Jumat, 26 April 2013

Catatan Perjalanan Rinjani (12) : Senaru Track


Catatan Perjalanan Rinjani : Senaru Track

Perjalanan akan semakin melelahkan ketika matahari telah tenggelam. Tapi kawan perjalanan yang menyenangkan akan menjadi penyemangat dalam melangkah, kapanpun itu” - dee, april 2013-

foto rame2 dl, tim pluz awang & bagus yg ikut turun bareng (by : juanda)

Selasa, 9 april 2013. Pagi hari di Segara Anak

Kawan kawan belum terbangun saat langit sudah cukup terang tuk beraktivitas. Gw terbangun, teringat pesan bang Husnan,perjalanan pulang melalui track Senaru tu panjang, paling baik meninggalkan Segara Anak sebelum jam 8 pagi, karena perjalanannya bisa memakan waktu 8 – 10 jam bahkan 12 jam. Pukul 06.00 pagi gw dah beranjak, dan kerana yg lain belum terbangun, gw, ade, donie, dan beberapa kawan yang lain menuju air terjun dan aik kalak, mandi bentar dan mengambil sejumlah air di sumber mata air untuk persediaan masak pagi itu dan bekal perjalanan pulang. Pukul 08.00 pagi kami kembali ke camp dan nampak kawan yang lain sudah mulai beberes, tapi masih sambil bersantai santai, hingga akhirnya pukul 10.00 siang kami benar benar baru meninggalkan Segara Anak. Hal ini yang pada akhirnya membuat kami baik tim yang di depan, di tengah dan dibelakang kemaleman di jalan, bahkan tim terakhir baru tiba di pintu rimba senaru pukul 00.00 tengah malam. Perjalanan melalui senaru track memang panjang, tapi sajian pemandangan yang ada menjadi penyegar bagi mata yang memandangnya


 
diawali dengan menyeberangi sungai dari segara
Trek dimulai dari menyusuri segara anak, kemudian trek menanjaki bebatuan menuju Plawangan Senaru. Dan pemandangan Segara Anak dari ketinggian di plawangan senaru nampak cantiiiikk banget. Bahkan dari Watu ceper atau dari track dibawah pelawangan senaru aja udah nampak indahhhh banget. Cuman tetep harus waspada, karena trek yang dilalui adalah bebatuan dan di beberapa titik pengaman yang diberikan sudah rapuh sehingga, resiko itu tetep ada. Jadi keep watch out aja, jangan sampe keasyikan menikmati pemandangan tapi terperosok ^^.  That why juga kenapa disarankan mulai start trekking dari segara anakan pagi-pagi, selain karena perjalanan menuju pintu rimba lama, diharapkan kalo berangkat lebih pagi, waktu sampe di Plawangan Senaru masih cukup siang dan pemandangan segara anakan bisa dinikmatin sepuasnya dan seluasnya tanpa terganggu oleh kabut yang sering turun menutupi segara diatas jam12.00 siang. 

Jadi inget waktu kami ditengah jalan sebelum mencapai plawangan senaru. Sebelum sampe di watu ceper,”beuuh… subhanallah…. Gila, cantik banget… foto dunk foto dunk..” kataku pada yang laen waktu di tengah jalan di atas bukit yang cukup datar. Pemandangan  segara anak yang nampak dari ketinggian keliatan sempurna banget, berkombinasi dengan gunung anak jari. Yang laen ikutan terkagum kagum, ade, bang cempe juga keliatan amaze. Gw sumringah banget, moto jeprat jepret, berhenti sejenak, sambil menegak sedikit air, sembari menikmati pemandangan yang ada. Mencoba menghirup udara segar di sana. Subhanallah… subhanallah. Gw ama ade ama bang cempe terkagum-kagum, bang husnan cuman senyum simpul aja, nampak kayak udah biasa gitu liad yang kayak gini, cuman senyum liat kenorakan kami bertiga. Tenang… ini belum seberapa, ntu masih kehalang po’on, entar di atas lebih bagus lagi…” kata bang husnan cuek santé sambil pegang rokok ditangan ^^” Mata gw melotot,”apa?ada yang lebih bagus?? Gila… ini aja udah bagus buuaanggeeed… masih ada view yang lebih bagus?? Woooh, dewo mesti..” kataku (sedikit alay). .” iya, tenang aja, entar di Plawangan Senaru.” Kata bang husnan. Kami beristirahat sejenak, melangkah lagi, berhenti sesekali hingga akhirnya tiba di Plawangan senaru. Waktu gw liad view nya…”beuuuhh…. Iya bang… ‘di sini lebih bagus’, ‘cantik’ bangettt… awan semua…. -_-“ “ kataku menyindir abang. Abang tersenyum, cuek, dan lebih sibuk menyalakan rokok (lagi?) ditangannya. Kami terlambat datang, segara anak udah ketutup ama awan yang turun siang itu, ah… kurang beruntung saja. Eh, tapi bagus koq, sungguh. View di rinjani, gak ada yang gak cantik^^

 
by bang husnan

by ade,bangGondrong


Pukul 13.30 kami tiba di plawangan senaru, menyempatkan istirahat sejenak, minum air rasa, dan gresek2 sampah nemu buah, makaaannn….. sumpah, baru kali ini gw ngrasain jeruk ama nenas enaaaakkkk banget, seger rasanya. Tapi jangan ditanya dari mana, gw si nganggepnya gw dikasih ama bang cempe. Tapi tau bang cempe nemu dimana??. Gw perhatiin bang cempe, nampak sibuk tengok-tengok tanah disekitaran plawangan sembalun, berhenti di satu sudut, menundukkan tubuh, berjongkok, dan tiba-tiba memungut sesuatu dari tanah, membalikkan badan, kemudian nampak membersihkan sesuatu yang ada di tangannya.” Ada air gak??” Tanya bang cempe ama ade yang kemudian oleh ade disodorkan botol minum kami. Dibilasnya benda berpasir yang ada ditangannya. Kemudian dimasukkannya kedalam mulut, mengunyah segar, dan disodorkan beberapa sisanya pada kami,”enak ni, coba aja…” mata gw menyipit,jeruk ternyata..”ih… bang..??” kata gw ragu, ade sama bang husnan langsung terima aja jeruk pemberian bang cempe dan memasukkannya dalam mulut, muka mereka langsung nampak cerah. Gw dengan ragu nerima pemberian abang. Sepotong jeruk. Gw masukin ke mulut,masih ragu. Mengunyah, dan tiba tiba langit terasa cerah…”ih… enak bang… maniss….” Kata gw terus ketaw ngakak. Sumpah, itu enak banget banget banget. bang cempe balik arah lagi, mencoba mencari cari apa yang bisa dimakan di situ.”De’.. loe ada pisau..?” Tanya bang cempe lagi setelah menemukan ‘sesuatu’ lagi, kuning. Ade dengan sigap mengeluarkan pisau lipatnya. Gw ngamatin lagi.damn, nanas, bahkan itu tinggal bonggol pangkalnya aja. Dibersihinlah tu nanas pake air dikit, abiz tu dipotongnya bagian yang masih bisa dimakan,”ni.. coba..” kata bang cempe setelah mencobanya sendiri, hanya beberapa potongan kecil tapi lumayan buat ngilangin dahaga dan lapar sekaligus. Abang satu ini bener2 ‘penemu’ kita, dengan hebatnya bisa nemuin makanan segar2 buat kita. Well, Rinjani tu memang gunung nya bule, banyak banget bulenya. Dalam 5 hari perjalanan, almost yang kami temuin adalah bule bule entah dari Australia, perancis, kanada, swedia, ato lainnya. Dan biasanya bule-bule ini naek bawa porter, kayak udah pake paket mendaki gitu, all in udah ada guidenya, porternya (ato porter merangkap sebagai guide), tinggal ndaki,semua barang dibawain porter, tenda dipasangin, makanan disiapin dan dimasakin, enak to. Dan biasanya kalo makan itu ada desertnya, tergantung paket yang diambil ada pilihan menunya, dan desert favorit di Rinjani adalah Nanas, ya bisa juga ada apel, jeruk, pir, tergantung pilihannya. Nah, inilah yang jadi keberuntungan bagi kami (beruntung?), biasanya kalo abiz ada bule istirahat tu biasanya ninggal sampah kayak gitu, sisa2 buah, nanas sisa dan bang cempe bisa menangkap hal ini dengan baik. Kata bang cempe,” ini pasti abiz ada bule istirahat di sini siang tadi, masih segar buahnya..” kata bang cempe masih sambil liad liad tanah di sekitar plawangan senaru. Gw cuman bisa ngakak ngakak… gw berasa dia kayak detektif deh.  ok lah, lumayan. Bahkan saat kami akan beranjak meninggalkan plawangan senaru, bang cempe masih aja gugling gugling tanah, ade sampe ikut-ikutan, dan lumayan mereka dapet bumbu mie instant,” lumayan entar buat masak mie di pos ekstra, bisa tambah rasa rasa…” kata ade. gw tepok jidat, bang husnan masih nampak cool, dengan rokok disela jarinya (kayaknya dia udah terbiasa dengan orang2 aneh seperti ini). 

awaaaan... bawa aku terbang

Pukul 14.30 kami tiba di pos 3 ekstra, istirahat sejenak, berfoto-foto, shalat dhuhur ashar, dan makan siang dengan mie rebus banyak kuah banyak rasa. Ini penting ya minuman rasa tuh. Selama mendaki, bukan cairan aja yang keluar, tapi elektrolit elektrolit tubuh banyak yang hilang melalui keringat (coba deh rasain keringetnya masing2, asin kan), itu maka gak cuman perlu bawa air aja, tapi juga perlu tu bawa minuman rasa, ato paling gak, bahan untuk bikin minuman rasa kayak extrajos, nutrisari, ato yang bubuk sachet2 gitu, ato bisa juga dengan kuah mie rebus, lumayaaan buat rasa-rasa.



foto sejenak


Berbeda trek dari segara anak ke plawangan senaru yang menanjak mendaki bukit, dari plawangan senaru ke pos tiga trek yang dilalui adalah jalur menurun, turun bukit, dari pos 3 hingga pintu rimba senaru trek menurun tapi cenderung lebih datar melewati hutan senaru. Ini bagian yang agak serem. Sebenernya gw gak suka ceritanya, karena gw takut, tapi realitanya gitu sih, kawan-kawan yang dapet jackpot bonus liat’ macem-macem’, gw Alhamdulillah gak perlu liat dan merasakan yang aneh-aneh. Cuman gw takut gelap, udah itu doank. Gw nyaris mo nangis waktu mo nyampe pos 2, gara2 bang cempe ama bang husnan udah jalan agak jauh gak nampak, dan gw cuman berdua ama ade,gw di depan dan ade dibelakang, headlamp dikepala udah gak terlalu terang dan pengelihatan gw udah gak jelas. Gw cuman bilang ama ade,”De’… loe cerita lagi donk, biar ada suara… gw takut ni” kataku ama ade. Ade cerita panjang lebar, apa aja, gw dengerin,lebih bisa mengalihkan rasa takut gw. hingga akhirnya gw liat bang husnan dan bang cempe udah duduk di pos 2. Gw teriakin bang husnan,”huaa… bang husnann…. Jalannya jangan cepet2, qt berempat jalannya bareng aja yah…”kata gw setengah mo nangis, gw berasa kayak bocah umur 5 tahun, tapi sumpah, gw takut gelap pun dihutan. Hutan meeen.. Bang husnan bang cempe nampak santai, ade yang sampe ama gw tiba2 diem, gak keliatan kayak ade biasanya,” loe kenapa De? Capek ya… istirahat dl gi bentar.. loe cedera…?” Tanya gw. Ade tetep diem, cuman ngomong dikit,”kagak koq… gak papa, entar deh gw ceritany nanti aja.” Kata ade yg bilang gak papa nya kayak ada apa-apa. “adee…. Semangaattt!!! Bang husnan, bang cempe Semangattt!!” teriak gw. langit semakin gelap, ditambah suara suara hewan yang gak jelas, bikin suasana makin serem, kami berjalan berempat beriringan dalam diam,sesekali ngomong, tapi diam lagi, laamaa. Sesekali gw teriak dari belakang,”bang…slow bang..slow bang..” waktu bang husnan berjarak agak jauh di depan gw, yang kemudian dia melambatkan langkahnya lagi dan kami jalan beriringan kembali. Malam makin pekat dan langkah semakin melambat, lebih berhati-hati dalam melangkah ditambah gerimis mulai mengguyur.sometimes waktu gw liad batu pembatas kilometer yang menunjukkan kurang berapa kilo lagi qt jalan, gw teriak..” wa… kurang 2 km lagi.. ayoo… semangatt… mie ayaaammm tunggu gw..” kata gw menyemangati diri sendiri, sekaligus menyemangati yang lain… “aseekkk… abiz ini makan bakso…” kata ade. Kalo bagi gw motivator gw adalah mie ayam, bagi ade motivatornya adalah bakso.. udah dari awal bang husnan cerita kalo di basecamp senaru banyak penjual, ada yang jualan bakso, jualan mie ayam, bahkan meskipun udah malam. Bang cempe janjiin gw mo biking w kolak (gara2 waktu kami ninggalin segara anakan nglewatin camp anak Malaysia yg lagi makan kolak). Bang cempe,”entar deh gw bikini kolak, tapi dengan syarat kalo ada yg jual kara santan sama pisang ya…” kata bang cempe ke gw. “wa.. bener lho bang, janji!!! Aseekkk.. kolaaakkk, tunggu gw..” kata gw semangat. Malam semakin malam, gerimis nampak tak menjanjikan untuk berhenti, hingga akhirnya dari kejauhan nampak plang tinggi di jalanan setapak, nampak pula sebuah gubuk kecil di dekatnya..” alhamdulillahhh…akhirnyaaa….sampeeeee….” seneng  banget rasanya. Pukul 20.00 kami tiba. Dan tepat setelah kami tiba, hujan tiba2 mengguyur, deras.  Bersyukur banget, pas dah sampe, jadi gak kehujanan. Kami cuman mengkhawatirkan kawan kami yang ada di belakang,berharap semoga gak ada apa-apa, semoga headlampnya and senternya masih pada nyala terang, moga gak kehujanan, moga persediaan makan dan minumnya cukup, moga baik-baik saja lahh. Dan terpaksalah kami memutuskan untuk menginap di pintu rimba senaru (bukan di basecamp senaru yang berjarak 30menit kedepan), menanti kawan kawan yang ada di belakang. Bang husnan mengetuk satu satunya gubuk yang ada di pintu rimba senaru, membangunkan seorang bapak tua yang ternyata sendirian  di situ (ihh, serem deh), memesan teh hangat dan 4 pop mie rasa soto…sluuurrrpppp, subhanallah, nikmatnyaa…… meski bukan mie ayam atau bakso, pop mie rasa soto malam itu terasa nikmat…. Lega rasanya…

Malam itu kami habiskan berempat dengan ngobrol2 sembari menghangatkan diri dengan teh hangat, kacang atom, dan pop mie rasa soto, dan tentunya rokok rokok yg paling penting buat bang husnan ma bang cempe. Ade akhirnya cerita kalo ternyata dia tadi merasa drop tiba tiba karena melihat….****, katanya,”gw ngerasa tiba2 ngedrop tadi.. rasanya ngedrop banget, lemes gw” bang husnan lihat yang lebih hebat lagi, tapi dia tetep aja cool. itu yang bikin bang cempe sempet dari kejauhan neriakin gw ama ade dibelakang buat berhenti.waktu di hutan,”De….. berhenti De.. loe ama bu dokter diem dulu.. stop..” kata bang cempe dari kejauhan yang cuman kedengaran suaranya, tapi gak keliatan wujudnya. gw ama ade yang semulanya jalan, berhenti ditempat. Gw pegang lengen ade, takut bok. Gw berbisik,”emang kenapa De..?” Tanya gw ama Ade. Ade siaga,”gak ngerti…” terus teriak,”emang kenapa bang??? Luthung ya..?” Tanya ade teriak ama bang cempe. “ude.. loe pade diem aja dulu….jangan bergerak” jawab bang cempe. Ade ngeluarin tongkatnya (tongkat patah, nemu ß gresek2 jg nie orang :p ), waspada kalo kalo ada luthung nyerang. Lama kita diem dalam waspada, ada 10 sampe 15 menit sampe akhirnya bang cempe kasih instruksi buat jalan. Waktu gw nanya,”emang tadi ada apaan bang..?” kata bang cempe,”haha… itu sih si gemok lagi kencing..”. gw,”hua.. sialaan, masak gara2 bang husna kencing aja kita disuruh berhenti, nakut2in orang tauk…” kata gw. Bang cempe ketawa, bang husnan ketawa dg cool.” Kagakk… tadi kalo kalian jalan, mungkin bisa terjadi apa apa.. makanya sama si gemok disuruh berhenti…”terang bang cempe meralat (selalu aja ngerjain orang).gw balik melirik bang husnan berusaha mengkonfirmasi. Cuman bang husnan yang gak suka boongin gw. Bang husnan diem aja, sok cool.” enggak, gak papa koq… yang penting aman kan..” jawab bang husnan santai. Pagi harinya baru gw tau kalo bang husnan abiz liat yang seremm banget gitu lagi lewat, makanya nyuruh kami berhenti karena ditakutkan terjadi apa2 sama kami. Gitu. Yang lain, liat nya macem2, ada yang malah kayak disenterin dikasih penerangan. Ada yang malah ngajak ngobrol -_-“. Kata bang gepeng,”wooh… hantu nya baik2 gitu koq..” ok… ngikut aja, tiap makhluk punya dunianya masing masing, saling menghargai aja satu sama lain… ^^


Lega akhirnya semua sampai dengan selamat, dan paginya kami melanjutkan langkah ke basecamp senaru, bebersih, beli merchandise, dan siap melanjutkan perjalanan menuju Gili Trawangaaannnn…..

dijemput dengan pickup yang sama

bang gepeng girang dpt tuak gratis separoh derigen dr p'supir
 









2 komentar:

rinjani trek mengatakan...

maksih banya gan

rinjani trek mengatakan...

bagus bang