Kamis, 20 Juni 2013

jalan-jalan PTT : BaseG




Jalan-jalan PTT : Pantai Base-G



Waktu kecil gw punya mimpi, suatu saat nanti gw pengen merit di tepi pantai base-G. pantai base-G adalah pantai pertama yang bikin gw jatuh cinta sama pantai. Satu-satunya pantai yang masih tersisa dalam memori masa kecil gw. Dalam memori gw waktu itu, pantai base-G adalah pantai yang cantiiikkk banget. saking cantiknya gw cuman mau merit di sana,bikin wedding party di tepi pantai baseG haha. Tk gw, TK Kemala Bhayangkari cuman berjarak gak sampe 500 meter dari ni pantai.Tiap hari jumat kami selalu berwisata di pantai ini. Dan itu jadi salah satu moment yang berkesan ketika gw masih tk. Dan kenangan itulah yang mengantarkan gw, di hari itu, minggu, 9 Juni 2013 untuk melaju  ke distrik Jayapura Utara, lokasi pantai Base-G.


Pantai Base-G  sendiri hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer dari Jayapura… mobil melaju lenggang siang itu pukul 13.00 wit. Jalanan masih sepi,entah emang sepi, ato selalu sepi,pokoknya sepi. Mendekati pantai baseG mobil melewati sebuah TK, tk bhayangkari tempat gw sekolah dulu yang tiba tiba menyedot gw dalam memori yang lama terpendam, baju orange lengan putih kami berlari-lari riang, temen gw gak banyak, tapi kami selalu bersenang-senang, entah untuk hal apa. Main kejar-kejaran, jatuh kemudian menangis dan bertengkar. Haduuuh, masa kecil…. tanpa tersadar kepala gw kebentur,lamunan gw buyar.  mobil terlambat me-ngerem saat mengenai sebuah lubangan besar. 500 meter jalan menuju pantai baseG memang agak rusak, that’s why tante gw males banget bawa sedan viosnya ke baseG, ditambah lagi jalan yang ada di sepanjang pantai hanya jalan batu.”sayang mobilnya say..” kata tante gw.  Setibanya di gerbang masuk pantai BaseG kami ditarik biaya masuk, satu kepala 4000 rupiah. Gak mahal kaan?? Eits… tapi jangan salah. Pantai baseG tu terkenal banget punglinya.  Makanya orang sini, ato orang yang su tau, males banget ke baseG. Mobil, baru parkir bentar udah ditarik 50.000 (masak kami cuman bentar di baseG, tante gw di dalem mobil, kami cuman foto-foto gak sampe 15 menit waktu mo keluar pantai ada mama-mama asik mengunyah pinang tiba-tiba muncul entah dari mana dateng minta uang 50.000. mo nolak? Pliz, ini bukan di jawa. Mau ko pu leher ditebas? Ato mo nawar? Pliz, orang papua paling gak bisa diajak nawar,, kalo su pasang harga segitu ya segitu. Maka, bayarlah kami 50.000 untuk parker). Yah, intinya siap-siap duit aja, masuk perkepala 4000, parker mobil 50.000 parkir motor 10.000, dan kalo ada bale-bale, jangan pernah duduk kecuali siap untuk bayar. Satu bale-bale bisa dikenai  biaya 50.000-100.000. dan semuanya itu adalah pungli, pungutan liar dari warga sekitar, ya uangnya buat yang narik, habis kemudian entah kemana gak jelas. Dan ya mereka gak maju-maju, hidup kayak gitu-gitu aja. Ah, sudahlah, malas bahasnya.





  Tapi, diluar itu semua, Pantai Base-G tu indah gila. Kalo dari gerbang pintu masuk belok kiri, entar struktur pantainya berupa dominan batu karang. Kalo lagi surut, yang sampe tengah tengah batu karang semua. Tapi watch out, jangan kalap ke tengah karena pantai base-G berhadapan langsung dengan samudera pacific, dan pas didepanny ada palung. Jadi dari dangkal tiba-tiba dalam gitu. That’s why pantai base-G lumayan beberapa kali memakan korban. Kalo dari gerbang masuk belok kanan, struktur pantainya berupa pasir putih. Itu cantiknnya, subhanallah, pantainya masih biruuuu banget. meski hari minggu banyak pengunjung, pantainya masih bersih, airnya jernih, dasarnya saja nampak jelas. Dan yang bikin gw makin suka kala itu adalah ketika pelangi ikut mewarnai indahnya langit pantai baseG… cantik niaan…… gw masih pengen punya wedding party di tempat ini. Nextime, maybe…^^ 

  
Matahari bersinar begitu teriknya siang itu
Tapi aku tak peduli
Yang kulihat hanyalah indahnya pelangi
Birunya langit
Dan tenangnya ombak di pantai

Someday,aku kan kembali
Tersenyum lagi, melihatkan betapa cantiknya tempat ini
Damainya dunia ini
Dan bahagianya  hidup ini



Waytoreach:
Pantai Base-G : distrik Jayapura Utara, 8-10 km dari Jayapura kota
Way                : kendaraan pribadi 15 menit dari jayapura kota
                      : Kalo naek taksi : dari Terminal Entrop naek Taksi A.P.O arah dok 9. Dari dok 9 turun depan STP (sekolah tinggi polisi),
                      : dari STP bisa jalan kaki or naek ojek Rp. 10.000- Rp. 20.000
Biaya masuk    : Rp.4000 / kepala
Parkir             : mobil Rp 50.000. motor Rp 10.000
Bale-bale        : Rp. 50.000 – Rp 100.000 / bale

1 komentar:

another place mengatakan...

Hallo dok, salam kenal.. Masih di tempat ptt di jayapura kah? Sy ntar ptt di kab,jayapura periode nov ini,, :)