Jumat, 21 Juni 2013

jalan-jalan PTT : McArthur

Jalan-jalan PTT : Tugu Mc Arthur
“anda ragu, lebih baik kembali..”

Jumat, 14 Juni 2013. Hari kesekian di Tanah papua, dan gw masih ngebeeeet banget buat ke McArthur.  Why? Karena pertama, kata orang orang dan banyak orang pemandangan di sana bagus, danau sentani salah satunya indah dinikmatin dari tempat ini. Kedua, karena tempetnya di Sentani, mudah untuk diakses. Ketiga, temen temen juga ngebet pengen ke mcArthur karena penasaran dan yang kelima, back to memory! Ingatan gw pernah bilang gw kalo gw pernah ke tempet ini,dan itu ada bukti fotonya, 19 tahun silam, dan gw mo liad lagi, sekali lagi, untuk mengenang kenangan itu^^


Siang itu, lepas melakukan kegiatan pengobatan massal di sebuah gereja, gw, Andi, Jurian, Rollin melaju ke TKP (dengan motor pinjaman), begitu excitednya buat ke McArthur, ampe2 hujan di tengah jalan pun tetep kami trabas. gw,”hujan nich.. gak ada jas hujan lho, gimana?” kata ku waktu kami memutuskan berhenti sejenak  berteduh di pinggir jalan karena hujan turun dg cukup deras (hujan tiba-tiba saat langit masih cukup terang). “tunggu bentar dah, kita liad dulu” kata Andi. Hujan deras mengguyur tak lama yang kemudian hanya disusul hujan berintik kecil, gerimis.”gimana nih? Mo lanjut apa gimana?” Tanya gw. “terserah si.. tapi menurut gw lanjut aja.. tanggung” kata andi dan juri. “iya sih, mo basah, mo kering, jalan tetep jalan. Ok? Gimana? Lanjut ya?basah-basah dikit ok kaan?” kata ku, yang diAminin semuanya. Dan dalam kondisi gerimis pun akhirnya kami melaju… tak terlalu deras tapi cukup bikin baju menjadi basah.
di tepi jalan sebelum masuk rindam. tanpa keraguan gan, jalan!

Sesampainya di gerbang mcArthur di pos penjagaan kami berhenti, melapor dan menyerahkan satu identitas untuk ditinggalkan. Udah jadi aturannya di sana setiap memasuki wilayah satuan militer tam wajib lapor. Well, Tugu McArthur sendiri memang terletak di dalam kawasan Rindam (Resimen Induk Kodam) XVIII Trikora, so that’s why kalo ko ketempet ini harus lapor dulu. Tugu McArthur hanya berjarak sekitar 3 km dari jalan masuk Jalan Ifar Gunung. Dan setibanya di sana…. waaaaa. Cantik banget! cantik gila euy… sukasukasuka. Meski gak terlalu cerah sore itu, tapi pemandangannya cantik banget, mulai dari puncak cycloop di utaranya tugu McArthur, Danau Sentani di tenggaranya , dan kota sentaniplus landasan udara sentani  di selatan/barat daya yang nampak dari kejauhan… cantiiik semuanya.
Jingkrak jingkrak kegirangan gw (as usual, -_-“), langsung keluarin kamera, foto-foto, dan foto foto 
Sedikit cerita tentang Mc Arthur dan tugu mcArthur. Douglas Mc Arthur sendiri adalah  seorang jenderal besar angkatan darat Amerika Serikat yang membawa kemenangan Amerika Serikat dan Sekutu pada Perang Dunia ke 2 di wilayah Pasifik. di Tahun 1942, ketika Filipina diserang oleh Jepang, Mc Arthur ditarik dari Filipina ke Australia atas perintah presiden AS, F.D Rosevelt karena dikhawatirkan akan terbunuh. Saat meninggalkan Filipina, McArthur berjanji,” I come through and I shall return” , kalimatnya yang terkenal hingga kini. Dan janji mcArthur itu dibuktikan dua tahun kemudian. Tahun 1944, McArthur berhasil mengusir Jepang dari Solomon dan sebagian besar besar daerah Papua Nugini. Ia pun melancarkan rencana merebut Papua dari Jepang. Papua harus direbut sebagai batu loncatan untuk merebut kembali Filipina. Dan pada bulan Oktober 1944, McArthur kembali ke Filipina dan kemudian menerima penyerahan jepang dalam kapasitasnya sebagai panglima pasukan sekutu Pasifik. Tugu Mc Arthur menjadi saksi bisu perjuangan McArthur dan pasukannya dalam perebutan Filipina dari Jepang. Di Tempat ini dulu merupakan markas Besar Umum Pasukan Sekutu untuk Kawasan Pasifik Barat Daya.  Pasukan yang dikendalikan dari markas ini adalah angkatan darat AS di timur jauh, angkatan udara AS kawasan timur jauh, Armada ketujuh, angkatan udara kelima, angkatan darat keenam, angkatan darat ketujuh, angkatan darat keenam , angkatan darat kedelapan, pasukan pendaratan sekutu, dan angkatan udara sekutu. Dari tempat ini, Mc Arthur sebagai panglima angkatan darat melakukan perencanaan dan penyelanggaraan untuk penyerangan Filipina. Dan semua ini tertulis di tugu MCArthur yang berwarna kuning-hitam ini. Ad pula museum kecil di sebelah baratdaya tugu yang menceritakan kisah mcArthur melalui tulisan dan foto foto yang ada. Boleh dilihat lah bagi yang penasaran…

tugu mcArthur
dari sudut lain
Yah begitulah sedikit cerita tentang McArthur dan Tugu Mc Arthur yang ada di Sentani. Tugu Mc Arthur sendiri terletak di kaki gunung Cycloop, tepatnya di Rindam XVIII Trikora, Jalan Ifar Gunung, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kalo dari Bandara Sentani,lampu merah bandara belok kanan, entar sekitar 1 km ada jalan belok kiri ke atas,Jalan Ifar Gunung, dari sini hanya berjarak 3 km kurang lebih, deket to. Dari jalan Ifar Gunung bisa naek ojek ke atas, sekitar 20.000 ^^. Gak terlalu jauh kaan, cuman 10-15 menit sampe. Dan sebenernya view paling oke ya sekitar senja ato jam 10-.12.00an siang karena matahari masih cukup tinggi, langit biru dan tak terlalu berkabut, sehingga pemandangannya perfecto. Dan sore itu, meski agak berkabut, menurut gw view nya udah cantik banget, danau sentaninya, cycloop nya, kota sentaninya, subhanallah….

Menyempatkan turun ke suatu bukit yang pemadangannya lebih oke :

gunung cylcoop yang sering dan selalu berkabut.

zoom part

 
 

Pukul 17.30 wit lepas berpuas-puas berfoto ria, mengganjal perut dengan 20.000 rupiah gorengan aneka macam bentuk  bagi berempat, kami memutuskan untuk turun. Lega semuanya akhirnya bisa ke McArthur.  
senyum puas dah
Waytoreach:
Tugu McArthur : Rindam XVIII Trikora, Jalan Ifar Gunung, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura
Biaya masuk    : nope
Parkir             : motor Rp.5000, mobil Rp. 10000

Tidak ada komentar: