Kamis, 25 April 2013

Catatan Perjalanan Rinjani (4) : From Basecamp to Pos 3 Sembalun Track

Catatan Perjalanan Rinjani : From  Basecamp to Pos 3 Sembalun Track

“usia hanya masalah angka. Yang terpenting adalah jiwa kita  yang selalu muda” Donie,5 april 2013

Pukul 05.00 wita 5 April 2013.  Satu persatu terbangun dan memulai aktivitas berkemas. Bagi-bagi logistic yang semalam dibelanjakan. Woooh, ternyata banyak juga logistiknya (damn, gw juga kebagiaan bawa logistiik?? Emaaakkk, tas ku aja ude berat, mo ditambah lagi?? Ya udah, pasrah. Masak yg lain bawa jauh jauh lebih berat aja bisa, aku yang bawa segini protes?? *ngikut).
(diatas pickup dalam hembusan angin pagi Lombok)


 Pukul 08.00 kami melangkah menuju Desa Sembalun, lokasi kami memulai start pendakian (Ada tiga jalur Pendakian Rinjani, Sembalun, Senaru, and Torean, yang paling popular adalah Sembalun dan Senaru, Torean sendiri jalurnya lebih susah dan gak bisa ke puncak dewi anjani. Kami sendiri memilih Jalur Sembalun untuk naik dan turun melalui jalur Senaru). Pickup melaju cepat menuju sembalun, angin terasa berembus kencang masuk dari jendela. gw banyak ngabisin waktu menikmati jalanan sembari ndengerin cerita donie, yg ade didepan bareng gw. "loe angkatan 2009? wooh, cilik yo..dua tahun dibawah gw. donk. gak nyangka gw, soalnya muka loe tua si" kataku..yang dijawabnya
,,"wooh, usia mah cuman masalah angka, yg penting jiwa tetep muda.." kata donie. gw manggut2 aja. lebih banyak dengerin cerita pengalaman dia naek gunung cerita hidup dia dan segala argumen dan teori2 yang dia punya, ," gw dulu pengennya jadi ilmuwan, pengen rekayasa genetika gitu, ngawinin ikan apa sapa apa, ngerekasaya gen hewan, blabla...gw udah pernah pelihara semua hewan, ikan, kucing, ular, biawak, pokoknya semua dah pernah gw pelihara deh." gw menyimak. ooh, penyuka binatang. truz gak lama, loncat cerita yg laen,"gw emang anak teknik, tapi dikit2 gw juga ngerti lah biologi2 gitu, " truz diteranginlah itu suatu teori apa ya?gw lupa, pelajaran biologi sma tapi dijelasin secara detail, gw bingung, udah lupa. truz tiba-tiba dia tanya,"lo dokter kan, harusnya ngerti donk kenapa darah itu lebih kuat mengikat CO2 dibanding O2? padahal jelas2 O2 yang kita butuhin truz kandungan O2 di udara kan dikit cuman berapa persen gitu... tu kenapa??" tanya donie. nie orang ngetes, ato beneran nanya, ato emang pinternya kebangetan? gw cuman bengong, adooh, itu pelajaran semester satu deh, gw lupa.. gw mengalihkan pembicaraan. mobil pickup memasuki jalan hutan, udah mulai naik, jalannya sempit berkelok dan beberapa udah rusak. udara menjadi terasa dingin, sedikit berkabut.tiba2 donie ngomong lagi,"gw buka gedean dikit jendelanya ya... entar, gw mo hirup banyak-banyak, kagak ada ni udara kayak gini di jakarta..." kata donie sambil ngirup udara dalem-dalem. gw cuman bengong aja, truz ketawa...udara semakin terasa segar waktu jendela mobil dibuka lebih lebar, gw tersenyum.. adem. setelah melewati jalan hutan yang gelap sedikit sinar matahari kami tiba disebuah ketinggian, kanan jalan nampak lembah berkabut kami disajikan pemandangan yang berbeda lagi, view desa Sembalun dari ketinggian..woooh. ..View di tengah perjalanan menuju Desa Sembalun aja udah bagussssss banget. Aku ama donie yang duduk di kursi depan mobil cuman bisa treak treak,”wuooohhh….. apiikkk pak! Dewo…… “
Desa Sembalun dari atas bukit, dari sini aja udah cantik bangett… (by bang gondrong)

Rinjani dari kejauhan. Dalam hati,”Rinjani, tunggu gw… gw janji bakal sampe ke puncak” (photo by donie)
Lepas registrasi di kantor perijinan pendakian (bener gak namanya?), kami memulai start pendakian. Agak nyolong start dikit si, yang biasanya pada mulai dari Pintu Rimba, kami start dari Bawak Nao, daerah sembalun yang artinya,”di Bawah Pohon Nao’. Diawali doa bersama, dan teriakan ,”Rinjani”, pukul 10.30 kami berangkat..
rinjani entry ticket, yg hrs sll dibawa

Preparing before leaving. Mastiin barang bawaan di Bawak Nao. Dari sini, gw baru tau kalo pembalut wanita punya fungsi laen, dan para lelaki-lelaki ini pake pembalut wanita!!!!damn, seriously??? Ooh, ternyata dipake buat bantalan di bahu dan dikaki, biar gak sakit katanya… hmm…..
sibuk make' pembalut


Seperti yang banyak orang bilang, Jalur Sembalun dari basecamp menuju Pos 3 adalah jalur bonus, jalur santai, jalur yang menyenangkan, karena track nya datar dengan sajian pemandangan padang savanna yang luarrr biasa cantik. Subhanallah, subhanallah, keren abiz, speechless gw. 

photo by my self

padang savana n hewan ternak (model : bang husnan^^)


Kami berjalan perlahan menyusuri bebukitan. sesekali turun melewati sungai kering,melawati padang savana lagi, dan kemudian menanjaki satu dua bukit yang agak tinggi
isirahat bentar setelah menanjaki sebuah bukit.
 
isirahat bentar setelah menanjaki sebuah bukit
Pukul 13.30 kami tiba di pos 2. Istirahat cukup panjang kami putuskan lantaran hujan deras mengguyur Rinjani siang itu. Brrrr, dingin. Untung ada yang hangat2 dari bung Ade ( chef kebanggaan tim kami nech). Menyeruput energen hangat, berbagi mie rebus panas, dan sedikit sesegar nanas pemberian seorang porter (sisa dari makanan bule bok, enaak ternyata) menyempurnakan kehangatan di dinginnya hujan.

Nice story came from a new couple from Surabaya who we met at dis post 2. Pasutri yang jauh-jauh dari Jakarta ni lagi honeymoon lho ke Rinjani. Owch, honeymoon di Rinjani?? Antimainstream bangett. Menurutku tu romantis banget, gila aja, orang honeymoon di hotel mereka naek rinjani??dewo… memilih untuk merasakan sensasinya bulanmadu di alam, berlandaskan bukit beratapkan langit bertabur bintang, nice. Dan waktu liat mereka shalat jamaah bareng d pos 2 dengan cuman beralaskan matras, ituu…bikin meltttt…….gw juga Mau deh entar honeymoon ke Rinjani… nha lhoo
 at post 2, menghangatkan diri n berteduh kala hujan datang mengguyur (by bang gondrong)

 
Pukul 14.00 , saat hujan mereda, kami melanjutkan langkah menuju Pos 3 Pade Balong dengan trek yang udah mulai sedikit menanjak di sana sini, tapi tetep, dengan view yang keren, jadi gak kerasa capeknya. Pukul 16.30 kami tiba di Pos 3, langsung pasang tenda, buka nest, masak-masak, sembari menanti kawan-kawan yang masih tertinggal di belakang.

1 komentar:

santridanalam mengatakan...

salam kenal dan rinduku tuk ke rinjani lagi