisa. Bahkan berbalik dari rasa cinta menjadi benci. Bukan, bukan sakit hati. bukan pula rasa marah dan amarah. Hanya benci. Sungguh, dan sangat benci, atau bahkan juga muak. Tak menyangka… ada masa dimana gw pernah mencintai seseorang, yang kemudian di masa berikutnya gw begitu membencinya.
 Percayalah, Tuhan maha membolak-balikkan hati manusia. cintailah seseorang secukupnya karena mungkin kelak kau akan membencinya, dan bencilah seseorang secukupnya, karena mungkin kelak kau akan mencintainya. #proudtobeJomblo
 

Tidak ada komentar: