Kamis, 25 April 2013

Catatan Perjalanan Rinjani (9) : Segara Anak (2003 mdpl)


Catatan Perjalanan Rinjani : Segara Anak (2003 mdpl)

“gw pernah ngerasain dunia hitam,tapi kalo gw boleh milih, gw lebih pilih hidup gw lurus lurus aj tanpa perlu ngerasain hidup gituan.” 
afit, 7 april 2013

Langit Rinjani nampak semakin cerah pagi itu, jam sudah menunjukkan pukul 07.00 pagi,tapi dingin dan anginnya puncak rinjani terasa sangat menusuk. Setelah puas merasakan sensasinya berada di puncak tertinggi ketiga di Indonesia dan berfoto-foto ria, kami memutuskan untuk turun kembali ke camp. Melewati track yang sama yang ternyata setelah nampak,”woow.. gila, serem ternyata track yang gw lewatin barusan.” Ini juga keuntungannya trekking tengah malem, treknya gak kelihatan dan menciutkan mental, kalo lagi naek liat trek kayak gini, beuuuh bakal terasa jauh jauh lebih berat.. haha
The rim, jalan yg kami lewati setapak berpasir tipis dengan kanan kiri jurang..woooh, ngeri. (alay)

The rim

Gak terlalu berat untuk menuruni jalan berpasir ini, tak seberat saat naik. Lebih enak lagi kalo sambil lari, lebih cepat katanya (skalian aja ngglundung). Dari jauh gw liat Bion ama Ade yang udah lari kaya ninja hatori nurunin bukit, cepet banget tu dua orang turun. 

Gw sama Aan (ok, balik lagi gw turunnya sama Aan), lebih memilih jalan santé, setengah berlari tapi gak cepet2 amat, sakit bok dikaki. Kawan2 lain yang pake sepatu si enak, gw yg agak kurang well prepare cuman pake kaos kaki and sandal gunung (yah, paling gak gw gak pake high heel lah ya) harus nahan sakit gara2 kerikil2 yang masuk ke kaki nancem2 gak jelas (aw, aw, aw). So saran gw kalo mo summit, pake sepatu! Dan ternyata jalannya jauh juga ya… 4 km jarak dari plawangan ke puncak, yang tentunya lebih cepet ditempuh saat turun (turun aja 3jam bok). Qta mah jalannya santé, sempet istirahat juga sambil minum2 dan ngobrol2, sama aan sama afit.. jiaah, jadi dengerin cerita idupnya afit, banyak menyimak. Sempet afit ato aan nanya,”emang alcohol tu bahaya ya bu dokter?” Tanya mereka, gw jawab aja,”stau gw dalam persenan yang rendah alcohol boleh dikonsumsi, pun salah satu efeknya kan menghangatkan badan. Ini bukan bicara masalah halal haram lho, klo itu mah udah tau sendiri. Klo gak salah gw juga pernah baca penelitian, alcohol dg persenan rendah punya efek positif bagi tubuh, cuman kan kalo diIndonesia persenannya gede2.truz minumnya terus2an banyak lagi. ya gak bro..?” Tanya gw balik. Yang dijawab anggukan sm afit truz gw dikasih tau bir bintang tu alkoholnya berapa persen, wiski berapa persen, gin berapa persen. Ah, lebih tau lah orang ni.  Waktu gw Tanya,” emang rasanya enak ya? Rasanya beda ya ama yg mahal ma yang murah?” truz kata si afit cuek,”ah… sama aja.. mana ada alcohol enak. Semua bikin panas di tenggorokan. Gw gak suka…”. Truz gw nanya lagi,”truz yang diatas tadi apa? Aer zam-zam ya?” Tanya gw penasaran sama minuman yg tadi di atas diminum sm beberapa kawan, gw pikir ntu aer zam-zam soalnya pake gelas kecil banget sih, bening lagi,pun minumnya pada cuman setenggak setenggak.  cuman gw sedih krn gw gak ditawarin (ah, mungkin emg bukan aer zam-zam). “ ooh.. itu mah gin… alkoholnya 45%, sebotol harganya sama kayak biaya trip rinjani qta. Tp gak enak juga koq, ya isa sih badan jadi anget,tp  panas ditenggorokan,nya tu lho gw gak suka” kata afit . gw mlongo,”woooh… muahal banget sebotol kecil gitu seharga entu?? Ckck” gw gak pernah tau barang2 gituan si apalagi harganya. Ah, harga bawang putih aja gw gak ngerti. Tp gw angguk2 aja,paham, mgkn emg bikin anget2, soalnya di puncak tu meski ada matahari, tapi dinginnnya puooollll. lanjut afit lagi,” gw pernah ngerasain hidup yg’kayak’ gitu, minum2, dunia malam, bla bla, tapi gw pilih balik ke jalan yang bener. kalo boleh milih, gw pengen hidup gw lurus2 aja dari dulu, gak perlu nyicipin idup kaya gitu..” hm… ya, ya, gw manggut manggut aja. Gw pikir lo ngomong kaya gitu karena lo pernah ngerasain hidup yg negative. tapi ok juga, nice quote.

Lepas istirahat bentar (enggak bentar denk, 30 menit lebih kali ya…) kami ngelanjutin jalan, yang medannya samaa aja, mbosenin, turun teruz dan kepleset teruz. Adoooh, jangan ditanya deh berapa kali gw kepeleset, tergelincir, jatuh, dan sebagainya, gak keitung… tapi seru! Gw aja sempet maen prosotan, mrosotin bokong dipasir tu seru rasanya… (sip, bokong tepos)
Pukul 10.30 kami udah sampe di camp site plawangan sembalun. Makan siang bentar, lanjut packing dan menyegerakan turun ke Segara Anak. Hari itu cukup berawan, tapi untung tak sampai hujan, sehingga perjalanan track kami dari plawangan sembalun- segara anak tak terlalu terasa berat, karena kalo panas mudah lelah karena banyak berkeringat, dan kalo hujan ya jelas licin dan dingin lah. Medannya pun tak terlalu berat, jalannya hanya menurun, tapi tak mudah karena turunannya bebatuan dan beberapa cukup curam. Seru sih, jalannya santai, jadi banyak ngobrol juga, sama bang ipang sama bang Cempe. Gw paling suka kalo ngobrol waktu lagi trekking, seru aja, denger cerita kawan, sometimes, and in manytime, gw banyak belajar dari hidup kawan.


eh ada jembatan
waktu mo turun segara anak


























Meanwhile waktu lagi istirahat di satu bukit menuju Segara Anak…
Gw menghela nafasss..” haah.. seruuu…” sejak dari puncak, gw gak pernah bilang capek.
Bang ipang,” abiz ini rencana mo naek mana lagi bu dokter…”
Gw meringis,” he… udah deh, cukup ini aja. Gw cuman pengen sekali naik gunung,dan cukup Rinjani..”
Bang cempe,” gak mungkin… naek gunung tu gak mungkin cuman sekali.. pasti bakal pengen lagi…”
Gw,”gak ah bang… gw mo balik mapan dulu ajah… ngamen ngamen…”
Bang cempe,”halah.. ngapain mapan… gak enak hidup mapan tuh..”
“iyah.. ngapain hidup mapan, mending kayak gini, naek gunung bareng kita… suami loe aja entar yg suruh mapan..” kata bang ipang mengamini..
“oh.. iya ya bang… mapan gak enak ya?? Hm… ya, ya..ok deh, biar suami gw aja entar yg mapan, gw ngikut kalian jalan2…haha” kata gw… yg ternyata kalo dipikir2 bener juga si kata dua abang senior ini. Ah, mereka pasti su lebih berpengalaman lah masalah kemapanan gini… hehe. Gw manggut manggut.

masih ada garis yg nampak, n tak dapat digenggam


Bang husnan tiba2 ikutan, sambil masih megang rokoknya di tangan,” hidup tu udah ada garisannya. Sudah digariskan seperti yang ada di telapak tangan. Tapi yang namanya garis hidup, tetep aja masih ada yg diluar itu kaan?? Ada bagian yang keluar dari garisnya.. kayak garis tangan ni, kalo loe genggem, masih ada bagian yg gak masuk dalam genggaman kaan?? Ya kayak gitu lah, hidup bisa aja keluar dari garisnya..” kata bang Husnan sambil menunjukkan garis tangan yg masih nampak meski sudah ditutup dengan 5 jejari.Sometimes, orang-orang kayak mereka tu bisa jadi bijaaaakkk banget. Manggut-manggut.

Setelah tiga setengah jam melangkah (berangkat jam 12.30 dan tiba di segara anak 16.10) sampailah kami di segara anak. Yeiiiey, akhirnya sampe! Bang husnan langsung bongkar carrier siap pasang tenda, ade siap dengan nestingnya siap masak-masak ( ßchef andalan nech),  dan bang ipang dengan semangatnya membongkar peralatan perang untuk segera menaklukkan ikan –ikan yang ada di segara anak (baca : mancing mania, mantaab!), gw mah bagian supporting aja, support bantu sana sini dan member semangat… “ Semangat yaakkk braderr…” :p . dan bang ipang emang bener ahlinya mancing! Pemancing handal dia bok, baru satu jam mancing udah dapet berapa kilo ikan mujaer tuh?? Mantab gilaaa…. Kita jadi party ikan bakar malem harinya


ikan bakar 'slundupan'

Dan ikan bakar malam itu adalah Luaarrr Biasaaa….. enak gila! (padahal masaknya di api unggun, passss di depannya tempat sampah -_-“ ) (harusnya disensor ni) . makan gila2an, sepiring berlima nasi hangat pluz tiga ekor mujair bakar (bukan pake piring denk, tapi pake kresek dirobek, truz ditaroh nasi sama ikan dijadiin satu becampur2, jozz). Dan waktu tim yang dibelakang muncul(kawan2 yang lain pada kemaleman, jam19.30 baru sampe), semua langsung panik,lekas-lekas diberesin, duri2 dibuang, pokoknya jejak bakar2 ikan dihilangkan ealaah, pada kayak pencuri aja seeh. Hehe… kagak enak aja si, soalnya kita bakar nya terbatas, tapi memang udah disisain ikan beberapa koq buat digoreng untuk kawan yang ada dibelakang. Mukanya udah pada kelelahan semua, kecapekan. Datang dalam keadaan sunyi, langsung buka tenda, makan bentar, tidur tenang. Inget banget gw doni paling cepet tidurnya (suara ngoroknya paling pertama terdengar). Diriku dan yg lainnya (ade, bang husnan, bang cempe, sama porter tetangga) memilih bertahan, di depan api unggun, berhangat-hangat sambil ngobrolin banyak hal. Ngobrolin apa ya? Dooh, lupa, pokok angeeett aja… :p


Tidak ada komentar: