Kamis, 25 April 2013

Catatan Perjalanan Rinjani (3) : Met The Strangers


Catatan Perjalanan Rinjani : Meet with The Strangers

“….lebih seru gini, naek sama orang2 yang gak dikenal, tapi pas ketemu kayak udah kenal lama…” Ade, 4 april2013

Pukul 18.00 wita at rumah Rendi, udah ready untuk dijemput oleh seorang kawan (ralat, Stranger). Namanya Husnan (sopo iki, aku ra kenal. - Seorang guide, asli sasak Lombok timur yang akan nemenin kami semua naik rinjani- ). Dari 1 hari sebelumnya udah sepakat untuk dijemput guidenya dari Lombok timur, yang kemudian baru jemput kawan2 yang lain di Pelabuhan Lembar (biar satu jalan gak bolak balik katanya). Aku si ok ok aja, tapi temenku malah yang khawatir. Kata rendi,”ini Lombok Tut, bukan Jawa. Kalo di jawa Kamu bisa aja pergi ampe malem banget, tapi kalo di sini, di atas jam 8 malam harus udah di rumah, bahaya di luar sana, masih banyak kriminalitas. Apa lagi kamu pergi sama sapa tuh?gak kenal pula..” akunya cuman meringis, ya elah, qt mah maen keyakinan aja, insyaallah gak papa koq. Kataku,”tenang Ren, ntar ku kasih nomor telepon orang yang jemput aku, pluz nomor plat mobilnya deh..”. kataku sambil tersenyum, sambil kawatir sendiri,”adooo, entar klo gw diculik gimana dunk??atuttt” haha…
dan lepas itu, kami berdua menunggu jemputan bang Husnan di depan Kos2an rendi yang katanya udah sampe Mataram tapi masih muter2 nyari lokasi kami berada. Sambil masih sms2an sama bang Husnan ngasih tau posisi, kusms si rendi nomor hp husnan, biar bisa dihubungi.” Ni nomornya husnan rend, 081xxxxx, plat mobil menyusul ya…” send… kukirim sms… tiba2 ada balasan sms,”maaf, maksudnya apa ya??” doenkkk, q salah kirim, aturan mo kukirim ke rendi, malah dikirim ketempet bang husnan?? Adooo, malu abiz laah. Tapi syukur bang husnan nya ngerti.. dan akhirnya, pukul 19.10, saia dijemput.
Pukul 21.00 aku, bang Husnan, dan sopir pickup tiba di Pelabuhan Lembar, ternyata bener kata Rendi, di Lombok, jam 8 malem aja udah sepiiiii banget, jalanan gelap, belum ada penerangan yang cukup. Tak menunggu lama, 11 kawan turun dari kapal, 11 orang lelaki yang kesan pertamanya,”damn, koq mukanya pada serem2 gini si kaya preman?? Bawa tas gunungnya segede2 gaban pula… wa, anak gunung semua nech…” aku tersenyum pada salah seorang yg sedikit kukenal mukannya,Aan coordinator trip, Bion yg jadi cp nya waktu gw mo daftar, dan berkenalan dengan semua orang yang ada. Gw gak langsung inget semuanya, cuman beberapa yg gw inget, bang Cempe, yang waktu pertama kali kenalan,”bang cempe ya??” bang cempe tersenyum”jangan panggil cempe donk.. lanang..” ooh. Oh, krn gw taunya cempe sih di forum. Yg gw inget juga, bang Gepeng, karena kesan pertamanya lucu, giginya ompong, ketawanya renyah banget, dan die juga yang ngenalin bang SUkron sebagai,”Gondrong… atau panggil saja Rani….” Gw ketawa, bang gondrong cuman tersenyum sipu. bang gondrong mukanya aja yg serem, tapi suara manis kayak cewek ^<, selebihnya, gw gak hapal namanya
Dari pelabuhan lembar, kami bertigabelas melaju menuju BIL dengan sebelumnya mampir ke alfamart untuk beli logistik selama mendaki. Dari sini gw lebih kenal satu persatu personel. Sambil nunggu bang cempe,aan, bion belanja, kami berempatbelas duduk bercakap kenal. Donie yg pertama gw hapal, gara2 nawarin coklat cha-cha ke semua orang, abiz itu nanyanya kayak orang lagi ngeinterogasi, pertanyaan diberondooong terus ^^”. Abiz itu yg gw inget Ade,cuman inget wajah tapi gak tau namanya (bahkan namanya aja gw baru tau abiz sampe pos2 sembalun), waktu gw nanya,”lo ikutan trip ini sama sapa?lo kenal bion or salah satu panitia?” jawab ade “ gw sih sendiri aja, lebih seru gini naek sama orang2 yang gak dikenal, tapi pas ketemu kayak udah kenal lama…”, abiz tu die masuk ke alfamart beli bolpen ama note, waktu gw nanya buat apa,” buat nulis catatan perjalanan… gw suka nulis” oooh, gw manggut2 sedikit agak bertanya, emang sempet nulis, dan ternyata bener, diakhir cerita, gak banyak tuh yg die tulis,xixi, lucu tapi. Yang aneh adalah Afit (namanya juga gw gak tau, bahkan sampe plawangan gw salah manggil hafidz tapi H nya diilangi), Afit yang di akhir cerita punya tittle,”Bos Kudus” karena emg diawal dateng bawa sebox rokok, dan kerjaan dia  yg masukin rokok2 ke Indonesia (orang bea cukai mamen), yang lucu dari die adalah keluar2 dari alfamart bawa Buku Gambar ama spidol. ??. gw agak bertanya2, gw pikir dia emg suka gambar gitu, kalo ade nulis perjalanan, afit mungkin melukiskan perjalanan. Dalam otak gw udah terbayang Rinjani dalam sebuah lukisan. Tapi ternyata imaginasi gw salah besar, ternyata tu buku gambar mo buat ditulis nama orang di atas puncak rinjani (oooo….). kata afit,”buat nglukis entar…” kata afit. Gw yg bukan anak gunung amaze aja,”ih.. sungguh…? Wa, gambar lo keren ya..?” si afit cuman ketawa renyah dg suara beratnya,”haha.. kagak… entar buat nulis nama cewek, gw tulis namanya satu2, gw twitpict truz gw mensyenin satu2..” gw cuman pokerface,” -_-“ “ bapak playboy. Tapi itupun diakhir cerita yang ditulis dipuncak cuman, “No Name, Puncak Rinjani 3726mdpl 7april2013 “ ya… no name.tapi bagus juga ide si bapak ini, daripada coret2 batu yg ada di gunung to (susah pula). Lebih aneh lagi waktu bagian ini. Donie,” eh… beli pembalut donk…” kata si Donie tiba2 teringat perlengkapan yg perlu dibawa ngomong sama panitia. Mata gw menyipit? Pembalut? For what? Loe pada lagi mens? “who.. iya tuh, beli pembalut”kata seorang yg laen. Mata gw menyipit. “pembalut yang apa?” Tanya bang cempe yg belanja. “tuh, sama bu dokter aja, yang lebih tau…” kata seorang lagi. Sejak pade tau kalo gw ngamen di klinik dan berprofesi sbg dokter, semua orang manggil gw bu dokter (adooh, males banget bawa2 profesi). Mata gw menyipit lagi, bingung dan bertanya Tanya.”emang buat apaan sih??”..udahh, ntar tau sendiri.. biasa buk, cowok2 di sini kan biasa dateng bulan.” Kata seorang sambil becanda. Ih, sungguh deh. Gw ngikut bang cempe sama aan bt beli pembalut.”emg mo cari yg kayak mana si?” Tanya gw sama aan. “yang gak terlalu tebel lah..” kata gw,”pantiliner?” “bukan, jangan pantiliner,yg lumayan agak tebel, halus,tapi juga gak terlalu tebel.” Gw bingung karena gw bener2 gak ngerti buat apa.”yang mo dicari apanya?yg nyerep aer banyak? Yang pake sayap apa enggak. Kalo pake sayap bisa buat terbang juga” Tanya gw menebak2 sambil becanda karena gw beneran gak ngerti. Gw kasih tau aja pembalut satu persatu antara charm yg lumayan tebel, murah, tapi gak nyerep aer banyak, kotex yg mahal tapi nyerep aer banyak, laurier yg tengah2,ada yg agak tebel ada yang agak tipis, kasih pilihan yang bersayap dan tak bersayap, yang panjangnya regular ato 28, ato bahkan 35 cm, dan akhirnya dipilih yang tengah2,”Laurier Daily gak pake sayap”. Waktu gw nanya lagi,”emang buat apaan sih??” anak2 malah njawab ngasal. Pada suka ya ngisengin orang yg gak ngerti apa2. “buat bantalan buk dokter…”kata seorang akhirnya setengah menjelaskan.”entar liat aja waktu kita make” gw manggut-manggut.  
Urusan belanja kelar, kami sempatkan foto bareng untuk pertama kalinya (gw nyari2, ni yg punya foto sapa ya??), Nice. Baru kenal, tapi udah seru aja, gw gak berhenti2 ketawa denger becandaannya abang2, bang gepeng,bang Ken, bang Ipang, ulah bang Gondrong, ato laennya. Kocak semuanya…
pickup yg jadi pilihan transportasi. hadoo, malang nian nasib kawan ni

Lepas dari pelabuhan lembar, kami melanjutkan perjalanan menuju BIL - LobarBandara Internasional Lombok Praya, , menjemput seorang kawan lagi, Diah namanya dan langsung melaju menuju basecamp di Selong Lombok Timur untuk beristirahat sejenak.

menyempatkan foto2 di depan BIL sambil nunggu pesawat diah. Pesawat diah tiba pukul 23.00, sedangkan kami sudah stay dari jam 22.30, nyempetin ngisi perut dengan ngrasain masakan seorang nenek yang buka lapak di depan BIL, enak bok masakannya, nasi bungkus yang isinya ayam bumbu pluz tumis buncis, enak pun murah (5000 rupiah) tapi uasiiin puol (si nenek pengen nikah lagi kali ya liat brondong2 ganteng ini^^). Must to try ni, sambil makan, sambil ngobrol sambil belajar bahasa Lombok, well meski banyak yang roaming2 lantaran si nenek gak bisa bahasa Indonesia, dan  cuman mengandalkan translate an dari anak perempuannya, tapi seru! Kataku,”Papuk, masakan papuk Maik!” (bahasa Lombok dari,Nenek, masakan nenek enak)

  basecamp at selong, lombok timur. kala semua tengah terlelap

 
perjalanan berikutnya kami lewati dengan banyak diam. gw dipickup depan ama diah, sedangkan sisanya bersumpelan dibelakang bersama carrier2 kesayangan. aissh, masuk angin semua lah tu kawan2... tapi seru kali ya ngerasaain sensasinya angin malam. gw dari depan gak terlalu sering denger suara mereka, mungkin udah pada capek, tidor. gw mulai ngobrol2 ama diah, biasa, obrolan perkenalan, selalu diawali dg identitas nama, aasal,kuliah/kerja, angkatan berapa, dan beberapa basa basi standar. ternyata diah ni anak gunung juga, anak mapala book. doh, berarti yg bener2 newbie gw doank. seru aja denger ceritanya dan denger usahanya bener2 nyuri waktu buat nyempetin naek ke Rinjani. ini nih yang namanya Niat, direlain beli tiket pesawat jakart-lombok mahal2 bahkan harganya jauh2 berlipet dibanding biaya trip tetep aja dilakoni. Niat banget. di akhir cerita gw berasa kami tu kaya sodara kembar beda bapak beda ibu satu pembantu. gimana kagak, kita kenal satu sama lain kagak, tapi barang almost banyak yg sama, carrier sama2 pink, jaket sama2 pink, SB merk and tipenya sama, dan bahkan sendal gunungnya mereknya sama, modelnya sama keluaran outdoor terbaru cuman beda warna (alhamdulillah ada beda nha). dan kebetulannya kenapa namanya diah juga??itu kan nama panggilan gw dirumah. hedeh, kebetulan yg aneh.
tengah malam kami tiba di basecamp di Selong dan satu persatu semua terlelap. gw tidur duluan, ngSave energi bt besok, meski cuman di lantai beralasnya flysheet pny bion gw usahain tidur (damn,sakit semua badan gw, maklum baru pertama tapi selanjutnya biasa aja sih^^).itupun gw jauh lebih beruntung ketimbang bion ama afit yg tidur di teras luar tanpa alas apapun (hah, salah sendiri si gak mo tidur di dalem
Trip’s Time and Distance :
Mataram kota – Pelabuhan Lembar (gerung, Lombok Tengah): 24 km, 30-1 jam
Pelabuhan Lembar – BIL (Bandara Internasional Lombok, Praya Lombok Barat) : 41 km, 47 menit
BIL- Selong, Lombok Timur :  57 km, 1 jam

Tidak ada komentar: