Kamis, 25 April 2013

Catatan Perjalanan Rinjani (6) : 7 Bukit Penyesalan – When I lost my Passion


Catatan Perjalanan Rinjani : 7 Bukit PenyesalanWhen I lost my Passion

Satu moment paling berat selama gw naik Rinjani, tapi juga moment paling luar biasa, karena gw ngerasa saat gw kehilangan ‘sesuatu’ itu, tanpa gw sadar, gw nemuin ‘sesuatu’, dan gw bersyukur pernah ngerasain Moment ini
si embak kecapekan (by bang gondrong)

Melanjutkan perjalanan dari Pos 3 menuju Plawangan Sembalun adalah trip untuk hari berikutnya. Kata orang-orang, perjalanan dari Pos 3 ke Plawangan Sembalun tu termasuk yang terberat, karena harus menanjaki banyak bukit yang cukup terjal, dan treknya naik terus, gak ada yang flat. Ada yang bilang 7 bukit Penyesalan,meski waktu kutanya ke bang Husnan,”emang ada tujuh bukit ya bang?” bang husnan cuman ketawa,”haha, gak pernah ngitung aku… yang penting jalan aja..” . “ooh, iya ya bang, ok, semangat! Bismillah, Insyaallah bisa. “ kataku, menyemangati diri sendiri. Tapi kata Bukit Penyesalannya emang iya bener,eh, tapi tergantung orangnya juga si, tapi menurutku, bener2 bukit penyesalan. Bener-bener menguji mental! Apalagi untuk diriku yang baru pertama kali naek gunung (damn, dan itu langsung Rinjani? ngajak bercanda ni),
Just Not an Easy Way! Satu dua langkah ok,tapi setelah sekian langkah, Tuhaaann, tanjakan gak selesai-selesai. Kata orang, kalo naek gunung itu Pantang untuk Mengeluh, karena semakin mengeluh,akan semakin berat jalan yang dilalui, dan itu yang kucoba lakukan, setiap terasa capek atau berat gw usahaain istighfar,nyebut nama Tuhan,  gw semangatin diri sendiri, dan beruntung banget banget banget gw jalan ama orang-orang hebat, Bang Husnan and Ade. Karena tanpa mereka, gw yakin gw gak mungkin tembus plawangan sembalun. Mereka bener-bener ‘Ndakimate’ yang hebat, cheering me up, and so helpful. Apa lagi waktu udah mo mendekati Plawangan Sembalun, udah lebih dari tujuh bukit kami lewati rasanya, tapi kenapa gak sampe2?? Dan tiba-tiba aja gw kehilangan semangat. Capek si kagak, bang Husnan guide kami (abang kami lah lebih tepatnya) pinter dalam memanage langkah kami, kapan harus istirahat, kapan harus minum secukupnya, dan ngajarin untuk atur nafas and kontrol nafas dengan baik, itu yang bikin kami gak mudah kelelahan, langkah teratur, dan gak pegal. Tapi, mendekati pelawangan Sembalun langkahku makin melambat, makin sering minta istirahat. Ade yang akhirnya memilih terus melangkah bahkan udah sampe Plawangan Sembalun, sedang bang Husnan dengan sabar nemenin langkah gw. Gw gak bilang apa2 sama abang, gw cuman bilang,”bang istirahat lagi ya, bentar aja..” gw emang gak lama kalo berhenti, tapi sering banget minta berhenti, gw gak ngeluh, gw cuman pilih diem. Sampe di satu titik, gw berhenti. Bahkan waktu itu carrierku pun udah kulepas dan dibawa oleh bang Husnan.  Ade yang dah sampe atas pun akhirnya turun lagi buat bawain carrierku ke atas. Gw masih diem, tutup muka, gak berani sedikitpun gw ngeluh, tapi gw merasa ada yang hilang, something is gone, gak tau apa, gw cuman ngerasa ada yang hilang. Bang Husnan masih nyemangatin, Ade pun gitu, kata mereka,” loe dah hebat tut, udah sampe sini.. baru pertama kali naek langsung rinjani. ayo, semangat, loe pasti bisa… ayo bu Dokter” gw cuman tersenyum, itupun dipaksain. Kata ade,” udah gak bisa senyum ya…” gw makin meringis. Gw bangun dari duduk gw dan melanjutkan langkah. Gue teriak,”adee….. bang Husnan…. Semangat!!!!!!!” teriak gw yang sebenernya nyemangatin diri sendiri ^^. Bang Husnan udah ampe atas, dan Ade dengan baiknya mo megangin tangan gw sampe atas. Gw cuman pilih diem, diem ampe Plawangan Sembalun. Hingga akhirnya GW SAMPE PLAWANGAN SEMBALUN. Alhamdulillah, puji tuhaannn…. Arrrgghhh… gw gilaaaa….. rasanya pengen nangis, tapi cuman bisa teriak2. Nyuruh si Ade minjemin punggungnya, dan gua langsung nangis di balik punggungnya,”Ade…. What’s going on??? Gw Kehilangan Passion gw De… gw gak ngerti…. Gw gak capek, gw gak pegel, gw gak lemes, tapi ada yang hilang… passion gw hilang De…kenapa gw mau naik ni Rinjani…arrghhhh..” teriak teriak gw gak jelas. Si Ade cuman senyum, , bang Husnan malah sibuk nyari rokok ke porter yang kebetulan lewat (ih, si abang nich.). “ Ade… miscall in passion gw donk…arrghh… “  teriak gw. Gw ngerti sekarang kenapa dinamain Bukit Penyesalan, karena emang mungkin bakal nyesel loe naik Rinjani, just not an easy Way kalo boleh gw bilang. Dan kalo lo gak punya tekad yang kuat, gak bakal tembus tu Plawangan Sembalun. Dan gw beruntung pny ‘ndakimate’ yang hebat macam Ade and Bang Husnan. Gila, gw merasa gila ketika kehilangan passion gw sendiri.. Satu moment paling berat selama gw naik Rinjani, tapi juga moment paling luar biasa, karena gw ngerasa saat gw kehilangan ‘sesuatu’ itu, tanpa gw sadar, gw nemuin ‘sesuatu’, dan gw bersyukur pernah ngerasain Moment ini.

salah satu bukit di awal trekking bukit penyesalan. Trek yang naik gak henti-henti. 
Bukit penyesalan. Belum seberapa dengan yg lebih diatassnya lagi… gila

 



Setelah cukup mengambil nafas, teriak2, dan dapet support dari Ade dan Bang Husnan kami melanjutkan langkah, masih di Plawangan Sembalun tapi ke Lokasi Camp nya, gak jauh, cuman 500 meteran.

Tidak ada komentar: