Rabu, 24 April 2013

His name is Mr Lexy


His Name is Mr Lexy

Yang namanya hidup pasti ada saja masalah, tapi ketika ada masalah,ya udah jalanin aja, abiz itu biarkan berlalu. Dan yang lalu biarlah berlalu, ngapain dipikirin, malah jadi beban..”mr.Lexy, 22 April 2013
gw kenal ketika gw lagi perjalanan dari bogor ke jakarta. pukul 12.00 siang kala itu saat bis agra mas siap melaju menuju jakarta menunggu penumpang benar-benar penuh. gw mungkin jadi penumpang yang terakhir naek hingga akhirnya bis melaju keluar dari terminal baranangsiang. semua tempat penuh hanya tersisa dua tiga bangku yang ada, dan gw memilih untuk duduk di bagian tengah sebelah kiri, sebelahnya sudah duduk seorang bapak paruh baya yang tengah asik membaca koran yang ada di tangannya. diperhatikkannya gw saat gw rempong sendiri dg carier dan tas yang ada di tangan gw. gw tersenyum yang dibalas oleh senyuman olehnya. gw bernafas panjang, serasa lega udah bisa duduk setelah rempongan dikit kanan kiri. melihat gw udah lumayan pewe dengan posisi, si bapak mulai bertanya,"mo kemana dek?' kata si bapak basa basi.
gw tersenyum"mo ke jakarta pak.." (ya iyalah, bis jurusan bogor-jakarta)."bapak sendiri?" tanyaku balik, masih basa-basi,"ke tanjung priuk.." katanya... ooo.."asli bogor?" tanya si bapak. nah ini yang jadi panjang ceritanya,kalo gw bilang bukan asli bogor, ntar ditanya, ngapain ke bogor, bawa tas carrier segede gaban, ke jakart mo kemana, asli mana, masih kuliah ato dah kerja, blablablabla. dan ternyata benar,semua pertanyaan itu diajukan padaku. agak waspada awalnya, soalnya mukanya agak serem, nha lho, bahaya kan kalo gw diculik gitu (atuuut). dan setelah basa-basi identitas satu sama lain, gw mulai bisa melepaskan sedikit kewaspadaan...dan obrolan pun mengalir begitu saja.beliau seorang berusia 65tahunan (kalo gak salah inget ya) asli manado dan sudah puluhan tahun tinggal di jakarta, punya sebuah bengkel kecil katanya (what? bengkel? bengkel kapal di tanjung priuk namanya bengkel kecil pak?? kalo cuman punya bengkel kenapa itu bawa duit merah segepok di kantongan gak pake dompet sama sekali??). dan sekarang lagi jalan jalan aja ketemu kawan di bogor. biasanya ke bogor bawa mobil, tapi pengen sesekali ngrasain rasanya naek biss (ooo.. keluar dari zona nyaman). obrolan mengalir panjang. sesekali diperhatikannya jalanan yang ada di luar (kami melewati tol jogorawi) dan dikeluarkannya kamera pocket dari sakunya. Difotonya beberapa jalanan yang kami lewatin, kalo diperhatikan yang beliau foto sering kali hanyalah lahan kosong lahan kosong. Gw coba mengkonfirmasi apa yang jadi kepenasaran gw.” Lagi mo nyari tanah ya pak??” si bapak tersenyum, jawabnya menggantung. Kemudian saya alihkan pertanyaan tentang keluarganya.” Keluarga saya di manado, anak-anak saya sudah menikah semua, ada yang di Jakarta, ada yang di Surabaya, dan ada yang di manado.cucu saya 4.” Kata beliau.oooo, ‘ldr’an sama keluarga.” Tapi saya sering pulang ke manado koq. Saya juga sering jalan-jalan, sama kayak adek. Saya baru mo bangun rumah di Tegal, dekat pemandian air hangat” keluarkannya kamera pocket dari sakunya lagi, ditunjukkannya foto rumah yang sedang dalam proses pembangunan. Bukan rumah itu, tapi macam cottage sederhana.” Sesekali lah main ke tempat saya..” tawar beliau. “hehe.. iya pak..” pikiran gw menggantung. Beliau kemudian melanjutkan ceritanya kalo anak2 nya udah sukses,udah nikah semua, udah jadi orang semua.”yang penting tanggung jawab orang tua tu menyekolahkan anak setinggi yang dia bisa. Puji tuhan saya bisa menyekolahkan anak-anak saya semua jadi Sarjana, saya didik jadi anak2 baik, dan sekarang udah bisa mandiri semua” kata beliau. Gw manggut manggut. Orang tua yang bertanggung jawab banget. “waa.. enak dunk pak, sekarang tinggal menikmati yang ada, maen maen sama cucu, jalan-jalan”kataku asal.beliau tersenyum”saya masih kerja lho, ya mengawasi kerjaan di bengkel. Kalo gak ada kerjaan malah gak enak, sesekali jalan-jalan buat penyegaran. Saya suka ketemu orang, bisa cerita banyak. Hidup gak perlu dibikin beban, dibikin santai saja..” kata beliau. Kemudian beliau lanjut bercerita,” saya tu udah ketemu banyak orang. Yang namanya hidup pasti ada saja masalah, tapi ketika ada masalah,ya udah jalanin aja, abiz itu biarkan berlalu. Dan yang lalu biarlah berlalu, ngapain dipikirin, malah jadi beban..” kata beliau tiba2 memberi banyak nasehat padaku. Q tersenyum manggut-manggut, “ hidup tu harus kerja keras, tapi juga jangan dibikin terlalu keras. Dijalanin saja. Kayak adek ini, kalo mo jalan-jalan ya jalan jalan aja..”lanjut beliau. “adek namanya siapa?” Tanya beliau. Yahh, udah lama baru nanya nama.”saya tutut pak.. bapak?” “pak Lexy..” jawab beliau singkat, kemudian beliau lanjut bercerita. Gw masih terus menyimak. Berusaha mengingat ingat semua pesan pesannya. Obrolan beralih ke pembicaraan yang lain. Waktu beliau Tanya lepas ini mo kerja dimana, gw bilang aja pengen kerja di Indonesia timur, bisa papua, bisa pula Sulawesi, masih belum tentu juga.”wa..bagus itu.. biar berkembang… kehidupan di sana baik koq, aman” Kemudian Beliau banyak menceritakan keadaan di Manado. “di Manado tu Toleransi Kehidupan beragamanya sangat baik. Semuanya saling menjaga satu sama lain. setiap ada hari besar, yang tidak merayakan akan menjaga keamanan bagi yang sedang beribadah dan merayakan hari besarnya. Belum pernah ke manado kan? Cobalah sekali maen ke Manado. Pantainya bagus. Bisa buat snorkeling juga.” Tawar beliau. Gw cuman tersenyum mengangguk.” Ni kamu simpan nomor saya,kalo adek ke Manado, telepon saya saja, nanti biar saya anter jalan-jalan, atau entar biar orang saya yang jemput adek..” gw meringis, agak serem juga, tapi ya gw ngerti niat baik beliau. Gw simpen nomor telepon beliau, dan gw kasih nomor gw. Gak kerasa bis udah mo memasuki daerah Jakarta utara, gw udah siap-siap mo turun.” Sukses ya buat tutut.. jangan lupa telepon bapak kalo maen ke Manado..” gw berdiri, menjabat tangan bapak kuat2. “amiin, bapak juga, sehat-sehat terus..^^” si bapak tersenyum. Kami masih sempat ngobrol sebentar hingga akhirnya gw turun di depan Honda sebelah ITC. Pertemuan yang menyenangkan. Bahkan perjalanan Bogor-Jakarta jadi terasa sangat singkat.
Story of 22 April 2013
gw sempet minta foto bareng sama pak lexy. gw bilang,"saya suka nulis cerita perjalanan saya pak. saya tulis cerita tentang bapak di blog saya ya." beliau tersenyum kemudian mengangguk

Tidak ada komentar: