Jumat, 21 Juni 2013

Jalan-jalan PTT : Sungai Kaki Gunung Cycloop

Jalan-jalan PTT : Sungai Kaki Gunung Cycloop


namanya Sungai Suwembak, aliran sungai yang berada di bawah kaki gunung cycloop. hanya berjarak 5km dari tempat kami tinggal, Jalan Pasir gang IV Sentani. Siang itu kami berenam melaju ke sana. menemani 3 bocil2 yang suka berenang atau sekedar maen air tiap akhir pekan..aliran sungai mengalir cukup deras siang itu lantaran hujan mengguyur Sentani semalaman tiada henti. airnya pun menjadi keruh berwarna kecoklatan membawa lumpur yang terhanyut dari atas. Suwembak sudah tak secantik dahulu kata temanku yang asli Sentani. dulu, airnya jauh jauh lebih jernih, lebih ramai dikunjungi orang2, tapi sekarang airnya masih jernih sih,tapi taksejernih dahulu,jika hujan turun dg lebat, longsor  dan banjir bisa saja terjadi. sungai suwembak ataupun sungai sungai lain yg mengalir dari cycloop bisa mendatangkan bencana. itu yang terjadi ketika kerusakan alam cycloop tak terkendali..



tapi kami terlalu antusias untuk main ke sungai. di Jawa, gak ada istilah wisata or maen aer di sungai. sungai2 di Jawa sudah lebih mengerikan lagi, bukan cuman tak jernih lagi,tapi bisa berwarna hitam, merah,hijau, tergantung warna limbah pabrik tektil terdekat yg masih membuang limbahnya di sungai (ini terjadi di deket rumah gw di Sukoharjo)..

maka,jadilah kami bersemangat sekali untuk bermain air.. tak jauh,seperti yg gw bilang tadi. kalo dari jalan Ifar Gunung (jalan ke McArthur) pertigaan pertama belok kiri, lepas itu,sebelum jembatan pertama ada jalan setapak untuk masuk ke pinggiran aliran sungai.suara aliran sungai yang deras terdengar dari kejauhan. dan setibanya di sanaa, waa.. cantikk! cuman kami agak waspada ketika beberapa lelaki papua nampak tenang di tak kejauhan berjemur atau sekedar berebah di batuan batuan besar. tiga bocah kecil ponakan gw yang tak terlalu peduli langsung loncat ke dalam air,maen ciprat2an, teriak2, dan saling tertawa renyah bersama. hah, dasar anak-anak. udah gw peringatin "jangan trriak2 ntar dorang marah", “jangan maen ke tempat yg dalam!!!" “jangan dorong2an!!" “jangan jauh2!!" nampaknya gak terlalu dipedulikan. ah, yasudahlah. biarkan mereka asik dengan dunianya.. gw cuman ngawasin dari kejauhan, sambilll, foto2 tentunya, haha. rollin, yg dasarnya cuek,memilih menyendiri di agak kejauhan,berbaring di satu batuan besar, daaan,tiduuur. hadoooh,tepok jidat!

tapi suwembak itu beneran cantik. ah, sederhana sih, pohon-pohon yang hijau,dikombinasi dengan langit biru,awan putih yg malu-malu menyembunyikan silaunya matahari siang dan bebatuan hitam yang basah oleh air sungai. kesederhanaan yg cantik dan menenangkan. tapi, tunggu! ada yang aneh! batu hitamnya nampak kekuningan mengkilat. dan nampak awam dimata. waktu gw tanya ke temen gw, kata dia, "ini kan batu marmer tut.. yang biasa dipake di rumah rumah tu lo.. lantai marmer" . gw berpikir sejenak,mengamati lebih sungguh."bentar, marmer? eh,bukannya tu mahal ya?ih.. gila. jadi ni semua batu,batu marmer?" "iyah".. "wah,kalo di Jawa udah habis ni diambil orang". temen gw ketawa. haha,iya sih ini papua. lo gak bisa sesuka hati sembarangan ambil barang di satu tempat. semuanya ada pemiliknya, milih tanah adat,entah siapa. Gw masih amaze liat batu-batu marmer yang berserakan dimana mana, gw Tanya lagi,” jadi, ini batu marmer? Ini juga? yang itu juga? yang ono lagi juga…?” Tanya gw sambil tunjuk2 batu yang cuman dijawab dengan anggukan andi n rollin.truz gw ngoceh lagi antusias,”wah, gw bawa pulang boleh dong satu, lumayan kaan?”  . temen gw cuman ketawa,”ambil aja udah, klo lo mau…” tapi gw mikir2, ah, gak mungkin juga, buat apa juga. jadi inget kata temen gw yang lain di lain waktu, kalo kata temen,"ko mo ambil batu marmernya kah? mau ko pu kepala itu ditebas?" aih.. maak,serem amat. hihi. tapi gak seserem itu juga sih,cuman gak usah dah bikin gara-gara. tapi,tapi, ini yang bikin gw kagum, ada batu marmer yang berlimpahan disini dan gak ada yang ambil. beuh,kalo di jawa mah dah dieksplotasi habis-habisan.hah,begitulah di sini...

suasana yang tenang siang itu di sungai suwembak. semua asik dengan kesenangan masing-masing
nice holiday...


Bersendagurau bersama anak anak papua yang juga tengah asyik maen air.. aih, rambutnya yang superkeriting itu lho, gemesin! Mo dibasahin kayak manapun tetep aja masih kering keriting…

Tidak ada komentar: