Kamis, 25 April 2013

Catatan Perjalanan Rinjani (8) : Summit Attack – di Atas Puncak Dewi Anjani (3726 mdpl)



Catatan Perjalanan Rinjani : Summit Attack – di Atas Puncak Dewi Anjani (3726 mdpl)

“gw Doain loe abiz Sampe Puncak, loe turun bakal ketemu sama jodoh loe..”
- aan, 7 april 2013, menuju puncak Dewi Anjani -

Pukul 00.30 waktu Indonesia rinjani 7 april 2013, terbangun dengan suara-suara kawan yang sudah mulai bergerak. Hoaaam, ngantuk, tapi gak sepenuhnya bisa tidur, h2c banget untuk summit hari ini. Pertama kalinya gw bakal summit. Dengan berbekal perut isi roti tawar oles susu kental manis coklat,kami melangkah. Semua udah prepare, well prepare, stok cairan sesuai kebutuhan, pake jaket dan penghangat tubuh secukupnya, pasang headlamp, dan pake koyo’ dimana2 (dibetis, diperut, diidung, dimana lagi??). malam kala itu tak begitu dingin, angin pun sangat bersahabat, cuaca cerah, dan langit malam indah bertaburkan bintang bintang. Gw yakin, Tuhan kasih ijin gw buat naik malam ini
.
Medan yang berpasir dua langkah maju setengah langkah mundur tidak menjadi masalah yang berarti bagiku di sepertiga perjalanan. Hingga setengah perjalanan pun kurasa tak ada beban ataupun rasa lelah, still enjoying everystep that I took. Rombongan yang awalnya jalan beriringan mulai terpisah satu persatu melangkah sesuai dengan kecepatan masing-masing., gw sendiri sangat beruntung banget ditemenin sama Aan, yang dengan baik hatinya mau nyamain langkahnya dengan langkah gw yang gak terlalu cepat dan panjang. Di awal awal sih masih bisa melangkah sendiri, tapi kawan mungkin melihatku yang sering terjatuh, terpeleset, dan selalu banyak langkah mundurnya daripada majunya akhirnya menawarkan bantuan. Giving their hand to help me is so touchable moment, huhu, gw terharu banget deh. Dan setelah setengah perjalanan lebih gw berusaha sendiri, akhirnya gw nyerah juga, gw kasih tangan gw ke kawan, dan qt akhirnya jalan bersama. kata Aan,” pegang tangan ku gi, gw bantu loe jalan..” gw cuman tersenyum. Dan sisa perjalanan tangan gw gak pernah lepas dari tongkat yg dipegang si Aan. banyak banget gw ngobrol sama si Aan selama jalan, well, kata Aan,”ayo… sambil cerita donk… biar gak gampang capek..” , batinku,”gila loe, kalo gw ngoceh mulu, yang ada gw gampang haus dan capek kali…” tapi ya udah,akhirnya qt ngobrol buanyaaak banget, ngobrolin tentang hidup gw, ngobrolin tentang hidupnya, dan ngobrolin apa aja, yang penting sambil jalan. Sesekali gw berhenti, duduk, atur nafas,minum setegakkan air, dan kembali jalan. Setelah gw pikir2, kawan gw ni kayaknya punya body baja deh, gimana kagak ya, masak, (1) cuman pake jaket selapis (padahal bagi gw ni duingin banget, udah pake 4 lapis baju termasuk jaket tebel dia- hehe, sori jaket loe gw mnt bro, tetep  aja gw kedinginan). (2) gak pernah ngos2an sedangkan gw nafas udah satu dua kayak orang mo mati, (3) tiap istirahat dia gak pernah minum (damn, loe kagak dehidrasi bro) dan ngocehnya tu lho, kuat2 banget dia jalan sambil ngobrol (gila). tapi mungkin emang kayak gini ya anak2 gunung, kayak abang2 yang laen juga yang udah terbiasa naek gunung, dan beruntung juga si ada orang kayak gini, bisa jadi superman bagi orang lemah kayak gw (eh, ralat, gw gak lemah, cuman gak sekuat dia ^^). Perjalanan masih panjang, gw pikir cuman bentar lho naek ke puncak, soalnya kalo diliat dari kegelapan tu cuman tinggal 500meter doank, Gw yakin Banget kalo Gw Bakal Dapet Sunrise di Puncak, tapi realitanya : damn, gw udah jalan kayaknya puluhan ribu langkah tapi kagak sampe-sampe juga. Udah lebih dari setengah perjalanan, bahkan lebih dari dua pertiga perjalanan tapi, tapi… (ah, gw kebanyakan tapi deh), makin ke atas, makin sering gw minta berhenti. Waktu gw nanya sama Aan,”entar ya berhenti dulu, tunggu ya dibelakang sekalian..” kata Aan,”kalo udah cukup istirahatnya, ayo jalan… kalo tunggu2an entar malah ngedrop sendiri mentalnya…” hm,,, bener juga si. “semuanya harus menyesuaikan irama masing2, soalnya di sini gampang banget orang ngedrop mentalnya, jangan sampe qt ikutan ngDrop”, hmm… gw angguk2, kata dia lagi di lain waktu,”medannya berat banget lho nich…” dan banyak banget yg diomongin, yang abiz gw pikir2,koq dia malah banyak ngomong hal2 yang negative si? Bukannya kalo naek gunung tu harus teruz keep positive thinking ya, “medannya berpasir gini.. banyak yang nyerah dan gagal sampe puncak..” what??, tiba2 aja gw protes,” An, loe koq ngomongnya nakut2in gitu si.. jangan ngomong yg negative terus donk, qt positif aja, qt pasti bisaa!” kata gw Semangat, dan si Aan cuman tersenyum.,”iya donk harus semangat, tapi kan gw gak mau jadi PHP-pemberi harapan palsu, gw bilang deket, ntar ternyata jauh..blabla..” , kata gw,”ya tapi gak dengan nyebutin hal yang berat2 donk.. entar malah kerasa berat beneran…”kata gw tetep gak trima.  jiaah, qt nya malah berantem ditengah jalan, untung kagak pake jotos2an. Kata Aan,”ya udah.. yuk jalan lagi..” dan lanjutlah kami berjalan.
 Langkah makin memendek dan satu persatu orang mulai nglewatin kami, terutama para bule. Gila, nie bule2, enak banget, kita semeter harus jalan tiga langkah, mereka cuman jalan selangkah, huaaa, cepet banget. Kawan dan beberapa abang yang lain yang mulanya di belakang udah dari tadi jalan jauh ampe atas. Gw liat si Ade ama Afit yang paling semangat ngejar Sunrise. Gw salut banget sama Passion tu dua orang, Semangat and Fisiknya Luar Biasa banget, buat mencapai Puncak Dewi Anjani Kebanggaan mereka. Sedangkan gw di Sini, hm, masih jalan setapak demi setapak, makin banyak berhenti dan nampak mulai frustasi. Bener kata orang, di Rinjani tu yang berat adalah di Bukit Penyesalan dan jalan menuju puncak dewi anjani. Sedikitpun gw berusaha gak ngeluh, tapi fisik dan mental gw gak bisa diboongin. Kata gw,”An, berhenti lagi dulu ya…” pinta gw setelah beberapa menit sebelumnya udah berhenti, dan siap duduk bentar. Kata Aan,”enggak.. enggak… loe gak boleh duduk, berhenti boleh, tapi gak boleh duduk..” kata Aan sambil narik badan gw biar gak duduk…”tapi,An..?” kata dia,”enggak bu dokter, bentar lagi sampe., ayo atur nafas, jalan lagi..,pegang tangan gw”, gw nurut aja, atur nafas, lanjut jalan lagi. Jalan rasanya semakin berat, tapi dalam hati gw bilang,”gw pasti bisa.. udah tinggal dikit lagi.. smangat semangat…”… gw liat temen2 gw yang dibelakang, semua masih terus meniti jalannya masing-masing. Bang Cempe,yang bahkan kena Cedera Lutut aja masih semangat jalan. Mungkin kalo dia gak cedera, udah ada di atas sedari tadi dia, tapi karena keadaan, langkahnya jadi beriringan ama gw ama aan. “ Bang, lutut loe gak papa bang??” Tanya gw malah khawatir sama abang. Bang Cempe cuman tersenyum,” tenang aja…gak papa..”mata gw menyipit, ngeliat jalan si abang yang terpincang pincang setengah menyeret kaki kiri,loe masih bilang gak papa bang???.”Loe Gila Bang! Loe bener2 gila!!!” kata gw yang teteeep,cuman dijawab sama senyuman dari si abang. Gw kagum banget sama orang kayak Bang Cempe ni, gak ngeluh sama sekali, cuman jalan-jalan, dan jalan ajah, berhenti kala dia butuh dan lanjut jalan lagi, meski dg terseret-seret.. dan ini salah satu yang motivasiin gw buat jalan lagi. Masak bang Cempe yang cedera aja bisa terus jalan, masak gw berhenti sih??
Gelapnya malam mulai menghilang seiringnya waktu berjalan. meski Bintang-bintang terang dan cahaya bulan sabit masih nampak bertengger di langit Rinjani, secercah cahaya mulai menyumbul dari horizon laut gili. “bentar lagi sunrise…..gw harus terus jalan..” kata gw dalam hati. Tapi realitanya, gw masih aja dikit berhenti, dikit dikit berhenti…”hukz.. hukz…” gw mulai sesenggukan,aan berhenti.”loe gak boleh berhenti tut.. ayo.. tinggal bentar lagi”.. muka gw mulai masem,”Aan…..masih jauh ya?? Huaaaaaa…..” teriak2 gw, mule frustasi, pengen nangis tapi gak bisa nangis. “udah yuk, duduk dulu… atur nafas dulu…boleh minum tapi cuman setegak ya..” gw ngikut aja omongan Aan. gw masih sesenggukan.” Ayo tut.. lo harus semangat.lo pasti bisa koq, tinggal dikit lagi.” Kata Aan nyemangatin gw. “iya ah.. gw harus semangat yach.. ok, tinggal dikit lagi koq. Halaaah, paling tinggal 500 meter lagi.” Kata gw ngebecandain diri sendiri sambil meringis. Aan cuman senyum doank,” Ayo Tut.. loe bisa, gw doain deh, kalo loe sampe Puncak, loe turun bakal ketemu ama jodoh lo..” mata gw membelak. “ha?apa? sungguh??” tanyaku. “iya, gw doain deh loe turun lo bakal segera ketemu jodoh lo.” Gw tersenyum girang kayak anak kecil yang dijanjiin bakal dibeli permen kalo mau bobok siang. “sungguh ya? Awas kalo kalo gw turun gw kagak ketemu jodoh gw..gw getok lo ”kataku malah mengancam.”yah, kan gw bilang ketemu jodoh loe, cepet gak nya ya relative..”kata Aan nyengir. Tapi omongan Aan entah kenapa bikin gw jadi semangat banget. Haha, bener2 mental anak kecil banget gw. Gw inget2 doa loe men. Kata orang kalo lagi diGunung harus banyak doa yang baik2 kan, gw Aaamiin deh doa loe. ^^. Gw berdiri dan lanjut melangkah lagi, teriakin bang Cempe,” Bang Cempeee….. ayyooo Semangatttt…” kata gw teriak teriak.
Matahari udah mulai menampakkan wujudnya. Rasa frustasi gw udah jauh berkurang, tapi rasa pengen berhenti tetep aja gak hilang. Sempet dalam hati gw bilang,”pokoknya kalo udah sunrise, gw berhenti aja deh.. gak papa sampe puncak.” Tapi Aan sialan masiiiih aja nyeret gw. Yap, gw bilang nyeret gw, karena dia yang terus maksa gw buat summit. Baik sih tujuannya, dan gw beruntung beruntung banget karena ada orang yang mau ‘nyeret’ gw sampe puncak. “Semangat! Semangat!” dalam hati gw terus nyemangatin diri gw sendiri, nyebut2 nama Tuhan, bikin banyak janji2 kalo sampe Puncak (gw Janji bakal jauh lebih Baik dari Sekarang). Dan Alhamdulillah, setelah almost 5 jam jalan kaki….

Gw Sampe Di Puncak Dewi Anjani Rinjani…..!!!! 3726 mdpl, di atas puncak tertinggi ke tiga di Indonesia….
.


bayangan piramid. by bang gondrong
 

Alhamdulilah banget, banget, banget…. Pengen nangis rasanya. Gak bisa dikatakan lah pokoknya, speechless gw waktu sampe puncak.. gw teriak, teriak, “aaarhh… gw sampe Puncak…” kawan-kawan lain yang udah dari tadi ada di atas menyambut. “wa… bu dokter, selamat ya..akhirnya sampe juga di atas..”kata Ade yg pertama kali gw liad.  gw tersenyum..”aaargh…. peluk gw donk..”kata gw yg disambut dg pelukan dari Ade, girang banget gw, gw pelukin doni, afit, bang gondrong, bang ipank dan semuanya yg ada di sono. Gila, gila, gila. Gw gak nyangka bakal segila ini.

“waa… Kalian Semua Gila!!!” kataku yang langsung dikomen ama porter yg ternyata dari tadi memperhatiin diriku, “ Kalo gak Gila gak Mungkin Sampe Puncak Dewi Anjani mba…” katanya. Gw tertawa.”wa… gw berarti gila donk…” gw tersenyum, dan tertawa. Senangnya Luar Biasa, sensasinya, Takterkatakan dah.. gw sempetin shalat shubuh di Puncak tertinggi ke-3 di Indonesia. Subhanallah, Subhanallah…. Allah masih sayang ama gw^^


sunrise yg berhasil diabadiin ade

Gw bersyukur banget masih dikasih kesempatan buat hidup sampe detik ini dan dikasih kesempatan untuk ngerasain moment ini… subhanallah banget laah.





left picture : up Left to right : Bion, Aan, bangIpang, bangKen, Donie, bangGepeng, Firman, Afit. down left to right : bangCempe, Diah, gw, Ade, bangGondrong
dan gw beruntung bisa kenal ketigabelas orang yang ada dalam tim gw. Jelas tanpa mereka, gw gak mungkin bisa sampe sejauh ini.

“Tanpa Kalian, Puncak Dewi Anjani mungkin hanya Angan-angan” 
–dee, 7 april 2013-






Tidak ada komentar: