Selasa, 16 September 2014

Accidental Story of Wamena (6) : List of Wamena 2014



Accidental Story of Wamena (6) : List of Wamena 2014
merchandise from wamena
Wamena itu  :
·    Wamena, berasal dari bahasa Dani, Wam (babi) dan Ena(jinak / anak), yang berarti babi jinak. Wamena merupakan ibukota dari Kabupaten Jayawijaya, salah satu kabupaten yang terletak di Pegunungan Jayawijaya,Papua
·    Wamena merupakan kota yang terletak di ketinggian 1600mdpl dan memiliki suhu udara rata-rata 14-18 derajat celcius. Jangan lupa bawa jacket.*brrr,dingin
·    Lebih dikenal dengan dengan Lembah Baliem, atau Baliem Valley, atau Grand Valley, yang didiami oleh 3 suku asli, Suku Dani, suku Lani, dan suku Yali

·    Gak ada pom bensin. banyak penjual bensin eceran dimana saja, mudah didapatkan, meski harganya selangit (eh, gak selangit sih bagi mereka). perbandingan saat ini bensin di Jawa Rp.6000, di Wamena sekitar Rp.20.000 (gak jauh beda sih dg tempet gw yg Rp.11.000)
·    Orangnya suka gula-gula. Semua orang, gak anak-anak, gak mama-mama, gak bapak-bapak, gak tete-tete, pokonya semuanya.
·    Gak ada lampu merah. Ah, sungguh wamena itu kota yang kecil, kendaraan tak terlalu banyak, jadi kayaknya emang gak perlu traffic light.
·    Wamena itu ada becak. Jangan salah, becak bertebaran dimana-mana, dan yang nggenjot bukan pendatang melainkan asli putra daerah. Amaze aja liat ada becak di ketinggian 1600 mdpl. Mbayangin medannya naek turun, eh, ternyata kalo di wamena kota jalannya yang datar-datar aja. kan namanya juga lembah.
·    Dilarang sakit karena berobat itu muahal. Bensin aja mahal, apalagi berobat. Tapi lebih dilarang lagi ‘bikin orang lokal sakit’, maksudnya,nabrak orang, truz bikin luka-luka or sakit-sakit, kena denda nya bisa mahal. Dan lucunya lagi katanya kakYesa,”kalo nabrak orang lokal truz luka-luka, lo harus bayar uang denda, bayarin berobatnya, truz kalo pas lagi sial, ada juga yang udah berminggu2 berbulanbulan dari kecelakaan tiba2 sakit kepala, bisa minta lo yang bayarin berobat, alesannya,’gara2 kecelakaan waktu lalu’”hee??
·    Babi – adalah barang berharga di wamena ( dan papua pada umumnya). Memiliki posisi yang tinggi dalam kehidupan wamena dan papua pada umumnya. Bagi suku Dani, selain dagingnya bisa dimakan, darahnya dipakai untuk upacara magis, tulang dan taringnya bisa dijadikan hiasan, Babi bagi suku Dani juga digunakan sebagai alat pembayaran dan barter, dan dapat menciptakan perdamaian bila ada perselisihan. Saking pentingnya arti Babi dalam kehidupan orang wamena (dan papua), babi pun bisa digendong dalam noken, dan diberi tetek (ASI) oleh si empunya (kalo dua ini, gw dah pernah lihat). Dan jangan pernah sekali-kali menabrak babi!.  Bayar dendanya bisa muahaaaalll banget. bisa puluhan hingga ratusan juta tergantung besar babi yang ditabrak, dan kalo si babi lagi netekin little babi nya, dihitung juga uang susunya, berapa putingnya,dikali dalam rupiah. Maaak. Kata temen gw,”kalo dah nabrak babi, hati-hati aja rumah di kampung ikut kejual”(saking mahalnya bayar denda)
·    Di distrik Kurulu itu (terutama di kampung dimana Mumi Jiwika disimpan), orang yang berpakaian bisa menanggalkan pakaiannya saat kedatangan turis. Bagi mereka, hal itulah yang ‘dijual’. Bertelanjang dada dengan rok rumbai dan noken di kepala pada mama- mama, dan telanjang bulat dengan koteka yang menutupi kemaluan pada para lelakinya. Simplenya  :naked one can produce more money then dressed.
·    Hari minggu itu harinya Tuhan. No activity in Sunday morning coz most people get to church (ibadah coy).
·    Fact bout Festival Lembah Baliem 2014  adl FLB yang ke-25,sejak dilaksanakan di tahun 1980-an. Dalam 3 hari pelaksanaan (07-09 Agustus 2014), dikunjungi oleh 1000an pengunjung, yg 500 nya (50%nya) adalah wisatawan mancanegara. Setiap distrik yg menjadi peserta festival mendapatkan uang binaan Rp.15juta untuk perang-perangan,dan Rp.10juta untuk tari-tarian, dan ada sekitar 30 peserta festival, yang itu berarti festival ini bukanlah festival dengan biaya yang murah, belum lagi hadiah bagi pemenang tiap lomba, lomba bikin noken, lomba balap babi, lomba perang2an dan tari-tarian terbaik,dan lainnya. *fuuuh  *tepokjidat *mbayangin anggaran yg dikeluarkan

Where,U have to Go ? 
Ini beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Wamena (sumber : Dinaskebudpar wamena)
Arah timur kota wamena
·    Telaga biru Maima dan Jembatan Kuning, distrik Asolokobal ± 9km
·    Wisata tirta-wesapot & patung sejarah Ukumearek Aso, distrik Asotipo ± 11km
·    Wisata jembatan gantung & wisata alam, distrik Asotipo ±11,5km
Arah barat dan barat daya kota wamena
·    Wisata Tirta Walesi & wisata alam, distrik Walesi ± 5,5km
·    Wisata air terjun Napua dan wisata ala, distrik Napua ± 5,5km
·    Wisata mumi Araboda, distrik Asologaima ± 14,5km
·    Danau Habema,di kaki gunung Trikora, danau Tertinggi Indonesia, ±41 km
Arah barat laut dan utara kota wamena
·    Wisata mumi Aikima & pasir putih, distrik Pisugi ± 6,5km
·    Wisata mumi Jiwika & Air Garam, distrik Kurulu ±15,5km
·    Wisata goa Kontilola, Sikepalki, Lokale, distrik Kurulu ± 18 – 20,5km
·    Wisata air terjun Tinggi di Tinggima, distrik Wolo ± 30km
Other :
1.  Pasar Baru,Wamena à buat beli oleh-oleh segala buah segar dan Hunting foto tentunya
2. Pasar Wouma
3. Bandara Wamena di Senja Hari à hunting for golden hour
4.Lembah Baliem, di Distrik Wosilimo, saat bulan Agustus à untuk menyaksikan Festival Lembah Baliem
5.Tempat Makan Recommended : RM. SopoNyono di Jln Panjaitan No.1 (gak terlalu mahal, rasa maksimal, dan servicenya ok, ada udang selingkuh jg), or MasBudi Hotel&Resto (udang selingkuhnya recommende bgt, cuman pelayanannya lamaa bangeeettt), dan Warung Bu Nani  di Jalan Trikora deket apotek (lupanama), dg harga relatif murah, sederhana, tapi enak. 
pasar baru, wamena

with bu Nani, masakannya berasa banget bumbunya, dg porsi yg besar bgt
So, What should and shouldn’t do :
1.  Bring candy, many many candy, coz everybody love candy. Mereka menyebutnya,”gula-gula’. From candy, u can find the sweetest smile from them.even, they want to help u without reward.
2. Watch out with ur camera. Sometimes, or in manytimes, people can ask u some money if u want to take a photo to them or with them
3. Bring enough money. Ahaa, there’s nothing cheap here...kayaknya yang laku cuman uang merah ama uang biru deh, hoho (baca: Rp.100.000 and Rp.50.000)
4. Don’t go to somewhere people prohibit. If they say don’t, it’s really mean DO NOT. Karena banyak tempat masih rawan, rawan perampokan, pembunuhan, maupun rawan tindak kejahatan lainnya. *pengen ke danau Habema, tapi banyak orang yang nglarang. Poorly.. maybe nextime.
5. If u love listening a story, spent time for chating with Dany’s people. Actually, they’re friendly and like to share some story or their history of life.
6. Gak ke Wamena namanya kalo belum makan UDANG SELINGKUH!
7. Must to bring as a gift (oleh-oleh) : Ipere, Betatas, (semacam tela atau ubi), Terong Belanda, dan Markisa dan Kopi Arabika khas Wamena. Betatas dan iperenya wamena itu, terkenal banget manisnya, dan segala sayur mayur dan buah-buahannya adalah produk organic, besar2, dan segar.
8. Handmade u must have : Koteka, Noken, dan Gelang Wamena
9. Place U have to visit : all place at wamena have to visited!
10.   Just enjoying ur trip and be ready to get many unexpextable moment

Budgeting : Wamena On Rupiah (2014)
·    Tiket Pesawat Jayapura-Wamena : Rp.900.000 – Rp.1.500.000 by Trigana Air (satu2nya airlines yg melayani penerbangan jayapura wamena). Disarankan untuk membeli tiket PP diJayapura, karena klo beli di Wamena bisa berlipet2 mahal (*banyakcalo)
·    Udang Selingkuh  Rp.100.000 – 250.000 / porsi berisi sekitar 8-12ekor udang selingkuh berbagai ukuran. At masBudi Resto, UdangSelingkuh Rp.110.000/ porsi ßone most recommended
·    Foto Mumi Jiwika : kasih keluar Mumi Rp.100.000 – 200.000 , foto sama mumi / sama masyarakat, Rp.10.000 – Rp.30.000 / kutip (perfoto) /perorang
·    Bensin : Rp.20.000 / liter (agt 2014)
·    Ojek motor : Rp.50.000/jam. Rp.150.000 – Rp.300.000 /day
·    Carter mobil : Rp.1000.000 – Rp.1.500.000 /day untuk avanza, terios, rush. Rp.3000.000  - Rp.4.000.000/day u/ ford ranger. Check on Restu Ibu Car Rent, Jln.Trikora no.105, omFuad 085343111000
·    Hotel : rentang Rp.250.000 – Rp.1.000.000 /malam
·    Oleh-oleh : Koteka RP.75.000 – 200.000, Gelang anyam : Rp.5.000 – 10.000, Noken : Rp.150.000 – 500.000 tergantung size.

Total Budget gw selama 3 hari diWamena (solotravelling)
Trigana air djj-wmn-djj                                       = Rp. 1.800.000
Rannu Jaya Hotel x3days                                    = Rp. 1.050.000
Makan,oleh2,jalan,ojek,dll                                   = Rp. 1.650.000                     = Rp.4.500.000
 (with so many people’s kindness, much thanx for Friska,kkGasco,kkYesa,omAli,and kkRoy)
leaving wamena

Tidak ada komentar: