Rabu, 24 April 2013

Kiluan Bay (part 1)


Kiluan Bay
Matahari jingga menerangi senja kala itu, sunyi, sendiri, aku merindukanmu…” - dee, kiluan230313

Gw bingung mo nulis ceritanya gimana. Udah satu bulan yang lalu berlalu, jadi gw agak speechless ceritanya. Bentar, gw buka diary dl… (selang beberapa waktu)
Jumat, 22 Maret 2013
Pukul 17.00 waktu Indonesia bagian Jakarta utara. Gw berkemas dan langsung berangkat naek trans jekardah menuju meeting point yang udah disepakati Terminal kalideres. 2 jam perjalanan menembus jalanan sore kota Jakarta yang ramai padat. ah, gw gak suka suasana kota gini.  Pukul 19.00 gw sampe di terminal kalideres, tengok kanan kiri, ketemu pos polisi dan tak lama ketemu juga sama temen tripnya. Ok, untuk perkenalan aja ni, gw ngikut open tripnya orang. Namanya ardha prasetya, anak metro tv, selebihnya gw juga gak kenal, ngasal aja ikut trip, kenal strangers gitu kan seru. Berkenalan dengan tiga orang yang juga akan join di trip ini, seorang kenalannya ardha,  Baim, Indera, Lusi ketiganya anak Binus 2006, lalu muncul Reza ikut trip seorang diri anak ITB 2007, lalu muncul sekawan Chinese anak2 UPH (masi kimcil2 sih, angkatan 2009/2010 gitu) hingga terakhir si ardha yang ng’Lead’in’ dateng. baru kenal beberapa detik, udah hahahihi gak jelas, terutama sama trio baim indera lusi yang orang-orangnya nampak easy going, berawal dari kenalan basa-basi truz ngoceh aja ngasal gitu.
Di bis menuju pelabuhan merak, gw duduk ama reza, itupun karena gw suruh,”eh.. loe sendiri? Sini gih… sebelah gw kosong…” kata gw cuek. Ni orang nampak cupu, makanya gw cuek aja ngajak duduk sebelah gw, biar ada temen ngobrol juga. Kenalan ulang,”nama loe reza? Pasaran banget ya.. gw tutut, loe orang mana?” Tanya gw langsung ceplas ceplos.orang pendiem kayak gini, harus terus diberondong pertanyaan, biar suaranya keluar. Ternyata si reza ni orang aseli aceh, kuliah di ITB 2007 (gw lupa jurusannya apa), udah lulus setaon yang lalu dan sekarang lagi stay di jakarta prepare mo ambil beasiswa ke luar negeri (bisa ketebak orang macam apa, studyholic, cupu, smart, little weird). Abiz gw berondong banyak pertanyaan, akhirnya ngalir juga cerita diantara kami berdua, banyak, panjang lebar, ngomongin politik, ngomongin antimainstream dan antikemapanan yang sama-sama kita pilih.”gw kuliah di ugm (gw gak nyebut jurusan si, males bawa2 profesi), sekarang sih lagi ngamen2 aja di bogor (gw gak bohong lho), males gw mapan kerja… belon pengen aja. Enakan gini, bisa liburan sesuka hati kapanpun..to..lha elo sendir kenapa gak kerja?”kataku.jawabnya,”gw abiz lulus sempet kerja sih, ikut2 proyek gitu, tapi abiz itu keluar, gak cocok aja. Gw masih pindah2, gw aja pernah numpang ngKos sama temen gw, gak punya duit. Males gw mo kerja. Sekarang gw mo nyoba ikut beasiswa sekolah keluar negeri aja deh.” Gw manggut manggut,”oooh…” . truz si reza nyambung cerita,”temen2 gw udah banyak sih sekarang yang mapan, yang udah kawin juga banyak.. gw mah males, masih muda harus komit, ngurusin anak istri, kerja buat nyari duit ampe sore..” gw angguk-angguk. Anti komitment juga ni orang. “ah, sama, temen gw juga udah banyak yang kawin, yang punya anak aja banyak..gw gak bisa bayangin tu, tiap hari ngurusin anak, idup kagak bebas. Enakan gini, masih single, have fun sesuka hati… kemana mana sembarang” kataku. Reza mengamininya,”mumpung masih single… dipuas puasin seneng-senengnya…”. Obrolan kami terus berlanjut hingga rasa kantuk menghinggap. Hoaaam, dan semua tertidur pulas masing2 di masing2 bangku.
Pukul23.00 pukul 11 malam kami tiba di pelabuhan merak, beberapa menit menunggu kawan lainnya. berkenalan dengan Rendi dan pacarnya Okta yang keduanya terbang dari Surabaya, berkenalan dg Uci dan pacarnya Arip yang berasal dari Jakarta, dan dengan beberapa kawan lainnya. Setelah briefing sebentar dan doa bersama tanda resmi kami memulai trip, kami berangkat. Menyeberang dengan kapal ferry menuju pelabuhan bakauheni Lampung.
4 jam perjalanan menyeberang dari Merak ke Bakauheni. Pukul 05.00 pagi hari sabtu kami telah tiba di Bakauheni, dijemput oleh 4 mobil sewaan dan langsung tancap gas menuju Kiluan.
Kiluan sendiri terletak di Kecamatan Kelumbayan kabupaten Tanggamus . total perjalanan adalah sekitar 4-5 jam perjalanan. Kami sempatkan sarapan pagi di Pantai Klara sembari menikmati suasana pantai di pagi hari. Masih bersiiih, lautnya tenang, udaranya segarrr, dan damaaiii
Sarapan nasi padang (huaa.. porsinya gede banget). satu yang agak gw kecewain dari panitia adalah,”nyampah!!’ ah, gak suka gw. Waktu anak-anak yang lain taroh sampah sembarangan gw,uci, ma seorang berinisiatif buat dikumpulin, maksudnya tu abiz dikumpulin dibawa pulang, eeh, sama panitia ditinggal gitu aja di Pantai. Terlaluuuu… kecewa ah gw. Jangan dicontoh ya kawaaann..
  



Pukul 10.00 pagi akhirnya tiba di Kiluan. Medan menuju ke sana ternyata tidak mudah bray. Jalannya, masyaallah, huancur total. Waktu gw Tanya sama pak supir,” ini emang belon dibikin jalan ya pak??” jawab pak sopir,” oooh… udah rusak mbak..” what? Udah rusak, parah bener kayak gini, kayak belum dibikin jalan. Gw cuman gak bisa bayangin gimana kalo lagi ditengah jalan ban pecah, resiko gede banget lho, dan kerennya mobil2 yang kami tumpangin cuman mobil mpv biasa semua, supir e dewoooo. Udah jalannya rusak parah, medannya belak belok naek turun, apalagi waktu mo masuk desa kiluan,udah medannya turun terjal jalannya cuman batu dan berpasir. Apa gak deg-deg serrr tuh kegelincir. Beuuh. Tapi Alhamdulillah sampe dengan selamat. Liat muka si bapak yang dari tegang jadi tenang bikin gw bisa nafas dengan lega. Dan setelah dipikir2, ini mungkin bisa jadi salah satu yang bisa jaga kiluan dari tangan2 kotor manusia, sulit access, sehingga gak semua orang bisa ke kiluan. Cuman mereka yang punya tekad kuat dan bulat saja yg bisa sampai ke kiluan (alay).
Pemandangannya dari jauh aja udah Nice bangettt.waktu liad dari ketinggian dan kejauhan, laut kiluan tu cantiiiikkk banget, biru, tenang…
Mobil tiba di sebuah perkampungan kecil. Kami turun, dan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki menuju rumah warga yang menjadi tempat kami bermalam.. melihat rumah rumah panggung yang berada di tepi pantai gw berpikir,” enak kali ya idup di sini, damaiii, ademm, tiap hari yang diliat pantai”. 


Setelah beristirahat sejenak, kami melanjutkan perjalanan menuju sebuah Laguna. Trekking dikit mamen, cuman 30 menit sih dari rumah singgah kami, naekin bukit, turun bukit hingga akhirnya nimbus ke sebuah pantai!!!!! Dan entah kenapa, gw keinget pantai di Nusakambangan, mirip juga rupanya kayak gini.

Menyusuri tepian karang pantai menuju laguna. Medannya biasa aja siih, cuman harus hati-hati aja. Karang book. Dan hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk tiba di Laguna…. Aiih, sayang, udah jarang ujan dan ombak gak terlalu gede, jadi air yang ada di laguna tak terlalu banyak, tapi teeteeep masih dalem dan bikin gw yang pendek isa tenggelem. Satu hal yang WAJIB dilakuin waktu di Laguna adalah TERJUN BEBASSS… yuup, terjun dari salah satu karang ke dalam laguna itu sensasinya luaarr biasa. Well, cuman dari ketinggian 4 meteran si, tapi tetep aja, tinggi. Satu persatu pade mulai mencoba, leadernya si Ardha langsung terjun bebas tanpa pikir panjang, byuuuurrr…. Seru kayaknya. Disusul baim, indera, dan cowok2 yang laen. Beberapa banyak yang ragu,” ni posenya gimana? Itu dalem gak? Dari mana?eh, kamera ready donk…” seru anak-anak tiap mo loncat. Byuurr… byuurrr, byurrr, satu persatu terjun dengan posenya masing2, yang gagal pose, gak ketangkep kamera, naek lagi, terjun lagi (nagih kaayaknyaa…). Yang lucu adalah waktu gilirannya Ucy, pengen terjun tapi ragu, udah maju, mundur lagi. Dari ketinggian teriak,”eh.. beneran ni gak papa??” tanyanya dari atas. Anak-anak yang udah ada di laguna nungguin, q yang ada di karang seberang nyemangati. Semuanya pade teriak supportin Ucy,” ayo Ci.. udah loncat aja…” Ucy ragu, siap2 maju, udah berada di ujung karang, mo loncat, semua diem,”ehh.. gak jadi denkk..” doennkkk, yang laen udah nunggu2, eh kagak jadi. “tinggi bangeettt…. Gimana nich..??” kata ucy ragu. “ udah,loncat aja, gak usah diliat..” teriak salah satu. “udaaah… keburu lebaran.. cepet loncat” teriak yang laen. Uci maju mundur lama banget, ragu-ragu, mo maju tapi mundur lagi, udah mo loncat, gak jadi lagi.. lama banget, sampe anak-anak nyletuk sana sini.”keburu lebaran ci.. udah loncat aja. Gitu aja repot…” Ucy masih ragu, yang laen masih merhatiin, yang laen renang2, sebagian naek lagi, terjun bebas lagi. Uci masih di atas, hingga akhirnya, “gw loncat ya…” kata Ucy, yang laen merhatiin lagi,”iya… loncat gi.., masak mo tidur di sono..” dan BYuuuuuurrrr…. Akhirnya, loncat juga si ucy… gak lama, muncul juga dia dari permukaan.. muka Ucy nampak cerah muncul di permukaan.
waaahhh, seru nich kayanya… gw tiba-tiba aja pengen. “eh… kalo gak bisa renang boleh terjun gak?” tanyaku pada ardha. “ boleh.. terjun aja. Toh ada anak-anak di bawah koq, entar ditolongin” kata si Ardha. Gw liad ke laguna, merhatiin anak-anak yang lagi renang2,” eh.. gw mo loncat ni, gw ditolongin ye, gw gak bisa renang..” . “ ude.. loncat aja loe, entar kite tolongin koq…” jawab si indera. Gw setengah yakin, tapi tetep berdiri, jalan melangkah ke karang tempet ngloncat. Sampe di Karang,”busyettt.. tinggi amat ya?” gw tiba2 ragu, kaki gw nggeter, brr.. serem juga ya… hmm. Ragu. Ucy yang udah di di laguna neriakin gw,” loncat tut… ayooo semangatt..” ucy nyemangatin gw. Gw ragu. Ternyata ini yang dirasain Ucy. Tapi gak mungkin kalo gw gak loncat.”gw loncat dari sini boleh gak??” Tanya gw. “ udah, sembarang aja.. dari situ juga boleh” gw maju, ngeliat laguna dari ketinggian. Ragu. “eh… kalo dari sini boleh?” kata gw lagi pindah posisi. “udah, loe loncat ajaa..” teriak yang lain. gw liat anak-anak masih ada di dalem laguna. Gw denger ada yang teriak,”eh, pade jaga di bawah gi, tutut gak isa renang tuh..” gw merasa yakin. Ya paling gak ada yang njagain klo ntar gw tenggelam. Gw masih cari-cari posisi, gw njongkok,”eh.. loe jangan jongkok, loncat aaja berdiri,malah bahaya lho ntar..” teriak seorang yg ada di bawah. Gw berdiri lagi, gak lama, tarik nafas, dannnn tiba2 aja gw udah terjun… Byuuuurrr, cuman beberapa milidetik di udara, dan langsung masuk ke dalam air, gw berusaha nebak-nebak dasar laguna tapi gak nyampe, gw berusaha keluar ke permukaan tapi gak bisa. Kerasa air laut yang masuk kemuka mulut idung gw, dan tiba2 tangan gw dipegang sama seseorang, kenceng, gw keluar dari permukaan. Tangan indera, haahhh…. Gw masih berusaha ngluarin kepala di udara.”udah, aman koq, aman…” kata si indera sambil ndorong gw ke arah reza ke laguna yang lebih dangkal,tangan gw ditarik ama si reza.”dah dangkal koq tut..” gw bangun, eh, ternyata bener udah dangkal. Haaahh, legaaa, basah semua dari ujung kepala ke ujung kaki. Sensasinya luarr biasa banget… bt gw yang takut ketinggian, itu luarrr biasa banget. udah dua kali gw terjun bebas ke air gini, yang pertama waktu di Green Canyon dari ketinggian 6 meter dan yang pas di laguna ini. Must to Try banget Terjun Bebas ke Laguna Kiluan!. ( to be continued)









Tidak ada komentar: